Pengertian Lempar cakram

- 10.36

Pengertian Lempar cakram

 
Pengertian Lempar cakram – Lempar cakram merupakan/ Lempar cakram yakni/ Lempar cakram adalah/ yng dimaksud Lempar cakram/ arti Lempar cakram/ definisi Lempar cakram. Lempar cakram yaitu
Lempar cakram (discus throw) merupakan satu dari sekian banyaknya bagian dari cabang atletik nomor lempar. Lempar cakram bertujuan melemparkan benda berbentuk bulat pipih (cakram) sejauh-jauhnya mempergunakan teknik yng benar. Beberapa peraturan dalam lempar cakram merupakan menjdai berikut.
1. Lempar cakram Perlu dimulai yang dengannya sikap berdiri seimbang yang dengannya lingkaran lempar tanpa menginjak garis lingkaran. Pelempar tak boleh meninggalkan lingkaran lempar sebelum juri mengatakan sah posisi berdirinya melalui setengah lingkaran bagian dalam. Pelempar boleh menyentuh dinding bagian dalam dari blok batas lemparan namun tak boleh menyentuh bagian atasnya.
2. Lemparan akan diukur yang dengannya lemparan yng ditarik dari bekas jatuhnya cakram yng terdekat ke tepi dalam blok. Bila peserta lebih dari delapan orang, peserta akan diberi hak melempar sebanyk tiga kali, lantas akan ditentukan delapan pelempar paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti babak selanjutnya (final). Bila peserta lomba delapan orang ataupun tidak lebih, peluang pelempar sebanyk enam kali langsung final.
3. Lingkaran lempar yang telah di sebutkan terbuat dari besi, baja, ataupun bahan lain yng sesuai. Bagian atasnya dipasang rata yang dengannya tanah di luarnya. Bagian dalam Perlu datar lebih rendah 14 mm hingga 26 mm dari sisi atas tepi lingkaran.
4. Ukuran garis tengah sebelah dalam lingkaran lempar merupakan 2,5 m, tebal besi lingkaran lempar 6 mm serta Perlu dicat putih. Garis putih selebar 5 cm Perlu ditarik dari bagian atas lingkaran besi sepanjang 75 cm pada kedua sisi lingkaran.
Adapun teknik dasar dalam lempar cakaram merupakan menjdai berikut.
1. Teknik memegang cakram
Untuk membuat mudah dalam memegang, cakram diletakkan pada telapak tangan kiri (bagi pelempar kanan), sedangkan telapak tangan kanan diletakakan di atas tengah cakram. Keempat jari agak jarang (terbuka) menutupi pinggiran cakram (ruas jari yng yang terakhir menutupi cakram), sedangkan ibu jari bebas.
2. Teknik awalan
Agar hasil lebih baik, seorang atlet lempar cakram diharuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan gerakan awalan dalam lempar cakram yng sempurna. Gerakan awalan lemparan cakram ini di lakukan secara berputar. Terkait putaran yang telah di sebutkan terbagi menjadi 3 jenis yakni 1 ¼, 1 dan 1 ¾. Secara umum awalan yng baik akan berdampak pada hasil lemparan cakram yng pun baik.
Adapun melakukan awalan lemparan cakram yng baik merupakan menjdai berikut.
a. Buat posisi sempurna yang dengannya berdiri menyamping ke atas lemparan. Selanjutnya, buka kaki yang dengannya ukuran sma yang dengannya lebar bahu kamu. Sedikit tekuk serta buat serileks mungkin.
b. Pusatkan perhatian kamu pada persiapan awalan agar lebih baik, selanjutnya cakram yang telah di sebutkan diayunkan berkali-kali ke arah samping kanan serta belakang, lalu ke arah kiri. Gerakkan yang telah di sebutkan diulang sebanyk dua sampai-sampai tiga kali, lantas dilanjutnkan yang dengannya gerakan awalan memutar. Kesalahan yng Suka terlaksana disaat melakukan ayunan cakram merupakan tak mengayun yang dengannya cara yng benar serta baik, pegangan tidak lebih kuat, dan tak diikuti gerak lanjut.
c. Dalam tahap memutar, gerakan-gerakan di percepat serta badan bagian bawah berputar mendahului bagian atas badan. Kesalahan yng Suka terlaksana disaat melakukan fase memutar cakram merupakan tak memutar yang dengannya cara yng benar serta baik, pegangan tidak lebih kuat, dan tak diikuti gerak lanjut.
3. Teknik Melempar cakram
Dengan tanpa berhenti tidak banyak pun dari posisi siap lempar ini dilanjutkan yang dengannya gerakan melempar cakram. Cara melakukannya merupakan menjdai berikut.
a. Kaki kanan ditolakkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengangkat panggul dari rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas, selanjutnya badan yng semula condong ke belakang serta terpilin ke kanan diputar ke kiri diikuti yang dengannya gerakan panggul yng memutar ke kiri juga.
b. Berat badan dipindah dari kaki kanan ke kiri. Setelah badan menghadap lemparan penuh (siap lempar) yang dengannya waktu yng tepat cakram dilemparkan ke arah depan atas.
c. Lepaskan cakram setinggi dagu yang dengannya sudut lemparan kira-kira 90 derajat. Cakram terlepas dari pegangan yang dengannya berputar pendapat dari putaran jarum jam, putaran cakram terlaksana lantaran tekanan dari jari telunjuk. Cakram terlepas pada era cakram berada tidak banyak di muka bahu. Cakram yng terlepas sebelum melewati bahu akan menjadi lemparan yng gagal karena kecuali lemparannya tak akan jauh, pun tak masuk daerah lemparan. Sebaiknya, kalau lepasnya agak terlambat, telah hingga di muka badan; hasil lemparannya tak akan memuaskan serta akan keluar dari lemparan.
d. Lepasnya cakram di diikuti yang dengannya badan yng condong ke depan. Pandangan mengikuti jaknnya cakram.
4. Sikap akhir
Setelah cakram terlepas, kaki kanan Perlu segera dipindahkan ke muka yang dengannya tidak banyak ditekuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan agar badan yng condong ke muka tak terlanjur terdorong ke luar lingkaran. Kaki kiri dipindah ke belakang serta pandang-an mata mengikuti jatuhnya cakram. Pemindahan kaki kanan dari belakang ke muka ini lantaran di lakukan yang dengannya tolakan yng kuat serta pengerahan tenaga yng maksimal disertai yang dengannya bantuan kaki kiri pun yng menolak, terlaksana era melayang menjadikan adalah suatu lompatan. Setelah lemparan di lakukan serta dinyatakan jatuhnya cakram sah, dari sikap berdiri pelempar keluar dari lingkaran melalui belahan bagian belakang, tak yang dengannya lari ataupun melompat.
Itulah yng dimaksud lempar cakram, mudah-mudahan penjelasan yng mampu saya berikan ini mampu memberikan manfaat bagi yng membacanya.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/05/pengertian-lempar-cakram.html

Seputar Pengertian Lempar cakram

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Lempar cakram