Pengertian VSAT, Komponen VSAT dan Fungsi VSAT Secara Sederhana

- 08.05

Pengertian VSAT, Komponen VSAT dan Fungsi VSAT Secara Sederhana

 

Artikel terkait : Pengertian VSAT, Komponen VSAT dan Fungsi VSAT Secara Sederhana

Pengertian VSAT secara simpel merupakan menjdai alat penghubung dalam jaringan yng mempergunakan perantara satelit. VSAT ataupun Very Small Aparture Terminal ini secara umum memiliki bentuk piringan semisal parabola. Antena VSAT adalah sebuah stasiun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan sinyal yng datangnya dari satelit, dimana besar antena VSAT ini tidaklah terlalu besar diameternya cuma sekitar 3 meter malah tidak lebih dari 3 meter. VSAT memiliki fungsi utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengirim dan mendapatkan data menuju ke satelit yng lantas dikirimkan lagi ke titik VSAT lain-lainnya yng terdapat di bumi.
daftar harga vsat,cara kerja vsat,vsat murah,keunggulan jaringan vsat,vsat telkom,pengertian modem vsat,konfigurasi jaringan vsat,jenis jenis vsat,
baca pun : Pengertian E-Book dan Manfaatnya

Pemasangan VSAT ini sebetulnya menghadap ke sebuah satelit yng berada di orbit bumi ataupun disebut yang dengannya satelit geostasioner. Satelit ini adalah satelit yng selalu berada di tempat percis dan sejalan yang dengannya rotasi bumi. Dari pengertian VSAT ini mampu diambil kesimpulan bahwasanya VSAT adalah sebuah antena kecil yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancarkan dan mendapatkan data ke satelit yng lantas diteruskan kembali pada VSAT lain-lainnya. VSAT ini Amat membantu bagi Anda yng butuh koneksi data yang dengannya gampang dan cepat.

Komponen dalam VSAT

VSAT memiliki tiga komponen utama yng dipakai yakni ODU ataupun Outdoor Unit, IDU ataupun Indoor Unit, dan Satelit. Untuk lebih jelasnya, yang akan di sajikan kali ini kami sajikan beberapa daftar komponen yng ada dalam system jaringan VSAT: 1. ODU Unit bagian luar ataupun outdoor unit ini terdiri dari 3 bagian utama yakni antena, BUC, dan LNB. Antena yng dipakai berbentuk parabola yang dengannya ukuran 2,8 meter dan dipasang pada bagian atap ataupun dinding ataupun tanah. Sedangkan BUC ataupun Block Up Converter adalah komponen yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghantarkan sinyal ke satelit ataupun disebut pun Trasmitter ataupun Tx. Komponen ODU yng yang terakhir merupakan LNB ataupun Low Noise Block Up. Dimana fungsi dari komponen ini kebalikan dari komponen BUC yakni mendapatkan sinyal dari satelit ataupun disebut Receiver (Rx). 2. IDU Komponen IDU ataupun Indooe Unit terdiri atas 2 bagian yakni modem dan IFL. Modem berfungsi menjdai alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambungkan unit luar yang dengannya IFL yng memiliki panjang tidak lebih dari 50 meter. Sedangkan IFL ataupun Inter Facility Link adalah penghubung ODU dan IDU yng bentuknya berupa kabel yang dengannya konektor berjenis BNC. 3. Satelit Komponen yng yang terakhir dalam VSAT merupakan satelit. Satelit ini bagian yng Amat penting yng menghubungkan antara VSAT dalam jangkauan yng jauh. Selain itu, satelit yng dipakai merupakan satelit yng mengorbit pada bumi.

Kelebihan dan Kekurangan VSAT

Jika diperhatikan VSAT menjdai alat penghubung jaringan ini memanglah salah satunya alat yng canggih yang dengannya ukuran yng paling kecil menjadikan gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipasangkan. Hal ini adalah satu dari sekian banyaknya kelebihan dari penggunaan VSAT. Kelebihan lain-lainnya dari VSAT ini merupakan jangkauan yng mampu dicapai sangatlah jauh mampu mencapai dari setengah bumi. Hal ini dikarenakan adanya satelit menjdai penghubung yng selalu mengorbit sesuai yang dengannya orbit rotasi bumi.
Namun di sayangkan, VSAT rentan pada molekul air ataupun cuaca menjadikan tak mampu berfungsi maksimal andai cuaca sedang tidak baik. Selain itu, pemasangan antenanya pun butuh tempat yng cukup tidak sedikit. Kelebihan, kekurangan, dan pengertian VSAT ini akan Amat membantu dalam hal pengenalan mode jaringan.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/05/pengertian-vsat-komponen-vsat-dan.html

Seputar Pengertian VSAT, Komponen VSAT dan Fungsi VSAT Secara Sederhana

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian VSAT, Komponen VSAT dan Fungsi VSAT Secara Sederhana