8 Tips Menulis Konten Blog yang Baik untuk Pemula

- 15.35

8 Tips Menulis Konten Blog yang Baik untuk Pemula

 
Saat ini, blog menjadi satu dari sekian banyaknya media belajar serta rujukan dalam mencari berita melalui internet. Kita tak mampu menafikan kontribusi para blogger dalam penyebarluasan berita serta ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Di samping itu, kita pun butuh untuk berperan menjadi bagian dari seorang blogger yang aktif menulis konten-konten yang memberikan manfaat bagi tidak sedikit orang. Blog mampu menjadi sarana mengasah keterampilan menulis yang Amat efektif lantaran kita mampu menuliskan apa saja yang kita mau.
Namun tentu saja tak seharusnya kita menulis secara asal-asalan serta tak bermutu. Usahakan agar pembaca bisa mengambil manfaat dari goresan pena di blog kita lantaran memanglah gampang dipahami serta baik dalam penyampaiannya. Nah, yang akan di sajikan kali ini 8 hal yang butuh diperhatikan oleh para blogger pemula sebelum menulis agar konten yang diperoleh mempunyai kualitas.

1. Keep It Short And Simple
Konten Perlu gampang dibaca. Sampaikan pesan kamu yang dengannya gaya goresan pena simpel agar gampang dipahami tidak sedikit orang. Sampaikan yang dengannya terperinci apa yang ingin kamu komunikasikan yang dengannya pembaca melalui goresan pena kamu. Ingatlah bahwasanya kamu menulis di blog untuk pembaca media online, bukan buku bacaan. Komunikasikan ide serta gagasan kamu melalui paragraf-paragraf yang singkat serta tersusun yang dengannya baik. Sebagaimana pedoman online jurnalisme, “keep it short and simple”.
2. Gunakan Jenis Font Yang Sama Di Seluruh Halaman Blog Anda
Anda bisa memilih font sesuai yang kamu inginkan melalui Google font. Menggunakan beberapa jenis font serta ukuran font yang berbeda-beda akan mangganggu konsentrasi pembaca atas pesan yang kamu sampaikan. Selain itu, gunakanlah pola warna yang umum pada keseluruhan blog kamu. Anda mampu memilih flat colour untuk menciptkan tampilan blog yang dengannya material design. Gunakan huruf kapital ataupun bold andai memanglah itu dibutuhkan, mungkin untuk judul, sub judul, kata kunci, serta sebagainya.
3. Tepat Sasaran
Tujuan utama dari sebuah blog merupakan memberikan pesan ataupun berita kepada pembaca. Jangan menulis konten yang terlalu berbelit-belit serta tak terperinci arah serta tujuannya. Berusahalah agar apa yang kamu tulis tak melebar serta menyimpang dari tema/topik yang telah kamu tentukan. Dalam hal ini, kamu menjdai seorang informan. Gaya penulisan semisal apa yang kamu inginkan, itu tak masalah, yang penting tepat sasaran, simpel, serta gampang dipahami.
4. Komunikatif
Libatkan pembaca yang dengannya goresan pena ataupun cerita kamu. Rangsanglah agar orang-orang berpikir ihwal apa yang kamu katakan ataupun kamu tuliskan, sebagaimana kamu berbicara yang dengannya orang lain secara langsung. Menulislah seolah-olah kamu sedang berbicara kepada seseorang.
5. Ciptakan Kebebasan Anda Sendiri
Artinya, menulislah sesuai yang dengannya passion kamu, keunikan diri kamu sendiri, apa yang paling kamu kuasai sekalian senangi. Buktikan bahwasanya kamu punya style tersendiri menjdai seorang penulis. Jika kamu cuma meniru orang lain, tentu hal itu bukanlah sesuatu yang membanggakan. Oleh karenanya, nikmatilah kebebasan yang dengannya menjadi diri sendiri yang dengannya keunikan serta ciri khas yang kita punyai. Mungkin tidak sedikit orang yang menulis tulisan atau artikel yang dengannya topik serta tema yang percis semisal blog kamu, akan tetapi kamu Perlu meraciknya menjadi sesuatu yang berbeda serta lebih menarik dari yang lain-lainnya. Hal ini akan membuat aktifitas ngeblog kamu terasa nikmat serta memuaskan.
Baca pun 9 Tips Membakar Semangat Menulis
6. Sajikan Data Dan Informasi Yang Akurat Dan Terpercaya
Jika kamu mengutip, pastikan sumbernya benar-benar valid serta terpercaya. Jangan pernah tidak ingat untuk melakukan verifikasi atas berita serta data yang hendak kita ambil agar nantinya kita tak menjadi perantara bagi penyebaran berita yang salah serta menyesatkan tidak sedikit orang. Hal ini menjdai langkah keamanan untuk kamu. Sebelum menulis tulisan atau artikel yang memanglah di dalamnya memerlukan data-data menjdai penguat argumen kamu, setidaknya lakukan penelitian serta analisis mikro terhadap data-data yang telah di sebutkan.
7. Sisipkan Gambar Yang Menarik Perhatian
Jangan tidak ingat untuk menyisipkan gambar dalam postingan kamu, minimal satu buah saja. Kehadiran gambar akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca tulisan atau artikel kamu. Gambar mampu mengatakan lebih dari apa yang dikatakan oleh kata-kata. Namun perhatikan juga penempatan gambar dalam konten kamu. Ini Amat penting lantaran adalah satu dari sekian banyaknya seni manajemen ampuh untuk menarik minat baca pengunjung blog kamu.
8. Lakukan Editing Sebelum Dipublish
Jangan tidak ingat untuk menjadi editor bagi goresan pena kamu sendiri. Sebelum kamu mempublikasikan goresan pena kamu, usahakan untuk membaca ulang goresan pena kamu beberapa kali, minimal satu kali. Posisikan diri kamu menjdai pembaca dari konten kamu sendiri, lantas amati yang dengannya seksama apakah telah menarik, komunikatif, serta tak ada kesalahan struktur maupun tata bahasanya.
Baca pun Creative Writing - Motivasi Menulis untuk Para Penulis Pemula
Dalam pendidikan, Blog mampu menjadi sarana yang baik bagi guru maupun siswa untuk mengasah serta menaikan keterampilan dalam menulis. Ahmad Mujib Rabu, 16 Maret 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/8-tips-menulis-konten-blog-yang-baik.html

Seputar 8 Tips Menulis Konten Blog yang Baik untuk Pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 8 Tips Menulis Konten Blog yang Baik untuk Pemula