Pengertian Planet Saturnus

- 10.53

Pengertian Planet Saturnus

 
Pengertian Planet Saturnus - Planet Saturnus merupakan planet dalam tata surya yng letaknya berada pada urutan ke 6 ataupun urutan sesudah planet Jupiter. Ciri dari Planet Saturnus yakni terdapat piringan cincin disekelilingnya yng membuat planet ini Amat gampang dikenali diantara planet yng lain-lainnya di system tata surya. Planet Saturnus adalah planet yng massa jenisnya paling kecil, ataupun planet yng paling lunak, hal ini dikarenakan tubuhnya sebagian besar tersususn oleh gas. Planet Saturnus memiliki ukuran 5 kali lebih besar dari pada Bumi. Ukurannya yakni berdiameter 120.000 km, membuatnya menjadi planet terbesar sesudah Jupiter. Jarak dari Matahari ke Saturnus merupakan 1.423.000.000 km. Untuk melakukan satu kali rotasi Planet Saturnus memerlukan waktu sekitar 10,7 jam, sedangkan waktu yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelilingi matahari yakni 29,5 Tahun.
Pengertian Planet Saturnus
gambar planet saturnus
Ciri serta Karakteristik Planet Saturnus
Ciri-ciri serta karakteristik yng diimiliki oleh Planet Saturnus merupakan menjdai yang akan di sajikan kali ini:
Planet Saturnus Dikelilingi Cincin Es
Planet Saturnus merupakan planet yng indah yang dengannya ribuan cincin yng mengelilingi planet yang telah di sebutkan. Meskipun Cincin Planet Saturnus tampak padat, namun sebetulnya cincin yang telah di sebutkan tersusun atas milyaran serpihan batu yng terlapisi oleh es. Serpihan paling kecil ukurannya serupa yang dengannya setitik debu, serta ukuran terbesar serpihan yang telah di sebutkan mungkin sebesar rumah. Serpihan-serpihan yang telah di sebutkan beberapa diantaranya mungkin mencapai setengah mil / 1 km. Tiap-tiap serpihan bergerak pada orbitnya masing-masing mengelilingi Planet Saturnus. Mungkin serpihan batu berlapis es yng mengorbiti Planet Saturnus dulunya merupakan sebuah bulan, mungkin pun adalah bahan-bahan yng tersisa disaat terbentuknya Planet Saturnus.
Pengertian Planet Saturnus Planet Saturnus Cincin di dalam cincin
Planet Saturnus terlihat dikelilingi beberapa cincin lebar saja akan tetapi sebetulnya ada ribuan cincin-cincin yng kecil (ringlet) serta cincin yng sempit. Cincin-cincin kecil penyusun cincin F yng sempit salng terpilin serta dijauhkan dari cincin-cincin yng lain oleh tarikan gravitasi 2 bulan "penggembala", disebut yang dengannya Pandora serta Prometheus.
Planet Saturnus Mempunyai 21 Satelit
Planet Saturnus setidaknya mempunyai 21 Satelit. Satelit yng paling besar yakni Titan. Titan adalah satu-satunya bulan yng sudah diketahui memiliki atmosfer tebal. Enceladus memiliki sisi berkawah serta satu sisi lagi yng lebih rata. Mimas memiliki kawah yng besar, kawah yang telah di sebutkan terbentuk dari tumbukan yng hampir menghancurkannya. Satelit lain-lainnya beberapa diantaranya yakni semisal 1980S26, Atlas, 1980S28, 1980S27, Janus, Euphemetheus, Tethys, Mimas co-orbital, Calypso, Telesto, Dione co-orbital, Dione, 1980S6, 1980S5, Hyperion, Rhea, Phoebe serta Lapetus.
Itulah penjelasan yng bisa kami bagikan tentan Pengertian Planet Saturnus, semoga bisa memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/12/pengertian-planet-saturnus.html

Seputar Pengertian Planet Saturnus

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Planet Saturnus