Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Islam di Indonesia

- 18.02

Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Islam di Indonesia

 
Pesantren adalah jantung system pendidikan islam di Indonesia. Dari sisi historis, lahirnya pesantren seiring yang dengannya sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak zaman pra-kemerdekaan hingga era ini. Sampai era ini, pesantrean menjadi satu dari sekian banyaknya model system pendidikan yng menjamur di masyarakat Indonesia yng majemuk, baik pesantren yng murni salaf, semi modern, hingga yng bercorak modern semisal pesantren Darussalam Gontor Ponorogo.
Pesantren adalah semisal system pendidikan agama islam yng paling berhasil di Indonesia. Kini, corak kurikulum pendidikan yng ada di pesantren yng tumbuh serta berkembang di kalangan masyarakat tidak cuma semata-mata menekankan pada pengajaran wacana agama Islam, akan tetapi pun pengetahuan umum serta keterampilan.
Pendidikan ala pesantren merupakan pendidikan yng Amat terjangkau kalangan masyarakat menengah ke bawah, kecuali pesantren yng memanglah telah mengadopsi gaya pendidikan modern yang dengannya layanan serta fasilitas yng serba tidak murah. Akan namun, hingga era ini pesantren yng tidak sedikit tumbuh serta berkembang di kalangan masyarakat pedesaan merupakan pesantren yng berbasis salaf yng mempergunakan model kurikulum yng menekankan pengajaran yang dengannya kitab-kitab klasik karya para ulama salaf.
Foto: Pondok Pesantren Manba'ul Adhim di desa Bagbogo, kecamatan Tanjunganom, kabupaten Nganjuk. Salah satu pesantren di Indonesia.
Tak diragukan lagi bahwasanya pesantren adalah model Pendidikan Islam yng Unggul, berjiwa Moderat, serta mampu menjadi ikon bagi dalam Integrasi antara Ilmu Agama, Pengetahuan umum, serta penguasaan Teknologi. Oleh lantaran itu, paradigma wacana santri yng cuma mampu ngaji serta belajar ilmu agama Perlu segera diubah. Sebab era ini, sudah begitu tidak sedikit alumni dari pesantren yng menjadi tokoh serta ilmuan yng hebat dalam segala bidang.
Ditinjau dari hubungannya yang dengannya masyarakat, pesantren adalah bentuk pendidikan yng mempunyai hubungan timbal balik Amat erat yang dengannya masyarakat. Sebab secara historis, kelahiran pesantren itu sendiri adalah sebuah upaya gotong royong dari masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjawab aneka macam kebutuhan yng berkembang di masyarakat itu sendiri. Para santri yng sudah menamatkan pendidikannya dari pesantren diharapkan mampu menjadi agen yng memberdayakan masyarakat.
Lembaga pendidikan pesantren berkontribusi Amat besar dalam memberikan layanan pendidikan agama Islam khususnya di daerah yng notabene pedesaan. Sebab lembaga pendidikan pesantren Amat gampang dijangkau oleh keluarga yng tidak lebih mampu.
Ada tidak sedikit hal yng tak akan kita dapatkan dari lembaga pendidikan umum, akan tetapi mampu kita dapatkan dari lembaga pendidikan di pesantren, lebih-lebih wacana PENDIDIKAN KARAKTER. Saya berani menegaskan bahwasanya tidak ada yng lebih efektif bagi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter selain di pesantren.
Kalau kita cuma sibuk mengkritisi serta mencari kekurangannya, tentu saja tidak ada satu pun di dunia ini yng benar-benar sempurna. Terutama pada sarana serta prasarana dan penggunaan teknologi informasinya. Kalau dibandingkan yang dengannya system pendidikan umum yng notabene warisan kolonial serta tidak sedikit mengadopsi teori-teori pendidikan dari barat, tentu saja pesantren jauh berbeda dari itu. pesantren mempunyai ciri khas tersendiri yng tak mampu disamakan ataupun dinilai lebih rendah kualitasnya dari pendidikan umum.
Telah terbukti bahwasanya pesantrean mampu membangun peradaban islam di nusantara. Melalui kajian yng intens terhadap aneka macam literatur timur tengah, pesantrean adalah jembatan yng menghubungkan produk-produk pemikiran ulama intelektual islam yang dengannya masyarakat nusantara yang dengannya media transliterasi teks arab ke dalam bahasa Melayu ataupun Jawa pegon. Ahmad Mujib Jumat, 19 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/pesantren-sebagai-sistem-pendidikan.html

Seputar Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Islam di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Islam di Indonesia