Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik

- 06.11

Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik

 
Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik
Skripsi merupakan tugas akhir bagi mahasiswa program strata satu (S1) menjdai satu dari sekian banyaknya syarat memperoleh gelar sesuai dengan bidang keilmuan yang diambil. Tentunya adalah kebahagiaan tersendiri disaat mahasiswa telah semester akhir serta memprogram skripsi, karena hal itu membuktikan bahwasanya kelulusan telah di depan mata serta gelar sarjana segera disandangnya. Namun ada pun yang masih galau lantaran mempunyai hutang mata kuliah yang tak lulus serta mau tak mau Perlu menunda kelulusannya bersama teman-teman seangkatannya.
Ada beragam persepsi yang muncul dalam benak mahasiswa disaat ia mulai memasuki masa-masa pengerjaan skripsi. Banyak mahasiswa yang terasa takut serta khawatir dengan skripsi. Ketakutan itu mampu penyebabnya yaitu oleh persepsi orang-orang perihal kesulitan dalam mengrjakan, mendapatkan dosen pembimbing yang killer, administrasi kampus yang berbelit-belit, kesulitan mencari judul, penolakan terhadap judul yang diajukan, kekhawatiran akan sulitnya mencari bahan rujukan, serta pacar yang telah ngebet pengen segera dinikahi.

Setiap mahasiswa tentu mengharapkan agar skripsinya selesai tepat waktu dengan nilai yang memuaskan. Namun faktanya, harapan itu seringkali tidak tergapai lantaran tidak sedikit halangan serta rintangan yang menghadang. Beberapa kendala yang umumnya dihadapi mahasiswa yang sudah memprogram skripsi akan tetapi tak selesai-selesai adalah menjdai berikut:
1. Manajemen waktu yang tidak baik
Waktu itu Amat bernilai. Kebiasaan tidak baik Suka menunda-nunda suatu pekerjaan akan berakibat fatal bagi pekerjaan itu. Begitu juga dengan skripsi, andai proses pengerjaannya ditunda-tunda terus, maka telah mampu dipastikan skripsinya akan molor.
2. Tidak fokus
Biasanya, mahasiswa tak fokus mengerjakan skripsi lantaran masih tidak sedikit aktifitas lain yang Perlu dikerjakan. Seperti orang-orang yang nyambi kerja sejak awal menjadi mahasiswa menjdai biaya tambahan perkuliahan ataupun mungkin telah menikah serta Perlu mencukupi kebutuhan keluarganya.
3. Stress serta putus asa
Skripsi yang terlalu Suka dicoret-coret oleh dosen pembimbing lantaran banyaknya kesalahan, baik pada kualitas isi maupun aspek penulisan, mampu menjadi faktor penyebab mahasiswa stress serta mutung bagi atau bisa juga dikatakan untuk melanjutkan skripsinya.
4. Tergoda si Pacar
Pacar mampu menjadi partner yang positif, mampu pun menjadi partner yang negatif. Apabila pacar adalah partner yang positif, ia akan berkontribusi aktif memberikan suntikan-suntikan semangat percis anda agar fokus mengerjakan skripsi agar anda mampu segera memboyongnya ke pelaminan. Jika pacar anda manja serta selalu ingin belaian dari anda, maka dia mampu menjadi penghambat anda bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera menyelesaikan skripsimu. So, pengertiannya anda salah pilih pacar sob.
Kemalasan
Faktor malas memanglah sulit diobati. Sama semisal kebiasaan kalau anda tidur pagi sesudah subuh, Amat sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan hal itu. Sudah pasti kalau anda malas, maka skripsimu tak akan selesai-selesai. Kamu Perlu berani keluar dari zona nyamanmu selama ini serta berganti menjadi mahasiswa yang penuh semangat serta mampu mengobarkan api motivasi dari dalam diri sendiri. Ingat, umur telah makin tua serta orangtua telah pengen nggendong cucu, masih pantaskah anda malas-malasan?
Nah, itulah kendala umum yang umumnya dihadapi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Apabila kendala-kendala di atas mampu diatasi, insyaallah skripsi mampu selesai tepat waktu serta target hidup selanjutnya bias segera tercapai. Bagaimana solusi menghadapi banyak sekali kendala di atas? Berikut ini Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik.
1. Pilihlah masalah yang anda kuasai serta sukai
Skripsi salah satunya karya tulis ilmiah, di mana penulisan skripsi itu Perlu didasari oleh latar belakang masalah yang menjadi alasan kenapa masalah itu butuh serta penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda telaah. Misalnya skripsi pendidikan, maka yang diteliti pun masalah-masalah dalam dunia pendidikan. Jangan terlalu menetapkan standar tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk skripsimu. Pilih saja topik yang memanglah anda benar-benar menguasainya. Alhasil, nantinya anda tak akan menemuai tidak sedikit kesulitan era mengerjakannya.
2. Strategi mencari judul skripsi
Mencari judul skripsi itu gampang-gampang susah. Banyak teman-teman saya yang Perlu bolak-balik berkali-kali mengajukan judul lantaran ditolak terus. Pasalnya judul skripsi itu menentukan isi di dalamnya, serta permasalahan yang kita telaah tak boleh percis dengan yang pernah diteliti oleh kakak kelas kita. Itulah sebabnya kita butuh mempunyai gambaran perihal judul skripsi sejak awal-awal melakoni perkuliahan.
Strategi mencari judul skripsi yang pertama merupakan search dulu di internet dengan kata kunci sesuai tema serta topik yang anda inginkan. Atau mampu pun anda ketik kata kunci semisal “kumpulan judul skripsi pendidikan” di Google andai anda mahasiswa jurusan pendidikan. Setelah ketemu, kelak anda mampu memodifikasi judul-judul itu menjadi unik.
Rajin-rajinlah juga bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkunjung ke perpustakaan serta ruang penyimpanan skripsi mahasiswa yang telah lulus. Di situ anda akan menemukan tidak sedikit inspirasi terkait judul skripsimu. Usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan judul lebih dari satu, agar nantinya kalau judul anda ditolak, anda masih punya judul cadangan yang mampu langsung anda ajukan kepada pihak kampus.
Banyak-banyaklah sharing dengan mahasiswa-mahasiswa yang telah senior terkait dengan topik judul skripsi yang anda pilih. Sedikit tidak sedikit orang-orang akan berkenan membantu serta mengarahkan anda menjadikan anda benar-benar memahami judul serta arah pemaparan skripsimu.
3. Tentukan target
Tentukan target dalam proses pengerjaan skripsimu serta berusahalah semaksimal mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai target itu. Misalnya satu bab Perlu selesai dalam waktu satu minggu, maka anda Perlu benar-benar fokus serta kerja keras bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai target itu. Tapi ya jangan kemudian menetapkan target yang tak realistis. Pastikan target yang anda tentukan sesuai dengan kapasitas kemampuan anda menjadikan dalam pencapaiannya tak ada unsur tergesa-gesa yang menghasilkan anda mengerjakan skripsi dengan asal-asalan.
4. Turuti dosen pembimbing
Dosen pembimbing menjadi satu dari sekian banyaknya faktor penting yang menentukan kualitas skripsi serta waktu yang anda butuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakannya. Dengarkan serta laksanakan segala yang disarankan oleh si dosen pembimbing. Bersabarlah atas coretan-coretan di atas kertas skripsimu walau anda telah berusaha bekerja dengan baik serta mengeluarkan uang tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk biaya ngeprint. Memang begitulah pekerjaan dosen pembimbing. Kalau anda Suka ngeyel serta membuat dia illfeel percis anda, percayalah proses pembimbingan skripsimu umumnya akan dipersulit serta anda tak akan mampu segera berbulan madu dengan anak calon mertua anda.
Itulah secuil Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik. Tenanglah, banyak sekali kesulitan yang mungkin anda alami era skripsi itu cuma sementara saja. Semua akan berlalu serta menjadi kenangan yang akan anda tertawakan di masa depan. Memang segala sesuatu ada resikonya. Dan dibutuhkan perjuangan, keuletan, dan kesabaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai maupun meraih tujuan yang menjadi impian besar dalam hidup kita. Skripsi hanyalah bagian kecil dari perjalanan yang Perlu kita lewati menjdai mahasiswa agar lulus kuliah. Di depan sana, jalan masih panjang serta berliku, di mana kita butuh lebih tidak sedikit berkorban tenaga, fikiran, serta biaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghadapinya.
Saya Suka dicurhati teman-teman yang telah lulus kuliah namun malah hidupnya lebih terombang-ambing dalam ombak ketidakjelasan, lebih-lebih masalah pekerjaan. Di satu sisi, dia ingin pekerjaan yang baik dengan gaji yang tinggi sesuai dengan gelar kesarjanaannya. Tapi di sisi lain, keinginan memanglah jarang sejalan dengan harapan. Lapangan pekerjaan makin sempit serta tingkat kompetisi makin tinggi. Akhirnya cuma mampu berusaha terus sebisa mungkin sambil memohon kepada Tuhan yang paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dirinya.
Baca pun
  • Perbedaan Jenis Kutipan Langsung serta Kutipan Tidak Langsung
  • Pendapat 'Hukum Jost' perihal Konsep Belajar Efektif
  • Budaya ala Tukang Rental di Kalangan Mahasiswa
Ahmad Mujib Jumat, 26 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/tips-sukses-mengerjakan-skripsi-selesai-tepat-waktu-hasil-baik.html

Seputar Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik