Pengertian Virus: Apa itu Virus?

- 13.58

Pengertian Virus: Apa itu Virus?

 
Pengertian Virus - Istilah Virus Suka kali dikait-kaitkan yang dengannya macam-macam penyakit yng ditimbulkan, baik itu terhadap kita-kita, hewan maupun tumbuhan. Virus merupakan istilah yng berasal dari bahasa latin yng pengertiannya racun. Pertamakalinya istilah virus ini diperkenalkan oleh Louis Pasteur. Pada peneletian Louis Pasteur memberikan bahwasanya ada sesuatu yng lebih kecil andai dibandingkan yang dengannya bakteri serta mampu menghasilkan penyakit rabies.
Pertama kali virus yng sukses diungkap yakni virus yng memicu penyakit mosaik pada tanaman tembakau. Penemu virus yang telah di sebutkan merupakan seorang ilmuwan yng berkebangsaaan Rusia (Dimitri Ivanovsky tahun 1892) serta seorang berkebangsaan Belanda (Martinus Beijerinck). Di tahun 1935 seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika yng bernama Wendell Stanley sukses mengkristalkan virus yng memicu penyakit mosaik pada tanaman tembakau. Virus yng menyerang tembakau ini selanjutnya diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV). Tembakau yng terserang virus ini akan berbintik-bintik menyerupai mosaik. Keberhasilan seorang ilmuan Stanley menjadikan pendorong perkembangan ilmu ihwal virus ataupun disebut Virologi.
Sebuah virus Suka kali dikaitkan yang dengannya sebuah racun, menjadikan tidak sedikit orang yng beranggapan kalau virus itu identik yang dengannya sesuatu yng bisa membuat rugi. Contohnya sebuah penyakit. Namun dalam kenyataannya virus tak cuma merugikan namun pun mampu menguntungkan bagi kita-kita yakni virus mampu dibuat vaksin. Pengertian Virus: Apa itu Virus?
Ciri-Ciri Virus
Pertama kali virus didapati seorang ilmuan berkebangsaan Jerman yng bernama Adolf Mayer. Virus pun disebut menjdai mikroorganisme (peralihan antara mahluk hidup yang dengannya mahluk tidak hidup). Hal yang telah di sebutkan dikarenakan virus mampu dikristalkan layaknya mahluk tidak hidup serta tak berbentuk sel akan tetapi didalamnya terkandung DNA serta RNA, dan bisa berkembang biak layaknya mahluk hidup. Ukuran virus sangatlah kecil, yakni berkisar 20 – 400 nm, lantaran Amat kecil menjadikan tak bisa dilihat melalui mata telanjang. Perkembangan virus cuma mampu hidup serta berkembang biak di dalam sel hidup. Hal ini memperlihatkan kalau virus hidup dalam sel mahluk hidup lain menjdai parasit, semisal hidup dalam tumbuhan, kita-kita, serta hewan. Virus bentuknya bermacam-macam ada yng bulat, batang, serta ada pun yng berbentuk T.
Demikian penjelasan ihwal Pengertian Virus, sekaran telah tahu kan Apa itu Virus: serta Ciri-ciri Virus?, mudah-mudahan penjelasan yang telah di sebutkan mampu memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/10/pengertian-virus-apa-itu-virus.html

Seputar Pengertian Virus: Apa itu Virus?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Virus: Apa itu Virus?