Creative Writing - Motivasi Menulis untuk Para Penulis Pemula

- 23.44

Creative Writing - Motivasi Menulis untuk Para Penulis Pemula

 
Meskipun pada judul tulisan atau artikel ini ada istilah 'Penulis Pemula", bukan berguna yng menulis tulisan atau artikel ini telah senior serta seorang penulis yng ahli. Tapi percis saja, yng menulis tulisan atau artikel ini pun masih pemula yng cuma ingin sekedar membagikan pengalaman saja. Menulis itu gampang-gampang susah. Kadang gampang, kadang pun susah. Gampang bagi orang-orang yng telah berpengalaman dalam dunia kepenulisan, di mana karya-karya orang-orang telah sukses mewarnai ke hidup-an tidak sedikit orang. Namun bagi kita yng masih pemula, menulis bukanlah hal yng gampang. Persepsi semisal itu muncul akibat dari banyaknya kendala yng ditemui disaat melakoni proses menulis. Mulai dari sulitnya menemukan ide, rasa malas, resah bagaimana Perlu mengawali, dan juga lain-lainya.
Semua itu wajar, namanya pun proses. Apapun butuh perjuangan. Dan dalam proses itulah kita berjuang melawan segala jenis godaan serta tantangan yng memperhalang kita untuk hingga pada tujuan yng hendak kita capai. Sama semisal kita, para penulis besar sekelas Andrea Hirata pun pasti pun melalui proses yng percis. Ada masa-masa sulit penuh perjuangan yng Perlu dia hadapi sebelum akhirnya dia sukses mencapai puncak sesudah masa sulit itu terlewati.
Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Bukan yang dengannya cara menghindari kesulitannya, akan tetapi mencari solusi bagaimana agar kesulitan itu terpecahkan serta kita bisa mengambil pesan yang tersirat darinya.
Saya setuju yang dengannya pendapat yng mengatakan bahwasanya menulis itu bukan lantaran bakat, akan tetapi lebih lantaran perjuangan serta latihan yng keras. Oleh lantaran itu, bagi kita-kita yng masih pemula, jangan pernah berkecil hati. Bukankah Allah membalas sesuai yang dengannya tingkat bisnis hamba-Nya?
Tidakkah kamu termotivasi oleh kisah Sun Lukang, seorang gadis Beijing yng tangannya tak berfungsi, mampu menulis hingga empat buah buku cuma yang dengannya mempergunakan kedua kakinya? Sudah sejak usia 7 tahun ia aktif menulis yang dengannya kakinya. Lukang cuma mengenyam sekolah dasar serta berhenti lantaran faktor kebugaran atau kesehatan. Namun tak segalanya berhenti di situ, Lukang lantas fokus menulis di rumah. Lukang mengatakan bahwasanya kesulitan yng ia alami tidak pernah menghentikannya untuk memberikan inspirasi para pembaca melalui tulisannya.
Ketika kita bersungguh-sungguh belajar serta berlatih menulis, maka insyaallah suatu era kita akan menjadi seorang penulis yng hebat. Belajarlah merenungkan serta mengumpulkan ide-ide untuk kamu ungkapkan ke dalam bahasa tulis. Anda Perlu tau apa yng ingin kamu sampaikan melalui goresan pena kamu.
Mulailah menulis yang dengannya cara yng simpel. Dari apa saja yng kita lihat di sekitar kita. Apa saja yng kita dengar, lihat, serta rasakan, berpotensi untuk menjadi sumber inspirasi bagi goresan pena kita. Kalau sekiranya telah ada yng mampir di otak, cepat-cepatlah untuk segera menuliskannya, jangan biarkan ide itu lari begitu saja.
Belajarlah untuk melihat sesuatu yang dengannya sungguh-sungguh serta menyeluruh. Kesungguhan kita dalam melihat akan Amat membantu pikiran serta perasaan berkonsentrasi terhadap objek yng dilihat. Tujuannya merupakan agar kita memperoleh berita yng menyeluruh perihal objek yang telah di sebutkan.
Sebelum menulis, pelajari berlebi dahulu objek yng hendak kita tulis sedalam-dalamnya. Sedalam cinta kita percis kekasih. Tujuannya agar kita benar-benar memahami apa yng kita tulis. Apa kata dunia kalau kita tak paham yang dengannya goresan pena kita sendiri.
Berdamailah yang dengannya diri sendiri. Maksudnya apa? Ketika ada orang ataupun sekelompok orang yng yang dengannya sengaja menjelek-jelekkan goresan pena kita, jangan cepat terbawa emosi serta berniat membalasnya. Sebab hal itu akan merugikan diri kamu sendiri. Semua itu hal yng biasa terlaksana, lebih-lebih dalam konteks media online semisal blog serta medsos. Selektiflah dalam merespon kritik dari orang lain, kalau kritik itu membangun, ambillah. Tapi kalau sebaliknya, ya jangan diambil, gitu aja kok repot..! Hehe
Menulis merupakan pekerjaan kreatif yng menuntut konsistensi serta ketekunan. Penulis butuh melindungi semangat serta kecintaan orang-orang untuk menulis dalam setiap keadaan. Mereka Perlu menyesuaikan diri yang dengannya suasana hati orang-orang untuk mencegah segala bentuk hambatan disaat menulis. Ada tidak sedikit hal yng bisa mencegah penulis dari kehilangan fokus pada aktifitas orang-orang.
Berikut merupakan beberapa tatacara yng mudah-mudahan bisa membantu kamu untuk tetap konsisten menulis dalam segala keadaan:
1. Alokasikan waktu secara teratur
Sangat penting untuk mengatur waktu untuk menulis. Mengatur waktu yng tetap membantu Anda untuk melatih kebiasaan menulis dalam segala situasi ataupun suasana hati. Hal ini membantu pikiran kamu untuk berkonsentrasi menulis selama waktu tertentu dalam sehari. Pastikan kamu menghindari kegiatan lain selama waktu itu, semisal bermain facebook, chatting yang dengannya sahabat, serta lain-lain. Alokasikan waktu itu cuma untuk menulis.
2. Tulis Sesuatu Yang Anda Nikmati
Hal ini bisa membantu kamu untuk menulis perihal sesuatu di mana kamu mempunyai pengetahuan yng mendalam tentangnya, ataupun kamu benar-benar menikmatinya. Pilih topik yng kamu sukai untuk kamu tulis. Hal ini bisa membantu kamu dalam melindungi cinta serta gairah untuk menulis. Ketika kamu terasa senang yang dengannya apa yng kamu tulis, maka insyaAllah kamu tak akan kehilangan fokus serta minat pada proyek menulis kamu.
3. Hindari Pemaksaan diri
Tetapkan tujuan yng ingin dicapai. Jangan terlalu tidak sedikit pekerjaan. Ketika Anda terlalu lelah, Anda akan cenderung kehilangan minat dalam pekerjaan kamu, yng lantas sulit untuk mengembalikannya. Karena itu, Amat penting untuk mengenali batas kemampuan kamu serta mengambil proyek-proyek yng sesuai.
4. Aktif Berkomunikasi yang dengannya Sesama Penulis
Berkomunikasi yang dengannya sesama penulis untuk mengetahui pengalaman serta pendapat orang-orang, serta kamu pun mampu membagikan apa saja yang dengannya orang-orang. Stay connected yang dengannya sesama penulis bisa membantu kamu dalam melindungi motivasi serta melindungi gairah kamu untuk menulis. Anda akan terasa lebih gampang untuk mengatasi rasa takut serta frustrasi yng terkadang menimpa kamu melalui diskusi yng sehat serta efektif yang dengannya penulis lain. Selain beberapa tips agar kamu mampu konsisten menulis, Ada baiknya juga kamu mengenali beberapa faktor yng mungkin memicu Anda kehilangan minat dalam menulis. Berikut merupakan beberapa alasan yng mungkin kamu alami:
Terkadang, menulis dianggap menjdai pekerjaan yng kuno serta tak berguna. Penulis Suka tak dipercaya menjdai pekerja keras lantaran pekerjaan orang-orang tak melibatkan kerja fisik. Kreativitas, ketekunan serta bisnis keras yng dibutuhkan untuk mencapai sebuah proyek penulisan Suka tak dipertimbangkan serta diapresiasi. Ini mampu menjadi alasan bagi penulis untuk kehilangan minat dalam pekerjaan orang-orang.
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”― Pramoedya Ananta Toer Ahmad Mujib Minggu, 13 Maret 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/motivasi-menulis-untuk-para-penulis-pemula.html

Seputar Creative Writing - Motivasi Menulis untuk Para Penulis Pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Creative Writing - Motivasi Menulis untuk Para Penulis Pemula