Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pengelolaan Kelas

- 17.30

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pengelolaan Kelas

 
1. Pengertian Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata, yakni pengelolaan dan kelas. Pengelolaan berasal dari kata ”kelola”, ditambah awalan “pe” dan akhiran “an”. Istilah lain dari kata pengelolaan merupakan “manajemen”. Manajemen merupakan kata yng aslinya dari bahasa Inggris, yakni “management”, yng berguna ketatalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan. Manajemen ataupun pengelolaan dalam pengertian umum pendapat dari Suharsimi Arikunto (1990;2) merupakan pengadministrasian, pengaturan ataupun penataan suatu kegiatan. Sedangkan kelas pendapat dari Oemar Hamalik (1987:311) merupakan suatu kelompok orang yng melakukan kegiatan belajar bersama, yng mendapatkan pengajaran dari guru.
Pengelolaan kelas merupakan suatu bisnis yng yang dengannya sengaja di lakukan guna mencapai tujuan pengajaran. Kesimpulan sederhananya merupakan pengelolaan kelas adalah kegiatan pengaturan kelas bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan pengajaran. Dalam konteks yng demikian itulah kiranya pengelolaan kelas penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui oleh siapapun pun yng menerjunkan dirinya ke dalam dunia pendidikan. Silahkan lihat pun Peta konsep Pengelolaan kelas.
Sedangkan pendapat dari Sudirman N, dalam (dkk. 1991; 310), pengelolaan kelas merupakan upaya mendayagunakan potensi kelas. Ditambahkan lagi oleh Hadari Nawawi (1989;115), yang dengannya mengatakan bahwasanya kegiatan manajemen ataupun pengelolaan kelas bisa diartikan menjdai kemampuan guru ataupun wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian peluang yng seluas-luasnya pada setiap personal bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yng kreatif dan terarah menjadikan waktu dan dana yng tersedia bisa dimanfaatkan secara efisien bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yng berkaitan yang dengannya kurikulum dan perkembangan murid. Pelajari pun Prinsip-prinsip dalam Pengelolaan kelas.
cara mengelola kelas agar efektif, menciptakan pembelajaran yang efektif, peran guru sebagai pengelola kelas, pentingnya pengelolaan kelas, ciri kelas yang efektif
2. Tujuan Pengelolaan Kelas
Tujuan pengelolaan kelas pada hakikatnya sudah terkandung dalam tujuan pendidikan. Secara umum pengelolaan kelas merupakan penyedian fasilitas bagi bermacam jenis kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dalam intelektual dalam kelas. Fasilitas yng demikian itu memungkinkan siwa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yng memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap dan apresiasi pada siswa. (Sudirman N, 1991, 311)
Suharsimi Arikunto (1988 : 68) berpendapat bahwasanya tujuan pengelolaan kelas merupakan agar setiap anak di kelas bisa bekerja yang dengannya tertib menjadikan tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Ketika kelas tertib, maka proses pengajaran yng di lakukan oleh guru bisa berjalan maksimal. Goalnya, tujuan pembelajaran bisa dicaai secara maksimal juga.
Terkait dari penjelasan diatas dalam hal pengelolaan kelas bisa juga ditinjau dari segi interaksi komunikatif. Artinya seorang guru dituntut mampu mengatur segala kondisi apapun yng terlaksana didalam kelas era pebelajaran berlangsung agar terciptanya komunikasi dua arah yakni antara guru yang dengannya murid, murid yang dengannya guru menjadikan proses belajar-mengajar bisa berlangsung yang dengannya baik. Hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah sekalian meringankan tugas guru ataupun wali kelas.
3. Manfaat Mempelajari Pengelolaan Kelas
Guru menjdai pengelola kelas, Perlu memahami teori-teori dan konsep-konsep ihwal pengelolaan kelas dan mampu mengaplikasikannya pada tataran praksis dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pengelolaan kelas yng baik adalah bagian dari kompetensi pedagogis seorang guru, yang dengannya ini diharapkan para guru bisa memahami banyak sekali aspek yng berhubungan yang dengannya penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas, dan mampu mengaplikasikanya dalam kegiatan pendidikan.
Secara teoritis dan praktis, manfaat menguasai yang dengannya baik konsep-konsep dalam pengelolaan kelas adalah menjdai berikut:
  1. Pemahaman guru ihwal pengertian, peran, dan tujuan pengelolaan kelas bisa dipakai mahasiswa menjdai pisau analisis dalam proses belajar mengajar di kelas. Karena bagaimanapun pun, praktek itu butuh teori, dan disaat kita menguasai teori yang dengannya matang, maka dalam tataran praktis pun kita akan lebih gampang lantaran ada teori yng menuntun langkah kita.
  2. Berbagai pendekatan dalam konsep pengelolaan kelas bisa dipilih mana yng paling tepat dan paling sesuai yang dengannya situasi-kondisi menjadikan tercipta suasana kelas yng efektif dan kondusif.
  3. Penguasaan dan pemahaman guru ihwal prinsip-prinsip pengelolaan kelas bisa dipakai menjdai pedoman dalam mengatasi banyak sekali kesulitan dan masalah yng didapati di kelas.
  4. Ilmu pengelolaan kelas bisa dipakai menjdai acuan dalam rangka memelihara dan menciptakan kondisi kelas yng kondusif dan mengembangkannya ke arah yng lebih baik dari waktu ke waktu agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara optimal.
  5. Dalam ruang lingkup pemaparan pengelolaan kelas, dipelajari masalah-masalah yng seringkali muncul dalam kelas dan cara ataupun solusi mengatasinya. Dengan demikian, disaat di lapangan ada masalah yng muncul, kita bisa mengetahui cara/solusi yng bagaimana yng paling tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya.
  6. Dalam pengelolaan kelas, kita pun belajar ihwal bentuk-bentuk penataan ruang kelas. Dengan memahaminya, kita bisa mengaplikasikan penataan ruang belajar yng mana yng paling tepat dipakai agar proses pembelajaran berjalan yang dengannya lancar dan tujuan pembelajaran bisa tercapai.
  7. Dapat menciptakan suasana ataupun kondisi kelas yng efektif dan kondusif yang dengannya bekal penguasaan konsep-konsep dan teori-teori dalam pengelolaan kelas.
Dari uraian ihwal manfaat praktis pengelolaan kelas di atas, kita bisa memberikan kesimpulan bahwasanya belajar ihwal pengelolaan kelas Amat penting dan berguna, lebih-lebih bagi guru dan para mahasiswa yng kuliah di jurusan pendidikan. Selama proses belajar mengajar, pasti akan ditemui masalah-masalah yng membuat suasana pembelajaran tak kondusif. Itulah kenapa dibutuhkan suatu konsep holistik yng bisa dijadikan rujukan dalam mengatasi munculnya masalah-masalah yang telah di sebutkan. Praktek mengajar di kelas akan lebih gampang dan sempurna bila didasari yang dengannya teori-teori yng ada dalam pengelolaan kelas. Segala sesuatu itu ada ilmunya, guru tak akan mampu menciptakan suasana pembelajaran yng efektif bila tak menguasai konsep pengelolaan kelas. Maka dari itu, mengerti dan memahami tujuan pengelolaan kelas Amat penting dan berguna bagi para praktisi pendidikan.
Daftar pustaka
Syaiful Bahri Djamarah, dkk, Strategi Belajar Mengajar I, Jakarta :Rineka Cipta, 2002 Ahmad Mujib Jumat, 28 November 2014 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2014/11/pengertian-dan-tujuan-pengelolaan-kelas.html

Seputar Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pengelolaan Kelas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pengelolaan Kelas