Pengertian Teks Eksplanasi

- 02.36

Pengertian Teks Eksplanasi

 
Pada peluang di artikel ini kami akan menguraikan perihal teks eksplanasi, yakni sebuah materi dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013. Materi teks eksplanasi ini sejauh pengamatan dari penulis pada kurikulum sebelumnya belum ada dalam buku-buku teks. Selain itu di internet, ketersediaan rujukan mengenai materi ini pun tergolong minim. Namun faktanya jumlah permintaan ataupun pencari berita perihal materi “teks eksplanasi” di mesin pencari google cukup tinggi. Maka dari itulah kami akan menguraikan secara rinci perihal Pengertian teks eksplanasi. Mungkin di antara kamu ada yng masih resah ataupun belum tahu apa yng dimaksud teks eksplanasi itu? Silahkan simak saja penjelasan selengkapnya dalam tulisan atau artikel ini.
Pengertian Teks Eksplanasi Pengertian Teks Eksplanasi
Apa itu teks eksplanasi? Kata eksplanasi secara etimologi yakni sebuah istilah yng berasal dari kata dalam bahasa inggris “explanation”. Yang pengertiannya “keterangan” ataupun “penjelasan”. Secara sederhananya eksplanasi adalah sebuah teks yng mampu diartikan menjdai teks yng isinya keterangan ataupun penjelasan mengenai suatu hal. Tetapi sudah disepakati secara spesifik kalau pengertian teks eksplanasi merupakan sebuah teks yng isinya uraian mengenai aneka macam kejadian yng ada di sekitar. Dalam teks eksplanasi kejadian yng dijelaskan yakni semisal kejadian budaya, kejadian alam, kejadian sosial serta lain-lain. Yang menjadi ciri utama sekalian fungsi teks eksplanasi yakni uraian yng diberikan bersifat memberikan keterangan ataupun penjelasan perihal sesuatu hal disertai yang dengannya fakta yng ada.
Bagian Bagian Teks Eksplanasi Sebagai fungsi pendukung yang telah di sebutkan, maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun tubuh teks eksplanasi terdiri dari bagian-bagian bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menjadi sebuah uraian keterangan ataupun penjelasan. Yang dimaksud bagian-bagian yang telah di sebutkan yakni: bagian pembuka, bagian isi, serta bagian penutup.
- Bagian pembuka teks eksplanasi mampu berisi pernyataan umum dari penulis.
- Bagian isi teks eksplanasi yakni berisi penjelasan mengenai kejadian apa yng sedang diceritakan.
- Bagian penutup teks eksplanasi yakni isinya berupa interpretasi dari apa yng sudah dijelaskan pada teks.
Sebagaimana yng telah kamu baca dalam uraian di atas, materi yng kami sampaikan dalam tulisan atau artikel ini cuma membahas perihal pengertian teks eksplanasi. Jadi hingga di sini, pengertiannya kita sudah memasuki pemaparan mengenai struktur teks eksplanasi. Namun penjelesan perihal struktur teks eksplanasi akan kami berikan dalam tulisan atau artikel selanjutnya.
Demikian penjelasan dari kami perihal Pengertian Teks Eksplanasi, mudah-mudahan apa yng kami jelaskan di atas bisa berguna.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/06/pengertian-teks-eksplanasi.html

Seputar Pengertian Teks Eksplanasi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Teks Eksplanasi