Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet

- 07.35

Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet

 
Bagi kamu yng telah lama main internet, pastinya pernah dengar kata gan ataupun agan. Pernahkah kamu menebak arti kata Agan? Tahukah kamu apa arti Agan? Bagaimana asal usulnya kok ada kosa kata baru Agan? Sekarang situs web Makna Istilah akan membahas perihal apa itu kata gan dan agan, asal usulnya, dan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk apa dan siapa.
Semuanya terlaksana begitu saja, tanpa ada yng mengkomando, melopori, mencetuskan. Seperti halnya istilah-istilah ngetren yng muncul begitu saja. Benarkah begitu?
Sebenarnya ada yng melopori. Tapi secara tak sengaja menjadi terkenal.
Pernahkah kamu bertanya dari mana istilah kepo, baper, gabut, dan sebagainya berasal? Hanya segelintir yng tahu. Semuanya mengalir tanpa disengaja.
Kata agan diresmikan kaskus
Kata 'gan' diterima secara resmi oleh Kaskus

Termasuk kata Agan. Berdasarkan tidak sedikit sumber, kata agan adalah kependekan ataupun singkatan dari kata juragan. Ya, agan itu pengertiannya juragan.

Asal Usul Kata Agan

Kata Agan ini dipopulerkan oleh seorang kaskuser. Jadi awal mula kata agan ini dari Forum Online Indonesia Terbesar, Kaskus.
Lima tahun sesudah Kaskus didirikan, tahun 2004, seorang kaskuser yang dengannya ID bernama hitlerz Suka memanggil dan menyebut kaskuser lain yang dengannya sebutan juragan. Sedangkan pada era itu orang-orang masing mempergunakan sebutan semisal bro, sist, bos, bung, dan sebagainya.
ID Kaskus hitlerz
Kaskuser ID hitlerz
Karena memanglah, di Indonesia, menyebut nama secara langsung dalam suatu komunitas online tidak lebih biasa dan agak aneh rasanya, pun mungkin tidak lebih sopan, menjadikan orang-orang secara kreatif menyapa netizen lain yang dengannya sebutan-sebutan tertentu semisal bro, sist, sob, dan sebagainya.
Pada zaman neolithikum kaskus, sekitar tahun ID hitlerz Suka beraktivitas, dia Suka posting yang dengannya menyertakan kalimat "Angkat gelas buat juragan", disertai emoticon mengangkat segelas bir.
Dari situ kata agan, juragan, dan salah satunya pun aganwati jadi terkenal dan Suka dipakai oleh kaskuser lain-lainnya, entah lantaran alasan apa.
Dari sini, akun ID hitlerz mempopulerkan kata juragan, namun belum tentu dia yng mempopulerkan kata gan, agan, ataupun aganwati.
Kendati demikian, orang-orang di kaskus percaya dan sepakat bahwasanya kaskuser ini dia yng membuat sapaan-sapaan ini menjadi terkenal, malah secara tak disangka-sangka menyebar sampai-sampai ke forum-forum lain, semisal Facebook, Blogger, hampir semuanya mempergunakan sapaan agan.

Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet
Kaskuser lain heboh di dinding profil milik agan hitlerz
Mungkin kata 'gan' memiliki kandungan keramahan dan kesopanan, menjadikan orang lebih suka memakai kata gan daripada bro ataupun bos, dan sebagainya.
Walaupun dipercaya bahwasanya asal usul kata agan, gan, dan juragan ini dari akun ID hitlerz, namun belum mampu dikonfirmasikan secara langsung pada akun ini lantaran telah jarang nongol di kaskus. Terakhir aktif pada tahun 2014. Kemungkinan si pemilik ID memakai akun lain.

Ada Yang Tidak Sependapat

Di lain sisi, ada kaskuser yng tak setuju yang dengannya pernyataan bahwasanya kata 'agan' dipelopori oleh akun ID hitlerz. Kaskuser itu bernama garuk kepala.
Dia mengaku bahwasanya kata 'agan' telah ada sebelum tahun 2004, pendapat dari pengakuan saudaranya yng aktif sejak tahun 2003.
Terlepas dari siapa yng menemukannya, setidaknya kita telah bisa mengambil kesimpulan. Kata 'agan' dan 'gan' asalnya dari kata 'juragan' yng telah ada di tahun 2003-2004.

Kata 'Gan' dan 'Agan' Zaman Sekarang

Kata 'gan' kalau zaman dahulu pengertiannya 'juragan'. Tapi saat ini kata 'gan' Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanggil ataupun menyebut orang lain di internet, semisal kata sob, bro, mas, mbak, sis, dan semacamnya.
Contoh:
  • "Gimana cara pakenya gan?"
  • "Ane pengen beli barang ente yang kemarin gan. Kirimnya kemana?"
  • "Ente keren gan. Hidup agan hitlerz."
Kata 'agan' adalah kependekan dari kata 'juragan'. Maknanya mungkin percis saja, cuma kata 'agan' lebih global, mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk merujuk pada orang di sekitarnya semisal sahabat, anggota forum, orang yng diajak bicara, dan semacamnya.
Contoh:
  • "Agan sudah berapa lama reseller produk ini?"
  • "Agan pengen tahu caranya tidak?"
  • "Agan hitlerz salah satu sesepuh di Kaskus."
Itulah asal usul kata gan dan agan. Ternyata asal usulnya menarik pun ya. Sekarang istilah ini menjadi istilah yng Amat indonesia sekali. Hanya di Indonesia ada istilah semisal ini. Kita Perlu bangga yang dengannya produk bangsa.

Source Article and Picture : http://www.maknaistilah.com/2016/07/asal-usul-kata-gan-dan-agan.html

Seputar Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet