Pengertian rantai makanan

- 17.36

Pengertian rantai makanan

 
Pengertian rantai makanan – rantai makanan merupakan/ rantai makanan yakni/ rantai makanan adalah/ yng dimaksud rantai makanan/ arti rantai makanan/ definisi rantai makanan. rantai makanan adalah
Kelangsungan hidup organisme butuh energi dari bahan organik yng dimakan. Bahan organik yng memiliki kandungan energi serta unsur-unsur kimia ditransfer dari satu organisme ke organisme lain berlangsung melalui interaksi makan serta dimakan. Proses makan serta dimakan yng diikuti perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lain dalam tingkatan tertentu disebut rantai makanan.
Tingkatan dalam rantai makanan disebut pun trofik. Peristeiwa makan serta dimakan antarorganisme dalam suatu ekosistem membentuk struktur trofik yng bertingkat-tingkat. Setiap tingkat trofik adalah kumpulan aneka macam organisme dengna sumber makanan tertentu. Tingkat trofik pertama merupakan kelompok organisme autrotof yng disebut produsen. Organisme autrotof merupakan organisme yng bisa membuat bahan organik sendiri dari bahan anorganik yang dengannya bantuan sumber energi. Bila bisa mempergunakan energi cahaya semisal cahaya matahari disebut fotoautotrof, misalnya tumbuhan hijau serta fitoplankton. Apabila mempergunakan bantuan energi dari reaksi-reaksi kimia disebut kemoautrotof, misalnya bakteri sulfur, bakteri nitrit, serta bakteri nitrat.
Tingkat konfik kedua ditempati oleh aneka macam organisme yng dtidak bisa menyusun bahan organik sendiri disebut organisme heterotrof. Organisme heterotrof ini cuma mempergunakan zat organik dari organisme lain menjadikan disebut pun konsumen. Konsumen yng memakan produsen merupakan konsumen primer ataupun konseumen tingkat I. Konsumen ini adalah organisme herbivora. Konsumen primer ini akan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya, yakni konsumen sekunder ataupun konsumen tingkat II yng sebagian besar berupa organisme karnivora. Konsumen sekunder ini akhirnya akan dimakan oleh konsumen tersier ataupun konsumen tingkat III. Beberapa ekosistem malah mempunyai tingkt trofik yng lebih tinggi lagi. Dalam suatu ekosistem tak selamanya mempunyai tingkat trofik yng percis lantaran bergantung dari keanekaragaman pada suatu tempat. Namun umumnya terdiri dari empat hingga lima tingkat trofik.
Itulah yng dimaksud rantai makanan, mudah-mudahan apa yng saya jelaskan di atas mampu menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/08/pengertian-rantai-makanan.html

Seputar Pengertian rantai makanan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian rantai makanan