Pengertian Propaganda

- 19.27

Pengertian Propaganda

 
Pengertian Propaganda – Propaganda merupakan/ Propaganda yakni/ Propaganda adalah/ yng dimaksud Propaganda/ arti Propaganda/ definisi Propaganda. Propaganda adalah
Secara umum Propaganda merupakan rangkaian pesan yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi pengaruh pendapat serta kelakuan masyarakat ataupun sekelompok orang. Propaganda tak memberikan berita secara objektif, namun memberikan berita yng diranang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi pengaruh pihak yng mendenganr ataupun melihatnya. Adapun dalam konteks hubungan internasional, propaganda dimulai menjdai bisnis sisematis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi pengaruh pikiran, emosi, serta tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum dari pihak-pihak pembuat propaganda.
Terdapat kesamaan antara propaganda yang dengannya diplomasi, yakni keduanya sama-sama bersifat verbal. Adapun perbedaan antara keduanya menjdai berikut.
1. Propaganda ditujukan kepada rakyat serta bukan pemerintahnya.
2. Propaganda di lakukan cuma demi kepentingan nasional negara pembuat propaganda serta bukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan kedua belah negara semisal dalam diplomasi. Dengan demikian dalam propaganda tak terlaksana langkah-langkah kompromi antara kepentingan negara-negara yng bersaing, lantaran tujuan propaganda benar-benar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan keuntungan negara yng melakukan propaganda yang telah di sebutkan.
Berikut ini beberapa bentuk propaganda.
1. Berdasarkan Jenisnya
Berdaarkan jenisnya, propaganda dibedakan menjadi 4 (empat) menjdai berikut.
a. Propaganda vertikal, yakni propaganda yng di lakukan melalui media massa.
b. Propaganda horizontal, yakni propaganda yng di lakukan melalui komunikasi interpersonal serta komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.
c. Propaganda integrasi, yakni propaganda yng di lakukan yang dengannya penanaman doktrin.
d. Propaganda agitasi, yakni propaganda yng bertujuan agar komunikasi bersedia membarikan pengorbanan yng besar bagi tujuan yng berlangsung serta mengorbankan jiwa orang-orang dalam bisnis mewujudkan hasrat.
2. Berdasarkan Sumbernya
Berdasarkan sumbernya, propaganda dibedakan menajdi 3 (tiga) menjdai berikut.
a. Propaganda putih, yakni propaganda yng berasal dari sumbeer yng bisa diidentifikasi secara terbuka.
b. Propaganda hitam, yakni propaganda yng berasal dari sumber yng dianggap ramah, namun sebetulnya bermusuhan.
c. Propaganda abu-abu, yakni propaganda yng berasal dari sumber yng dianggap netral, namun sebetulnya bermusuhan.
Itulah penjelasan yng bisa saya berikan, bagaimana saat ini telah tahukan apa yng dimaksud propaganda itu, mudah-mudahan penjelasan yang telah di sebutkan berguna.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-propaganda.html

Seputar Pengertian Propaganda

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Propaganda