Pengertian Zaman Praaksara dan Penjelasan Singkatnya

- 05.49

Pengertian Zaman Praaksara dan Penjelasan Singkatnya

 

Artikel terkait : Pengertian Zaman Praaksara dan Penjelasan Singkatnya

Pengertian zaman praaksara merupakan zaman disaat kita-kita purba belum mengenal goresan pena. Hal ini dikaitkan yang dengannya kata “pra” yng berguna ”belum” dan “aksara” yng berguna “tulisan”. Jadi zaman praaksara merupakan zaman yng belum mengenal goresan pena. Di zaman pra aksara ini kita-kita hidup dalam kebudayaan yng unik, yng mendasari munculnya kebudayaan-kebudayaan yng masih primitif. Pada zaman yang telah di sebutkan kita-kita masih primitif, dilihat dari benda-benda peninggalan dan aktivitas ekonominya.
pengertian zaman aksara,zaman pra aksara di indonesia,aksara wikipedia,pembagian zaman pra aksara,peninggalan zaman praaksara,perbedaan zaman aksara dan pra aksara,masa pra aksara kelas 7,
baca pun : Pengertian Qurban dan Aqiqah

Pembagian Zaman Praaksara

Pada zaman praaksara, terdapat beberapa zaman dan memiliki cirinya masing-masing. Zaman yang telah di sebutkan merupakan zaman batu dan zaman logam. Dimulai dari zaman batu berlebi dahulu. Zaman ini dinamakan zaman batu lantaran perlengkapan kita-kita praaksara pada zaman yang telah di sebutkan terbuat dari batu, misalnya saja batu-batu dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai memburu hewan di hutan. Zaman batu dibagi lagi menjadi:
1. Palaeolithikum Pada zaman ini perlengkapan yng terbuat dari batu dibuat secara kasar. Zaman palaeolithikum merupakan zaman batu tua. Masyarakatnya masih bersifat nomaden, pengertiannya belum memiliki tempat tinggal yng menetap, bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat tinggal masih berpindah-pindah sesuai yang dengannya keadaan alam, dan mengutamakan dalam pencarian makanan. Masyarakat pun masih bersifat food gathering, yakni mengumpulkan makanan dan belum mengenal memasak.
2. Mesolithikum Zaman mesolithikum disebut pun yang dengannya zaman batu tengah. Untuk perlengkapan masih mempergunakan batu, lantaran zaman ini masih tergolong pada rangkaian zaman batu. Peralatan yng dipakai oleh masyarakatnya masih menyerupai zaman palaeolithikum akan tetapi sebagian masyarakat telah mulai ada yng menetap, membuat tempat tinggal.
3. Neolithikum Zaman ini disebut zaman batu muda, lantaran adalah zaman yang terakhir dari rangkaian zaman batu. Peralatan yng dibuat di zaman neolithikum telah halus dan bentuknya lebih indah dibandingkan dua zaman sebelumnya. Masyarakatnya telah hidup menetap, mengenal bercocok tanam, dan food producing ataupun makanan dimasak berlebi dahulu sebelum dimakan.
Pengertian zaman praaksara telah, pembagian dari zaman batu telah, maka selanjutnya merupakan zaman logam. Mengapa dinamakan zaman logam Tentu saja lantaran perlengkapan yng dibuat mempergunakan yang dengannya logam, percis semisal penamaan zaman pada zaman batu. Nah, di zaman logam ini pun terbagi lagi menjadi beberapa rangkaian, diantaranya yakni ada zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Kebetulan di Indonesia tak mengenal zaman tembaga, jadi dari penemuan langsung ke zaman perunggu. Perunggu merupakan campuran dari tembaga dan timah, dan alat-alatnya semisal neraca, kapak, perhiasan, bejana dan senjata.
Kemudian yng yang terakhir merupakan zaman besi. Masyarakat melebur besi bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat menjdai perlengkapan sehari-hari. Berdasarkan penelitian yng di lakukan, didapati hal-hal terkait yang dengannya zaman pra aksara ini. Dimulai dari penemuan fosil, yakni sisa-sisa mahluk hidup yng sudah membatu lantaran proses kimiawi. Fosil mampu berbentuk fosil kita-kita, hewan, dan tumbuhan. Kemudian ada artefak, berupa peninggalan pada zaman praaksara semisal alat-alat dan hasil budaya orang-orang. Semoga pengertian zaman praaksara dan tidak banyak ulasannya bisa berguna bagi Anda.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/05/pengertian-zaman-praaksara-dan.html

Seputar Pengertian Zaman Praaksara dan Penjelasan Singkatnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Zaman Praaksara dan Penjelasan Singkatnya