Definisi Statistik

- 16.46

Definisi Statistik

 
Definisi Statistik - Statistik berasal dari kata state yng pengertiannya negara. dalam pengertian yng paling simpel statistik pengertiannya data. Dalam pengertian yng lebih luas, statistik bisa diartikan menjdai kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yng disusun dalam bentuk tabel (daftar) serta ataupun diagram yng menggambarkan (berkaitan) yang dengannya suatu masalah tertentu. biasanya suatu data diikuti ataupun dilengkapi yang dengannya keterangan-keterangan yng berkaitan yang dengannya suatu peristiwa ataupun keadaan tertentu. Kata statistik pun menyatakan ukuran ataupun karakteristik pada sampel semisal nilai rata-rata, serta koefisien korelasi. definisi lain dari statistik dalam arti sempit, statistik berguna data ringkasan berbentuk angka (kuatitatif). Statistik penduduk, misalnya data ataupun keterangan berbentuk angka ringkasan mengenai penduduk (jumlah,rata-rata umur,distribusinyampersentase yng buta huruf),statistik personalia (jumlahnya,rata-rata masa kerja,rata-rata jumlah anggota keluarga,persentase yng sarjana), serta sebagainya. statistik dalam arti luas statistik merupakan suatu ilmu yng mengkaji cara pengumpulan,pengolahan ataupun pengelompokkan,penyajian,serta analisis data dan cara pengambilan kesimpulan secara umum didasari hasil penelitian yng tak menyeluruh. Pengertian yang telah di sebutkan merujuk pada istilah statistics yng umumnya diterjemahkan yang dengannya istilah statistika.
Definisi statistik pendapat dari para ahli:
Definisi StatistikAnderson and Bancrof
Statistik merupakan ilmu serta seni pengembangan serta penerapan metode yng paling efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mungkin salah dalam kesimpulan serta estimasi bisa diperkirakan yang dengannya mempergunakan penalaran induktif didasari matematika probabilitas
UU RI No. 7 tahun 1960
Statistik merupakan keterangan berupa angka-angka yng memberikan gambaran yng wajar dari seluruh ciri-ciri kegiatan serta keadaan masyarakat Indonesia
Kamus Webster Dictionary
Dalam arti sempit:
Statistik merupakan ringkasan berbentuk angka
Dalam arti luas:
Statistik merupakan ilmu yng mengkaji cara pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisa data dan cara pengambilan kesimpulan atas hasil survei.
Sujana
Statistik merupakan pengetahuan yng berhubungan yang dengannya cara - cara pengumpulan fakta, pengolahan dan penganalisaannya, pernarikan kesimpulan dan pembuatan keputusan yng cukup beralasan didasari fakta serta penganalisaan yng di lakukan
Sudrajat
Statistik merupakan suatu ilmu pengentahuan mengenai cara serta peraturan dalam hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan kesimpulan, penuajian serta publikasi dari data-dat yng berbentuk angka.
Syamsuddin
Statistik merupakan himpunan data yng berbentuk angka, baik yng belum disusun maupun yng telah tersusun dalam daftar serta disajikan ke dalam bentuk grafik
Jenis Statistik
Berdasarkan jenisnya, statistik dibedakan menjadi dua, yakni statistik deskriptif serta statistik inferensial. Statistik deskriptif merupakan statistik yng berkenaan yang dengannya metode ataupun cara mendeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan, ataupun menguraikan data.
  1. Statistik deskriptif mengacu pada bagaimana menata ataupun mengorganisasi data, menyajikan, serta menganalisis data. Menata, menyajikan, serta menganalisis data bisa di lakukan misalnya yang dengannya menentukan nilai rata-rata hitung serta % / proposisi. Cara lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambarkan data merupakan yang dengannya membuat tabel, distribusi frekuensi, serta diagram ataupun grafik (Sugiyono, 2006).
  2. Statistik inferensial merupakan statistik yng berkenaan yang dengannya cara penarikan kesimpulan didasari data yng diperoleh dari sampel bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambarkan karakterisktik ataupun ciri dari suatu populasi. Dengan demikian dalam statistik inferensial di lakukan suatu generalisasi (perampatan ataupun memperumum) serta hal yng bersifat khusus (kecil) ke hal yng lebih luas (umum). Oleh lantaran itu, statistik inferensial disebut pun statistik induktif ataupun statistik penarikan kesimpulan. Pada statistik inferensial umumnya di lakukan pengujian hipotesis serta pendugaan mengenai karakteristik (ciri) dari suatu populasi, semisal mean serta Uji t (Sugiyono, 2006).


Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-statistik.html

Seputar Definisi Statistik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi Statistik