Manfaat Teknologi WhatsApp dalam Pendidikan

- 21.13

Manfaat Teknologi WhatsApp dalam Pendidikan

 
Siapa yng tak kenal Whatsapp? Aplikasi instan messaging yng sudah menggeser fungsi SMS ini sudah dipakai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan logo bernuansa hijau ala NU serta tampilan yng elegan nan simpel, menjadikan perangkat lunak yng satu ini menjdai perangkat lunak wajib yng terinstall di smartphone ataupun ponsel. Jika dimanfaatkan yang dengannya baik, Whatsapp adalah perangkat lunak yng mampu menjadi media edukatif yng memberikan manfaat bagi pelajar, mahasiswa, serta masyarakat luas.
Salah satu manfaat Whatsapp dalam dunia pendidikan adalah yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan fitur grup menjdai media belajar bersama serta membagikan yang dengannya komunitas. Setau saya, era ini hampir seluruh pelajar serta mahasiswa sudah membuat grup di Whatsapp yng anggotanya teman-teman satu kelas. Di dalam grup ini dia fungsi edukasi dari teknologi Whatsapp bisa dinikmati.

Di grup kelas itu, kita mampu membagikan berita, bertanya perihal tugas-tugas dari guru/dosen, berdiskusi seputar materi pelajaran/kuliah, ataupun sekedar basa-basi serta bercanda tawa yng bisa menambah keakraban antar sahabat. Ketika kita sudah menjadi anggota grup Whatsapp suatu komunitas tertentu, pesan yng kita kirimkan ke grup yang telah di sebutkan bisa dibaca oleh seluruh anggota grup, menjadikan memungkinkan siapa saja dari anggota grup bagi atau bisa juga dikatakan untuk meresponnya.
Yang Suka memunculkan masalah umumnya disaat kita dimasukkan ke grup-grup yng sebetulnya kita tak ingin menjadi anggota grup yang telah di sebutkan. Meski telah berupaya keluar beberapa kali, akan tetapi kita dimasukkan lagi oleh si admin grup yang telah di sebutkan. Bagaimana solusinya? Cara agar si admin itu tak mampu memasukkan kita kembali ke grup yang telah di sebutkan adalah yang dengannya memblokir nomor Whatsaap si admin. Jika adminnya lebih dari satu orang, blokir saja semuanya. Dengan begitu, si admin tidak akan mampu lagi memasukkan kita ke grupnya.
Dengan Whatsapp, kita tak cuma mampu mengirim pesan teks, namun pun gambar, video, musik, serta pesan bunyi. Kita mampu membagikan gambar-gambar ataupun brosur perihal info seminar, workshop, event pendidikan, serta masih tidak sedikit lagi. Semua itu adalah bentuk dari pemanfaatan teknologi Whatsapp dalam dunia pendidikan.
Selain melalui fitur grup dalam Whatsapp, kita pun mampu menyebarluaskan info-info penting dalam hitungan detik melalui fasilitas broadcast message, yakni fasilitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengirimkan pesan ke tidak sedikit orang sekalian.
Dalam hal konsumsi paket data, Whatsapp adalah perangkat lunak yng Amat irit, cocok sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk kantong pelajar serta mahasiswa. Asalkan tak dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengirim file-file video berukuran besar, konsumsi data Whatsapp bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekedar mengirim pesan instan cuma sekitar 1-2 KB.
Nah, akhirnya kita bisa memberikan kesimpulan bahwasanya penggunaan produk teknologi Amat bergantung dari usernya. Jika dipakai secara bijak, maka akan lebih tidak sedikit manfaat positifnya. Pun juga sebaliknya, andai dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk hal-hal negatif, maka suatu produk teknologi lebih tidak sedikit madharatnya. Ahmad Mujib Senin, 07 Maret 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/manfaat-whatsapp-dalam-pendidikan.html

Seputar Manfaat Teknologi WhatsApp dalam Pendidikan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Teknologi WhatsApp dalam Pendidikan