Peran Keluarga dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter

- 18.57

Peran Keluarga dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter

 
Krisis karakter yng menimpa bangsa kita telah bersifat struktural, mulai struktur yng paling kecil sampai-sampai yng paling besar. Berangkat dari situ, maka internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter Perlu di lakukan secara struktural, holistik, serta kontekstual. Dalam rangka mewujudkan upaya membangun karakter bangsa, pembangunan itu dimulai dari lingkup keluarga, sekolah, masyarakat, serta negara.
Nilai-nilai pokok pendidikan karakter Perlu diinternalisasikan ke seluruh lapisan masyarakat guna membentuk kekuatan karakter bangsa, menjadikan nantinya akan terbentuk manusia-manusia Indonesia yng berkarakter pada seluruh lapisan ke hidup-an. Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter tak Perlu di sekolah formal, akan tetapi keluarga serta negara pun mempunyai peran serta tanggung jawab dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter menjdai bagian dari pembentukan karakter bangsa. Tentang apa saja nilai-nilai pendidikan karakter mampu kamu baca di tulisan atau artikel kami berjudul Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter.

Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yng berkarakter andai ia tumbuh serta berkembang di lingkungan, lebih-lebih lingkungan keluarga yng pun berkarakter. Kondisi semisal ini Amat kondusif bagi aktualisasi fitrah anak secara maksimal. Krisis karakter yng melanda bangsa ini adalah cermin dari kegagalan serta buruknya pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga menjdai dasar dari pendidikan karakter itu sendiri.
Keluarga merupakan lingkungan pertama serta utama yng adalah tempat di mana kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya belajar wacana konsep baik-buruk, benar-salah, pantar-tidak pantas. Dari keluargalah seseorang pertama kali belajar wacana nilai-nilai pendidikan karakter.
Proses pendidikan karakter Perlu dimulai dari lingkungan keluarga agar anak menjadi pribadi yng berkarakter sejak dini. Karakter seseorang adalah cerminan dari nilai-nilai yng sudah tertanam kuat dalam dirinya.
Baca pun Belajar Pendidikan Karakter dari 'Dinding Kebaikan' di China
Pendidikan karakter yng mulai dibangun sejak dari lingkup keluarga, akan menentukan seberapa jauh tingkat kedewasaan anak, memegang teguh nilai-nilai semisal kejujuran, tanggungjawab, simpel, toleransi, dan menghargai perbedaan. Dalam keluarga juga seseorang mulai mengenal serta membangun konsep awal wacana makna keberhasilan ataupun kesuksesan dalam hidup. Singkat kata, keluarga berperan penting dalam mengkonstruksi pandang-an seseorang wacana masa depan.
Menurut Philips, keluarga hendaknya menjadi school of love ataupun tempat belajar yng penuh cinta serta beri sayang. Menurut gunadi, ada tiga peran utama yng di lakukan oleh orang tua dalam rangka mengembangkan karakter anak, yakni:
  1. Mencitpakan suasana yng Anget serta tenteram dalam keluarga. Tanpa suasana yng kondusif, maka anak akan sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar serta pertumbuhan jiwanya pun akan terhembat. Apabila dalam keluarga dipenuhi yang dengannya ketakutan serta ketegangan, keluarga tidak lebih dari wadah yng tidak baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkembangan karakter anak.
  2. Orang tua menjadikan dirinya menjdai sosok teladan bagi si anak. Anak akan lebih tidak sedikit belajar dari apa yng dia lihat. Karakter teladan dari orang tua yng secara langsung diaplikasikan dalam perbuatan sehari-hari merupakan nilai-nilai pendidikan karakter yng akan diserap oleh anak.
  3. Selain mendemonstrasikan karakter kepada anak, orang tua pun Perlu aktif mendidik anak karakter yng baik serta menanamkan disiplin diri agar nilai-nilai karakter yng ditanamkan sukses yang dengannya baik.
Dari uraian di atas, dapatlah kita ambil kesimpulan bahwasanya keluarga adalah lingkungan pertama yng menjadi dasar bagi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kepada kita-kita (anak). Penanaman karakter yng baik secara intens kepada anak melalui keluarga sedini mungkin, akan membentuk anak menjadi pribadi yng dewasa serta berkarakter mulia yng menjadi generasi harapan bangsa. Oleh lantaran itu, mari kita membudayakan pendidikan karakter dalam keluarga kita, dari saat ini!
Ahmad Mujib Minggu, 06 Maret 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/peran-keluarga-dalam-internalisasi-nilai-nilai-pendidikan-karakter.html

Seputar Peran Keluarga dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peran Keluarga dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter