Definisi Public Relations

- 06.26

Definisi Public Relations

 
Institute of Public Relations, UK
Definisi Public Relations - Public Relations merupakan upaya yng sengaja, direncanakan, serta di lakukan terus menerus bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun serta melindungi adanya saling pengertian antar organisasi yang dengannya publiknya
Denny Griswold, uitgever van Public Relations News, NY
Public Relations merupakan
  • Fungsi manajemen yng mengevaluasi perilaku publik,
  • mengidentifikasi kebijakan serta prosedur organisasi yang dengannya interes publik
  • serta melaksanakan program tindakan (komunikasi) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh pemahaman serta pengertian publik
EL Berneys, USA, 1956
PR adalah upaya yang dengannya mempergunakan berita persuasi serta penyesuaian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghidupkan dukungan publik atas suatu kegiatan, ataupun suatu karena
Mexican Statement in Public Relations Practice, Mexico City, 1978
Public Relations merupakan
  • seni serta ilmu sosial bagi atau bisa juga dikatakan untuk menganalisis keseringan,
  • memprediksikan konsekuensi-konsekuensi,
  • menasihati para pimpinan organisasi,
  • serta melaksanakan program yng direncanakan dari tindakan-tindakan yng akan melayani baik organisasi maupun interes publiknya
Definisi Public RelationsInternational Public Relations Association (IPRA)
PR (Public Relations) adalah
  • fungsi manajemen yng khas yng mendukung pembinaan serta pemeliharaan jalur bersama antara organisasi yang dengannya publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan serta kerjasama, melibatkan manajemen dalam permasalahan serta duduk perkara
  • Membantu manajemen memberikan penerangan serta tanggapan dalam hubungan yang dengannya opini publik
  • Menetapkan serta menekankan tanggung jawab manajemen dalam mengikuti serta mempergunakan serta memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak menjdai system peringatan dini dalam membantu mendahului keseringan
  • Menggunakan penelitian dan teknik komunikasi yng sehat serta etis menjdai sarana utama

Artinya?
  • Fungsi manajemen, menegaskan bahwasanya komunikasi dalam kegiatan PR Amat penting.
  • Komunikasi, dua arah dari organisasi ke publik serta sebaliknya.
  • PR berfungsi memantapkan kepemimpinan manajer serta mengefektifkan dan mengefisienkan upaya pencapaian tujuan organisasi menjadi fakta
  • Hubungan yang dengannya banyak sekali publik Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu dipelihara, menjadikan ada pengertian bersama hubungan harmonis antar organisasi serta publik
Catatan: public dalam PR
Kelompok ataupun publik yng terkait dalam pelaksanaan fungsi PR
Ada dua jenis Public :
  1. Internal PR: merupakan seluruh jajaran personel dalam organisasi : Top Manajemen hingga lapisan terbawah
  2. Eksternal PR: pribadi ataupun kelompok publik yng terkait dalam kegiatan PR
C dalam PR
  • Credibility (kredibilitas)
  • Context (konteks)
  • Content (Isi)
  • Clearify (kejelasan)
  • Continuety (kesinambungan)
  • Concistency (konsistensi)
PR, Marketing, Promosi
  • PR bukan bagian Marketing. PR memberikan layanan kepada bagian marketing, memberikan jasanya kepada organisasi
  • Promosi adalah pelayanan khusus (dg fungsi serta falsafah PR), langsung serta tak dalam membantu Marketing-nya secara preventif ataupun pun kreatif, demi kepentingan serta keuntungan seluruh pihak
Kronologi
  • Abad ke-19: PR di AS serta Eropa adalah program studi mampu berdiri diatas kaki sendiri, berdasar pada perkembangan IPTEK
  • 1865-1945: public dianggap bodoh diberi berita dididik dihargai
    1925: NY, PR menjdai Pendidikan Tinggi- resmi
  • 1928: Belanda, memasuki Pendidikan Tinggi, di fakultas, minimal menjdai mata kuliah wajib, ada kursus-kursus bermutu
  • 1945-1968 : publik mulai terbuka serta tidak sedikit mengetahui
  • 1968 : di Belanda berkembang ke arah ilmiah; NY berkebang ke arah usaha
  • 1968-1979: Public dikembangkan ke banyak sekali bidang
  • 1979-1990: profesional/Internasional memasuk globalisasi (mental serta kualitas)

1990 – saat ini:
  1. Perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang, sikap, serta pola perilaku secara nasional/internasional
  2. Membangun kerjasama secara lokal, nasional, internasional
  3. Saling belajar pada bagian IPOLEKSOSBUD sesuai kebutuhan era global/berita
Pahlawan PR
Mereka merubah PR dari sebuah KoNSEP menjadi PROFESI
Ivy Ledbetter Lee (The Father of Public Relations)
Gagasan pembaharuan Lee dikenal :Declaration of Principle, intinya: publik tak boleh dibaiakan oleh manajemen, publik tak boleh dianggap bodoh oleh pers

Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/07/definisi-public-relations.html

Seputar Definisi Public Relations

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi Public Relations