5 Faktor Penentu dalam Memlih Media Pembelajaran yang Tepat

- 23.40

5 Faktor Penentu dalam Memlih Media Pembelajaran yang Tepat

 
Secara etimologis, media berasal dari bahasa latin yang bermakna perantara. Bentuk jamak dari “Medium” yang berguna perantara ataupun pengantar sumber pesan kepada penerima pesan. Sedangkan secara terminologis media merupakan segala sesuatu yang bisa dipakai menjdai perantara penyampaian pesan (materi pelajaran) dalam rangka mencapai tujuan-tujuan pendidikan/pembelajaran. Bertolak dari definisi wacana media di atas, maka Media Pembelajaran mampu diartikan menjdai segala sesuatu yang bisa dijadikan perantara penyampaian pesan (materi) dalam kegiatan pembelajaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Setiap materi pelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Oleh lantaran itu, pemilihan medianya pun berbeda-beda. Sebab tak seluruh materi bisa efektif andaikan disampaikan yang dengannya mempergunakan satu ragam ataupun jenis media. Artinya, dalam memilih media yang paling tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk materi tertentu, ada hal-hal lain yang Perlu kita pertimbangan dalam proses pemilihannya. Lima hal yang telah di sebutkan adalah menjdai berikut:
1. Karakteristik siswa
Kita tau bahwasanya setiap anak memilik karakter yang berbeda, meski terkadang kita menjumpai anak kembar secara fisik, akan tetapi pasti ada sisi-sisi perbedaan dalam karakter orang-orang. Perbedaan karakteristik siswa dipengaruhi oleh faktor yang ada di luar dirinya serta dari dalam dirinya sendiri. Maksudnya, latar belakang keluarga, sosial, budaya, maupun ekonomi berperan dalam membentuk karakter siswa. Selain itu faktor bawaan semisal IQ serta kepribadian pun berperan di dalamnya. Inilah yang Perlu diperhatikan guru dalam memilih media pembelajaran.
2. Tujuan pembelajaran
Penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperhatikan, tujuan pembelajaran yang baik Perlu menyentuh tiga ranah sekalian, yaitu ranah afektif, kognitif, serta psikomotorik siswa. Jangan hingga tujuan pembelajaran cuma difokuskan pada pengembangan satu dari sekian banyaknya ranah saja, karena hal itu berpotensi menghasilkan peserta didik yang mengalami “split personality”. Oleh lantaran itu, pemilihan media pembelajaran Perlu sejalan yang dengannya tujuan pendidikan yang komprehensif di atas.
media-pembelajaran.jpg 3. Sifat bahan ajar
Sifat bahan ajar ini pun butuh diperhatikan. Misalnya, apakah bahan ajar itu bersifat teoritis ataupun praktis. Bahan ajar yang bersifat praktis, semisal prosedur serta langkah-langkah dalam membuat sesuatu, tentu berbeda yang dengannya bahan ajar yang menuntut penguasaan konsep-konsep
yang sifatnya tak berbentuk. Bahan ajar yang sifatnya hendak menyentuh ranah afektif siswa, tentu tak tepat andaikan mempergunakan media pembelajaran yang cenderung merangsang kognitif siswa, begitu juga sebaliknya, serta seterusnya. :D
4. Pengadaan media
Pengadaan media berkaitan yang dengannya dua hal, yakni apa saja bentuk medianya serta bagaimana merancang ataupun mendesainnya dalam sebuah system pembelajaran. Alokasi waktu serta anggaran dana Amat penting dalam rangka pengadaan media ini. Dana yang cukup serta waktu pengadaan yang
tak terburu-buru akan membuat media pembelajaran berfungsi yang dengannya maksimal.
5. Sifat pemanfaatan media
Dilihat dari sifat pemanfaatannya, ada media pembelajaran yang bersifat primer serta ada yang sekunder. Bersifat primer berguna pemanfaatan media yang telah di sebutkan memanglah sebuah keniscayaan yang andaikan diabaikan maka pembelajaran akan terhambat. Misalnya, andaikan ada dosen yang dalam
penyampaian mata kuliahnya mempergunakan PowerPoint, maka LCD serta komputer menjadi media primer yang Perlu dipakai. Sedangkan media sekunder sifatnya cuma melengkapi ataupun membantu media primer.
Itulah lima hal yang Perlu kita perhatikan dalam memilih media pembelajaran agar materi pelajaran bisa diserap oleh peserta didik secara maksimal, sampai-sampai akhirnya tujuan akhir ataupun goal dari pembelajaran bisa tercapai secara optimal. Ahmad Mujib Senin, 01 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/5-faktor-penentu-dalam-memlih-media-pembelajaran-yang-tepat.html

Seputar 5 Faktor Penentu dalam Memlih Media Pembelajaran yang Tepat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Faktor Penentu dalam Memlih Media Pembelajaran yang Tepat