Pengertian dan Manfaat Lesson Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

- 04.54

Pengertian dan Manfaat Lesson Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

 
A. Pengertian Lesson Plan
Lesson Plan ataupun yng dalam bahasa kita lazim disebut menjdai RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) merupakan perencanaan yng di lakukan seorang guru sebelum melakukan proses belajar mengajar dalam kelas. Perencanaan berasal dari kata rencana, yakni pengambilan keputusan ihwal apa yng Perlu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, proses suatu perencnaan Perlu dimulai yang dengannya penetapan tujuan yng akan dicapai melalui analisis kebutuhan dan pengambilan keputusan yng lengkap, lantas menetapkan langkah-langkah yng Perlu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan yang telah di sebutkan, maka pola pikir kita diarahkan bagaimana agar tujuan itu bisa dicapai secara efektif dan efisien.
Sedangkan Pembelajaran mampu diartikan menjdai proses kerja percis antara guru dan siswa dalam mempergunakan serta memanfaatkan segala potensi dan sumber yng ada baik yng berasal dari dalam diri siswa itu sendiri semisal minat, bakat, dan kemampuan dasar yng dimiliki termsuk gaya belajar maupun potensi yng ada di luar diri siswa semisal lingkungan, sarana, dan sumber belajar menjdai upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dari kedua makna ihwal konsep perencanaan dan konsep pembelajaran di atas, maka bisa disimpulkan bahwasanya perencanaan pembelajaran merupakan proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional ihwal sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, yaitu perubahan perilaku dan rangkaian kegiatan yng Perlu dilaksanakan menjdai upaya pencapaian tujuan yang telah di sebutkan yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yng ada.
Lesson plan ataupun RPP dibuat oleh guru menjdai pengembangan dari KI dan KD yng sudah tersusun dalam silabus secara rinci sesuai yang dengannya tema pokok yng telah ditetapkan. Lesson plan yng disusun oleh guru ini berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ataupun beberapa kali pertemuan, terganutng pada alokasi waktu yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu tema tertentu.
B. Manfaat Lesson Plan
Kenapa Perlu menyusun Lesson Plan? Ya, lantaran sebuah perencanaan adalah langkah awal yng Perlu di lakukan sebelum kita melaksanakan segala sesuatu agar tujuan yng kita harapkan bisa tercapai secara maksimal. Dengan perencanaan yng baik dan tepat, masalah-masalah yng berpotensi muncul dalam proses pelaksan pembelajaran bisa diminimalisir.
Dalam menyusun perencanaan, tentu kita akan mengambil keputusan pengganti yng paling baik agar proses pencapaian tujuan berjalan secara efektif. Dengan demikian, ada beberapa manfaat yng bisa kita petik dari penyusunan proses pembelajaran.
  1. Melalui proses perencanaan yng matang dan akurat, kita akan mampu memprediksi seberapa besar kesuksesan yng akan bisa dicapai. Sebab perencanaan disusun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan kesuksesan, yang dengannya demikian kemungkinan-kemungkinan kegagalan bisa diantisipasi oleh setiap guru menjadikan hasil nya pun akan lebih tidak jelek alias bagus dan optimal. Dengan perencanaan pebelajaran yng matang, seorang pendidika akan paham tujuan apa yng Perlu dicapai oleh siswa, dan taktik apa yng pantas di lakukan sesuai yang dengannya tujuan.
  2. Sebagai alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memcahkan masalah. Seorang perencana yng baik akan bisa memprediksi kesulitan apa yng akan dihadapi oleh siswa dalam mengkaji materi pelajaran tertentu. Dengan perencanaan yng matang, guru akan yang dengannya gampang mengantisipasi aneka macam masalah yng mungkin timbul, mengingat bahwasanya proses pembelajaran merupakan proses yng kompleks dan situasional di mana aneka macam mungkin mampu terlaksana.
  3. Untuk mempergunakan serta memanfaatkan aneka macam sumber belajar secara tepat. Dewasa ini ramai sekali sumber-sumber belajar yng memiliki kandungan aneka macam berita. Melalui perencanaan, guru bisa menentukan sumber-sumber mana saja yng dianggap tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkaji suatu bahan pelajaran tertentu. Sehingga siswa tak akan kesulitan dalam memilih dan menentukan mana sumber belajar yng cocok yang dengannya tujuan pembelajaran.
  4. Perencanaan akan bisa membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis, terarah, dan terorganisir. Dengan demikian, guru bisa mempergunakan waktu seefektif mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk kesuksesan proses pembelajaran.
Contoh format Lesson Plan ataupun rencana pelaksanaan pembelajaran mampu dilihat dalam gambar di bawah ini
Sumber gambar: wikipedia.org

Tinjauan Pustaka: Wina Sanjaya, Perencanaan dan desain system pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008) Ahmad Mujib Minggu, 30 November 2014 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2014/11/pengertian-dan-manfaat-lesson-plan.html

Seputar Pengertian dan Manfaat Lesson Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Manfaat Lesson Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)