Pengertian Zoon Politicon dari Aristoteles tentang Makhluk Sosial

- 00.37

Pengertian Zoon Politicon dari Aristoteles tentang Makhluk Sosial

 

Artikel terkait : Pengertian Zoon Politicon dari Aristoteles tentang Makhluk Sosial

Pengertian zoon politicon mungkin Anda pernah mendengar ataupun membacanya. Para siswa sekolah umumnya mengenal istilah zoon politicon dari mata pelajaran Kewarganegaraan (PPKn) yng dipelajarinya di sekolah. Istilah zoon politicon menjadi Amat ternama di seluruh dunia lantaran berkaitan yang dengannya hubungan antar kita-kita di dalam masyarakat. Pasalnya, kita-kita dalam mengarungi ke hidup-an di dunia bukan cuma menjdai mahluk individu saja, namun pun mahluk sosial.
Pengertian Zoon Politicon,zoon politicon menurut aristoteles,zoon politicon,gregariousness,pengertian bangsa,pengertian rakyat,pengertian masyarakat,pengertian negara,ubi societas ibi ius,pengertian,
Baca pun : Pengertian Zat Tunggal menjdai Bagian dari Kehidupan Manusia

Istilah zoon politicon pertama kali dikatakan oleh filsuf asal Yunani, yakni Aristoteles. Dengan istilah yang telah di sebutkan, Aristoteles menyebut bahwasanya kita-kita tidak berbeda yang dengannya hewan andai cuma hidup individu, makan, minum, berhubungan seksual, dan menghasilkan keturunan. Jika cuma semisal itu, kita-kita yang dengannya hewan percis saja. Namun sebenarnya ada perbedaannya, yakni kita-kita bisa berkomunikasi serta berinteraksi antar sesama bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadikan ke hidup-an di dunia lebih harmonis.
Satu faktor yng menjadikan kita-kita menjadi zoon politicon merupakan akal sehat serta intelegensia yng dimilikinya. Keduanya menjadi anugerah dari Tuhan atas penciptaan satu dari sekian banyaknya makhluknya yng paling sempurna daripada yng lain. Oleh lantaran itu, perbedaan ini menjadi dasar bagi tiap kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menjadi individu yng lebih baik dari waktu ke waktu. Sesuatu yng menjadikan kita-kita lebih baik itu merupakan menjadi sosok zoon politicon. Lalu, apa pengertian zoon politicon yng sebetulnya? Anda mampu membaca tidak banyak uraian di bawah ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih memahami tentang apa itu zoon politicon.
Dari asal katanya, zoon politicon berasal dari dua kata. Zoon yng berguna hewan serta Politicon yng pengertiannya bermasyarakat. Secara harfiah, zoon politicon diartikan hewan yng bermasyarakat. Aristoteles memanglah sengaja menyebut kita-kita dalam hal ini menjdai hewan agar bisa dimengerti perbedaan selanjutnya antara kita-kita yang dengannya hewan.
Sudah tidak banyak dibahas diatas bahwasanya kita-kita diciptakan serta dikodratkan hidup di dunia bukan cuma menjadi mahluk individu. Lebih dari itu, kita-kita bisa menjadi mahluk sosial. Lalu, apa itu mahluk sosial? Diartikan mahluk sosial lantaran kita-kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, serta bekerja percis antara satu yang dengannya yng lain dalam mencapai tujuan tertentu. Oleh lantaran itulah, Aristoteles menyebutnya yang dengannya istilah zoon politicon.
Sebagai mahluk sosial, tentu saja kita-kita tak bisa hidup sendiri. Dalam kenyataannya, kita-kita hidup bersama orang lain yng mungkin menjadi saudaranya, temannya, rekan kerjanya, tetangganya ataupun yng lain-lainnya. Ibaratnya, kita-kita tak hidup di tengah hutan sendirian. Tidak ada orang lain di kanan kirinya, menjadikan apa saja di lakukan sendiri. Manusia tak mampu hidup semisal itu lantaran setiap orang tentu butuh bantuan dalam hidupnya.
Dengan memahami tentang pengertian zoon politicon, Anda pun mampu melihat realita di tengah masyarakat sendiri. Apakah nilai individu ataupun sosial yng era ini lebih menonjol di masyarakat. Lalu, Anda salah satunya di dalam kelompok yng mana?

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/02/pengertian-zoon-politicon.html

Seputar Pengertian Zoon Politicon dari Aristoteles tentang Makhluk Sosial

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Zoon Politicon dari Aristoteles tentang Makhluk Sosial