Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Terbentuk Secara Unik

- 16.00

Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Terbentuk Secara Unik

 
Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Terbentuk Secara Unik Istilah, kata, serta bahasa senantiasa terbentuk lantaran adanya adaptasi. Hal itu dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakat pada suatu wilayah. Katakanlah di Indonesia. Banyak istilah dari Indonesia yang memunculkan istilah baru lantaran sejarah serta asal-mula yang unik. Contohnya saja kata jerigen. Anda pastinya tau apa yang dimaksud yang dengannya jerigen ataupun jeriken?
Jerigen itu sejenis tempat ataupun wadah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung bensin, air, maupun larutan lain-lainnya. Biasanya kuat menampung sekitar 20 liter-an. Pernahkah kamu membayangkan bahwasanya sebetulnya istilah ini terbentuk dari Bahasa Inggris, Jerry Can? Istilah yang telah di sebutkan mengalami simplifikasi pengucapan ataupun Suka disebut yang dengannya adaptasi bahasa. Karena masyarakat Indonesia susah mengucapkan ‘jerry can', maka lama kelamaan orang-orang menyebutnya jerigen ataupun jeriken.
Adapun pembentukan istilah-istilah yang telah di sebutkan dikarenakan misheard (salah dengar), salah pemaknaan, serta sebagainya. Lantas bagaimana yang dengannya istilah lain-lainnya di Indonesia? Kami sukses mengumpulkan beberapa istilah beserta origin ataupun asal-muasalnya. Meskipun cuma tidak banyak, kami pun berharap pembaca pun mau membagikan pengalaman dan pengetahuannya wacana topik ini andai berkenan. Langsung saja simak di istilah bahasa indonesia yang terbentuk secara gokil serta unik:

Kutang = Coutant

Pastinya kamu telah tahu apa arti dari istilah ini. Ada sebuah anekdot yang terlaksana pada masa penjajahan dulu, yakni disaat orang Belanda mempekerjakan orang-orang pribumi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat proyek jalan di Semarang, yakni jalan Anyer-Panarukan.
Dulunya, kebanykan orang pribumi bekerja rodi tanpa mempergunakan pakaian, baik pria maupun wanita, menjadikan membuat Don Lopez, koordinator pekerjaan jalan yang telah di sebutkan terasa iba serta tergugah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memotong-motong kain putih demi menutupi para pekerja wanita yang membiarkan benda berharganya menggelambir.
Mendekati para pekerja wanita, Don Lopez memberikan kain itu seraya mengatakan, “Tutuplah benda berharga itu!”, dalam bahasa Belanda dia mengatakan, “Coutant!”
Para pekerja wanita itu pun resah yang dengannya apa yang dimaksudkannya, namun si comandan tetap berusaha menjelaskan yang dengannya mengatakan, “Coutant, coutant!” sambil menunjuk-nunjuk kain yang dia potong itu. Mereka pun akhirnya paham serta mendapatkan kain itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi barang berharganya. Sejak era itulah, istilah yang telah di sebutkan. Cerita ini bersumber dari sebuah novel berjudul Pangeran Diponegoro karya Remy Sylado.

Jerigen = Jerry Can

Seperti yang telah disinggung di mukadimah, Jerry Can merupakan wadah yang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi air maksimal 20 liter. Asal mula Jerry Can berawal dari orang-orang Jerman yang kerap mempergunakan benda ini. Dahulu namanya merupakan Wehrmachtskanisters.
Seiring perkembangan serta menyeruaknya benda ini ke wilayah lain, salah satunya di negara berbahasa Inggris, orang Inggris menyebutnya yang dengannya nama ‘Jerry Can’ agar gampang ketimbang Perlu menyebut istilah aslinya yang Amat panjang serta rumit bagi orang Inggris. Kata ‘Jerry Can’ sendiri terbentuk dari dua kata dasar yaitu, ‘Jerry’, istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk merujuk ke orang Jerman, serta ‘Can’ berguna kaleng.

Bengkek = Backache

Bengkek merupakan istilah dalam Bahasa Jawa yakni sejenis penyakit tulang punggung yang diakibatkan lanjut usia maupun lantaran terlalu Suka beraktivitas. Nah, mampu dinalar kan kalau istilah ini? Kenapa backache dari bahasa inggris mampu menjadi bengkek? Mungkin lantaran era itu orang-orang Jawa mencontoh orang Inggris disaat mengatakan ‘backache’ era sakit punggung. Karena kesulit melafalkan istilah dalam bahasa inggris, akhirnya mengadaptasikan istilah yang telah di sebutkan agar sesuai yang dengannya lidah Jawa, yakni ‘bengkek’.

Toko Kelontong = Bunyi Klontong

Istilah ini mungkin bukan berasal dari luar negeri, namun mempunyai asal-usul yang unik, jadi saya sertakan sekalian.
Ada sebuah cerita masyarakat kenapa istilah toko kelontong mampu terbentuk. Pada zaman dahulu, orang tionghoa Suka berdagang yang dengannya mempergunakan gerobak yang ditarik oleh sapi ataupun kerbau. Dagangannya ini hampir serba lengkap. Alat-alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan sehari-hari, makanan salah satunya buah-buahan serta sayuran.
Untuk kedatangannya bisa dikenali, pedagang sembako itu pun mengalungkan lonceng di leher kerbau menjadikan menghasilkan bunyi ‘klontong, klontong’ setiap kerbau berjalan. Nah, sejak era itulah bunyi ‘klontong’ dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk merujuk pada dagangan sembako serba ada, sampai-sampai dijadikan istilah resmi dalam bahasa indonesia, yakni ‘kelontong’.

Source Article and Picture : http://www.maknaistilah.com/2016/02/istilah-bahasa-indonesia-terbentuk-unik.html

Seputar Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Terbentuk Secara Unik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Terbentuk Secara Unik