Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya

- 21.48

Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya

 
Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya – Majas personifikasi adalah satu dari sekian banyaknya majas yng kita kenal dari sekian banyaknya majas. Namun tahukah anda apa itu majas personifikasi?. Kami meyakini bahwasanya kamu yng pernah sekolah ataupun sedang sekolah pernah menjumpai soal yng berkaitan yang dengannya majas personifikasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun begitu, namun kenyataannya diantara kita masih tidak sedikit yng tidak lebih memahami malah belum memahami yang dengannya baik perihal apa yng dimaksud majas personifikasi itu. Maka dari itulah, pada pemaparan di artikel ini Temukan Pengertian akan menjelaskan secara rinci perihal apa yng dimaksud majas personifikasi. Dalam penjelasan yng akan kami berikan ini terbagi menjadi 2 bagian yakni pengertian majas personifikasi yng adalah bagian pertama dan semisal majas personifikasi yng adalah bagian kedua. Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya Pengertian Majas Personifikasi
Pengertian Majas Personifikasi merupakan sebuah majas yng mengenakan sifat-sifat manusiawi (insani) terhadap sebuah benda mati menjadikan membuat benda mati yang telah di sebutkan seolah-olah memiliki sifat semisal benda hidup. Yang menjadi ciri khas majas personifikasi yakni terdapat pilihan kata yng melekatkan sifat kita-kita terhadap benda mati menjadikan menjadi seolah hidup. Selain itu majas personifikasi pun memiliki gaya bahasa perbandingan yakni membandingkan benda tak bisa bergerak ataupun benda mati menjadikan tampak semisal bergerak ataupun tampak hidup dan mampu berperilaku semisal mahluk hidup/ kita-kita. Karena itulah maka majas personifikasi dikelompokkan ke dalam majas perbandingan. Fungsi dari majas personifikasi yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan citraan ataupun bayangan angan yng konkret dan memberikan gambaran perihal situasi yng dilukiskan yng lebih terperinci. Di dalam tidak sedikit jenis karya sastra semisal puisi, cerpen, lagu dan lain-lain penggunaan majas personifikasi tidak sedikit didapati di dalamnya.
Baca pun Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?
Contoh Majas Personifikasi
Sebagai pelengkap dalam pemahaman perihal majas personifikasi, maka kamu butuh memperhatikan semisal kalimat di bawah ini:
Contoh ke-1:
"Di malam hari angin berbisik menyampaikan salamku kepada dirinya"
Angin diibaratkan bisa berbisik ibarat semisal kita-kita.
Contoh ke-2:
"Ranting-ranting menari mengikuti alunan musik"
Kata menari-nari adalah perilaku kita-kita jadi ranting-ranting itu diibaratkan semisal kita-kita yng mampu menari-nari.
Contoh ke-3:
"Bulan mengintip dibalik awan di malam itu"
Kata mengintip pada bulan diibaratkan bulan bersifat semisal kita-kita.
Contoh ke-4:
"Di pagi hari padi menunduk memberikan salam"
Kata menunduk padi, padi diibaratkan bersifat semisal kita-kita yng bisa menyapa/ memberikan salam.
Demikian penjelasan yng bisa kami bagikan kepada kamu perihal Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/05/pengertian-majas-personifikasi-dan.html

Seputar Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya