Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

- 12.48

Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

 
Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya – Majas metonimia adalah satu dari sekian banyaknya nama majas yng Suka dipelajari di sekolah. Dalam sebuah karya sastra Suka kali dipakai majas metonimia menjdai pelengkap gaya bahasa agar karya sastra yang telah di sebutkan lebih menarik. Majas metonimia memiliki ciri khusus menjdai mana majas pada biasanya yng membedakan antara majas satu yang dengannya majas yng lain-lainnya. Untuk itu pemahaman mengenai majas metonimia Amat penting agar bisa kita tak keliru dalam mengenali jenis majas ini. Karena pentingnya pemahaman perihal majas metonimia, maka blog Temukan Pengertian akan memberikan penjelasan secara rinci perihal Pengertian majas metonimia beserta semisal majas metonimia yang akan di sajikan kali ini. Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

Pengertian Majas Metonimia

Metonimia adalah kata yng diambil dari kata dalam bahasa yunani yakni meto dan anoma. Meto pengertiannya “menunjukkan perubahan” sedangkan anoma pengertiannya “nama”. Sehingga bisa disimpulkan majas metonimia merupakan sebuah gaya bahasa yng memakai suatu kata bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengungkapkan suatu hal yng lain-lainnya, lantaran mempunyai hubungan yng erat. Dengan kata lain majas metonimia merupakan majas yng memakai nama barang ataupun merek dagang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambarkan sesuatu dipakai menjadikan kata yang telah di sebutkan berasosiasi terhadap benda secara keseluruhan. Pengertian lain perihal majas metonimia merupakan majas yng mempergunakan nama hal ataupun nama ciri yng dikaitkan yang dengannya benda, orang, ataupun suatu hal, yng dipakai menjdai penggantinya. Contohnya, dalam menyebutkan sepeda motor, cuma yang dengannya menyebutkan nama merknya saja, maka orang telah mengerti bahwasanya apa yng kita maksudkan itu sepeda motor.
Baca pun Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Metonimia

Untuk lebih memahami perihal majas metonimia, yang akan di sajikan kali ini kami berikan beberapa semisal majas metonimia, silahkan dipahami.
Contoh Majas Metonimia 1
"Jama'ah haji berangkat ke tanah suci naik Garuda Indonesia"
Kata "Garuda Indonesia" dimaksudkan pesawat lantaran Garuda Indonesia adalah merk maskapai penerbangan. Sehingga pengertiannya menjadi Jama'ah haji berangkat ke tanah suci naik pesawat. Jadi semisal kalimat yang telah di sebutkan adalah majas metonimia.
Contoh Majas Metonimia 2
"Pak hadiyanto pergi ke kantor menggunakan Honda"
Makna dari semisal kalimat yang telah di sebutkan yakni "Pak hadiyanto pergi ke kantor menggunakan motor". Kata motor diganti yang dengannya kata "Honda" yng adalah merk motor. Jadi semisal kalimat yang telah di sebutkan adalah majas metonimia.
Contoh Majas Metonimia 3
"Untuk menyedot air kami menggunakan Sanyo"
Contoh Kalimat yang telah di sebutkan adalah majas metonimia lantaran Kata "sanyo" maksudnya merupakan sebuah alat ataupun mesin yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyedot air.
Contoh Majas Metonima 4
"Pak Riza membeli sebuah Grand Livina"
Makna pada semisal kalimat yang telah di sebutkan yakni "Pak riza membeli sebuah mobil", akan tetapi kata kendaraan beroda empat diganti yang dengannya kata merk kendaraan beroda empat yakni "Grand Livina". Jadi semisal kalimat yang telah di sebutkan adalah majas metonimia.
Baca pun Artikel: Pengertian Majas Litotes dan Contohnya
Semoga sesudah membaca penjelasan perihal Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya yang telah di sebutkan kamu mampu memiliki pemahaman yng baik perihal majas yang telah di sebutkan. Sekian dari kami dan mudah-mudahan berguna.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/05/pengertian-majas-metonimia-dan-contohnya.html

Seputar Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya