Pengertian Angin Terjun

- 18.36

Pengertian Angin Terjun

 
Pengertian Angin Terjun – Angin Terjun merupakan/ Angin Terjun yakni/ Angin Terjun adalah/ yng dimaksud Angin Terjun/ arti Angin Terjun/ definisi Angin Terjun. Pengertian Angin Terjun
Angin Terjun/ angin jatuh yakni angin yng bertiup ke arah puncak gunung akan berkurang suhunya. Setiap naik 100 m suhu rata-rata turun 0,5 derajat C. Karena terlaksana kondensasi serta titik-titik air telah jenuh, maka di lereng yang telah di sebutkan turun hujan. Angin yng bertiup hingga ke pucuk telah tak memiliki kandungan uap air lagi serta bersifat kering. Angin yng kering ini lantas turun melalui lereng di sebelahnya. Setiap turun 100 m suhu udara naik 1 derajat C. Angin kering yng turun ini disebut angin terjun ataupun angin jatuh. Angin terjun terdiri dari 2 jenis menjdai berikut:
a. Angin jatuh yng sifatnya kering serta panas.
Angin jatuh ini tak memiliki kandungan uap air (kering) serta suhunya lebih tinggi (panas) dari suhu daerah yng didatangi. Angin ini disebut angin Fohn. Angin jatuh sifatnya kering serta panas di tiap-tiap daerah di Indonesia diberi nama berbeda-beda pendapat dari bahasa daerah setempat, semisal yang akan di sajikan kali ini:
1. Angin bahorok di lembah bahorok, Sumatra Utara.
2. Angin kumbang di Tegal, Jawa Tengah serta cirebon, Jawa Barat.
3. Angin gending di Pasuruan serta Probolinggo, Jawa Timur.
4. Angin brubu di Makasar, Sulawesi Selatan.
5. Angin wambrau di Pulau Biak, Papua.
b. Angin Jatuh yng sifatnya Kering serta Dingin
Angin jatuh ini tak memiliki kandungan uap air (kering) serta suhunya lebih rendah (dingin )dari suhu daerah yng didatangi. Contoh angin jatuh yng sifatnya kering serta dingin menjdai berikut.
1. Angin mistral di Prancis Selatan.
2. Angin norte di Spanyol.
Itulah tidak banyak penjelasan yng mampu saya bagikan ihwal Pengertian Angin Terjun mudah-mudahan membantu kamu.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2014/04/pengertian-angin-terjun.html

Seputar Pengertian Angin Terjun

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Angin Terjun