Mata Kuliah Kajian Buku Arab di Jurusan PAI, Efektifkah?

- 05.48

Mata Kuliah Kajian Buku Arab di Jurusan PAI, Efektifkah?

 
Di semester 7, saya memperoleh mata kuliah perihal Kajian Buku Arab ataupun teks Arab. Mata kuliah ini diampu oleh seorang dosen yng cukup kece serta menyenangkan, namanya bapak Sumadi. Beliau sebelumnya telah pernah mengajar saya di mata kuliah Studi Materi Aqidah Akhlak. Karena saya mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam, maka isi dari teks arab yng saya kaji pun bertema pendidikan. Namun yng menjadi pertanyaan, efektifkah mata kuliah ini ada di jurusan Pendidikan Agama Islam? Padahal kita tau bahwasanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menerjemahkan teks-teks arab butuh waktu yng cukup lama serta bekal kosakata arab yng tidak sedikit.
Pada pertemuan pertama beberapa minggu yng lalu, beliau memberikan kontrak kuliah serta pengantar mata kuliah kajian buku arab ini. Beliau menjelaskan bahwasanya mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memahami serta mentransliterasi teks-teks berbahasa Arab, khususnya yng bertema keislaman serta pendidikan ke dalam bahasa Indonesia yng baik serta benar.
Agar tujuan yang telah di sebutkan tercapai, maka tak ada jalan lain selain membekali para mahasiswa yang dengannya ilmu-ilmu yng membahas perihal tata bahasa Arab semisal ilmu nahwu serta sharaf. Karena tak seluruh mahasiswa lulusan madrasah ataupun pondok pesantren, maka tingkat pemahaman mahasiswa terhadap pengajaran nahwu sharaf pun berbeda-beda. Sedangkan di sisi lain, bila materi dasar ini tak diberikan, orang-orang yng berlatar belakang pendidikan sekolah umum, maka pasti akan mengalami kesulitan.
Memang pendapat dari saya, mata kuliah ini terkesan dipaksakan. Bagaimana tak, yng namanya bahasa Arab salah satunya bahasa yng Amat kompleks serta tak mampu dipelajari yang dengannya gampang. Apalagi cuma satu semester, percis sekali tak cukup. Bahasa arab mempunyai kosakata yng Amat luas serta sulit dipahami. Secara logika tak mungkin tujuan dari mata kuliah ini di mana mahasiswa diharapkan mampu menerjemahkan teks-teks berbahasa arab bisa dicapai cuma yang dengannya satu semester. Kecuali kalau memanglah mahasiswa itu sebelumnya sudah mempunyai penguasaan yng baik perihal bahasa arab melalui pesantren ataupun sejenisnya.
Di sela-sela proses perkuliahan, bapak Sumadi tidak sedikit memberikan pesan-pesan serta motivasi kepada kami agar kami tak pernah patah semangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk berusaha berjuang mencari ilmu serta mengembangkan diri menjadi lebih baik dari hari ke hari. Sebab teks arab yng dikaji merupakan teks arab klasik yng berisi perihal konsep pendidikan islam yng menekankan pada perbaikan akhlak.
Berkaitan yang dengannya mata kuliah Kajian Buku Arab ini, beliau menyatakan bahwasanya kemampuan mahasiswa yng notabene menjdai calon sarjana pendidikan islam, Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimiliki lantaran kami merupakan seorang intelektual muslim yng setiap era bersentuhan yang dengannya teks-teks berbahasa Arab. Islam pun pertama kali diturunkan di Arab serta kitab suci Al-Quran yng menjadi pedoman hidup seluruh umat muslim di dunia ini pun berbahasa arab.
Setelah menyelesaikan mata kuliah kajian buku arab ini, diharapkan mahasiswa tak cuma mampu membaca serta menerjemahkan teks-teks berbahasa arab saja, namun pun mampu mengkaji, memahami, serta mengkesplorasi isi dan kandungannya. Sehingga, bisa menggali makna serta rahasia-rahasia terdalam dari sebuah teks yng kelihatannya simpel era dibaca.
Meskipun mungkin hasil nya tak mampu maksimal, setidaknya kesulitan-kesulitan yng dihadapi disaat menerjemahkan teks-teks arab diharapkan menjadi cambuk bagi mahasiswa bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar mengembangkan diri lebih lanjut yang dengannya mengasah kemampuan orang-orang dalam memahami kosakata-kosakata bahasa arab melalui guru privat, lembaga kursus, ataupun di pesantren. Ahmad Mujib Senin, 07 Maret 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/mata-kuliah-kajian-buku-arab-di-jurusan-pai-efektif.html

Seputar Mata Kuliah Kajian Buku Arab di Jurusan PAI, Efektifkah?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mata Kuliah Kajian Buku Arab di Jurusan PAI, Efektifkah?