Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya

- 22.06

Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya

 
Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya – Kali ini akan kami jelaskan ihwal apa itu norma kesusilaan? Sebetulnya, tanpa kita sadari norma sudah tertanam dalam diri kita-kita yakni berada dalam hati sanubari kita-kita. Norma kesusilaan selalu muncul mengiringi perjalanan hidup kita-kita hadir dalam wujud kesadaran hati nurani. Karena adanya norma kesusilaan ini dia yng mampu membuat kita menjadi pantas disebut menjdai kita-kita dan bisa membedakan diri kita yang dengannya mahluk lain-lainnya yng diciptakan Tuhan. Setiap kita-kita tentunya memiliki norma kesusilaan, namun beberapa diantaranya ada yng menyangkal, menolak malah melakukan perlawanan pada norma yng sudah ada. Contoh sederhananya, misalnya kamu pernah berbohong mengenai sesuatu hal, dan diwaktu yng percis hati sanubari kamu sadar bahwasanya perkataan yng sudah kamu ucapkan itu salah, akan tetapi kamu masih tetap berbohong. Itu cuma adalah satu dari sekian banyaknya semisal dan masih tidak sedikit contoh-contoh lain-lainnya. Untuk penjelasan yng lebih jauh ihwal tulisan atau artikel norma kesusilaan, baca uraian yang akan di sajikan kali ini.
Norma Kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan yakni peraturan sosial yng bersumber dari hati nurani dan menghasilkan akhlak ataupun perilaku, yang dengannya begitu maka orang akan mampu membedakan mana yng dianggap baik dan tidak baik. Norma kesusilaan di lakukan atas dasar hati nurani, lantaran itulah norma kesusilaan tergolong dalam norma tak tertulis. Norma kesusilaan adalah norma yng sudah ada sejak dulu, lantaran norma ini lahir bersamaan yang dengannya keberadaan kita-kita ataupun kelahiran kita-kita. Di dalam jiwa kita-kita pastinya tertanam norma kesusilaan tanpa mengenal bangsa, masyarakat dan batas wilayah. Dan andai seseorang sudah melanggar norma ini maka orang yang telah di sebutkan dianggap menjdai orang yng tak bermoral ataupun orang yng asusila. Karena itulah maka norma kesusilaan ini pun disebut yang dengannya norma moral.
Baca pun Artikel: Pengertian Norma: Apa itu Norma?
Setelah membahas ihwal Pengertian norma kesusilaan, maka selanjutnya akan kami bagikan ihwal

Contoh Norma Kesusilaan.

Berikut ini merupakan Contoh norma kesusilaan yng bisa diterapkan dalam ke hidup-an kita sehari-hari:
Berperilaku dan Bertindak Jujur
Salah satu semisal norma kesusilaan yakni berperilaku dan bertindak jujur. Contoh berperilaku dan bertindak jujur yakni pada era seseorang sudah menemukan sebuah benda ataupun barang milik orang lain, andai dia seorang yng berperilaku dan bertindak jujur maka dia pasti akan mengembalikan barang yng sudah ditemukannya kepada pemilik barang yang telah di sebutkan.
Membicarakan hal-hal yng baik dan sopan
Dalam ke hidup-an kita-kita sehari-hari, berbicara adalah hal yng tak bisa dijauhkan lantaran kita-kita butuh yng namanya bicara bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkomunikasi. Dalam berbicara kita Perlu berusaha membicarakan sesuatu yng baik lantaran berbicara yng baik akan berdampak baik, dan andai berbicara ihwal hal-hal yng tak baik/ negatif maka bisa memicu hal yng negatif. Apabila seseorang membicarakan hal-hal yng baik mengenai orang lain, maka apa yng dibicarakan yng baik-baik itu akan kembali pada dirinya sendiri. Apabila tak ada sesuatu hal yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibicarakan, maka sebaiknya jangan bicara.
Jika Melakukan Kesalahan Meminta Maaf
Salah satu bentuk norma kesusilaan yakni andai melakukan kesalahan maka Perlu meminta maaf. Jika kamu melakukan kesalahan segeralah meminta maaf dan janganlah lari dari kesalahan ataupun bahkan menuduh salah orang lain. Jadi bersikaplah kesatria yng bertanggung jawab atas kesalahan menjadikan yang dengannya bagitu maka kamu pati akan jadi orang yng dipercaya.
Tidak boleh mengambil hak orang lain
Manusia adalah mahluk sosial menjadikan tak mampu disangkal kalau kita-kita hidup yang dengannya orang lain dan saling butuh. Di dalam hidup kita-kita yng saling butuh satu percis lain maka kita-kita tak mampu bertindak semaunya. Contoh tindakan semaunya yakni mengambil hak orang lain, itu akan merugikan orang lain. Maka dari itu dalam melakoni ke hidup-an ini kita Perlu saling menghargai dan jangan pernah mengambil hak orang lain agar hidup kita selalu tentram.
Hormat terhadap orang yng lebih tua dan menghargai orang yng lebih muda
Dalam pergaulan sehari-hari hendaknya diterapkan norma kesusilaan agar tercipta keharmonisan. Dalam pergaulan kita Perlu bersikap sopan santun terhadap orang lain. Misalnya andai ada orang yng umurnya lebih tua dari kita maka kita Perlu menghormatinya, dan andai sahabat kita umurnya lebih muda dari kita maka kita butuh menghargainya, dan bersikap sopan terhadapnya. Dengan begitu maka akan terasa tentram dan harmonis.
Mengenakan pakaian sesuai yang dengannya situasi
Cara berpakaian yng baik pun salah satunya dalam norma kesusilaan. Dalam berpakaian hendaknya menyesuaikan warna kulit, bentuk tubuh, situasi, warna baju, waktu, tempat dan pun acara yng didatangi. Hendaknya dalam berpakaian, mengenakan pakaian yng mampu membentuk keserasian yang dengannya penampilan sesuai situasi dan kondisi. Jika mengenakan pakaian sembarangan maka akan timbul keanehan dan menjadi pusat perhatian orang di sekitar kita.
Sanksi terhadap pelanggar Norma Kesusilaan
Yang menjadi dasar norma kesusilaan yakni bisikan hati yng mengarah pada kebenaran yng tertanam dalam setiap orang. Karena itulah maka sanksi yng dikenakan terhadap pelanggar norma kesusilaan sifatnya individual. Pelanggaran norma kesusilaan adalah bentuk pengingkaran pada hati nurani. Sanksi yng diterapkan terhadap orang yng melanggar norma kesusilaan ini bisa berupa rasa sakit batin (rasa malu, gelisah, dan penyesalan) dan pun bisa berupa pengucilan secara fisik (diusir, malah dipenjara).
Demikian penjelasan mengenai Norma Kesusilaan: Apa itu Norma Kesusilaan?, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/04/norma-kesusilaan-apa-itu-norma.html

Seputar Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya