Pengertian Syair

- 01.36

Pengertian Syair

 
Pengertian Syair – Syair merupakan/ Syair yakni/ Syair adalah/ yng dimaksud Syair/ arti Syair/ definisi Syair. Syair adalah
Syair bersumber dari kesusastraan Arab serta tumbuh memasyarakat sekitar abad ke 13, siering yang dengannya masuknya agama Islam ke Nusantara. Seperti halnya pantun, syari mempunyai empat larik dalam setiap baitnya, setiap larik terdiri atas empat kata ataupun antara delapan hingga yang dengannya dua belas suku kata. Akan namun, syair tak pernah mempergunakan sampiran. Dengan kata lain, larik-larik yng terdapat dalam syair memuat isi syair yang telah di sebutkan. Perbedaan pantun serta syair terdapat atau terletak pun pada pola rima. Apabila pantun berpola a-b-a-b maka syair berpola a-a-a-a.
Selain pantun, syair pun salah satunya bentuk puisi lama. Syair memiliki dua pengertian. Pertama,berguna sebuah bentuk puisi lama, kedua berguna sajak (puisi). Syair terdiri atas beberapa bait.
Ciri-ciri syair merupakan menjdai berikut.
1. Terdiri atas empat baris sebait.
2. Tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.
3. Semua baris adalah isi.
4. Berima akhir lurus ataupun percis (a a a a).
Menurut isinya, syair dibedakan sebagi berikut.
1. Syair dongeng ataupun angan-angan.
2. Syair kiasan ataupun sindiran.
3. Syair cerita ataupun hikayat.
4. Syair cerita fenomena.
5. Syair ajaran budi pekerti.
Karena bait syair terdiri atas isi semata, antara bait yng satu yang dengannya bait yng lain-lainnya umumnya terangkai sebuah cerita. Jadi, andaikan orang akan bercerita, syair merupakan pilihan yng tepat. Cerita yng dikemas dalam bentuk syair umumnya bersumber dari mitologi, religi, sejarah, ataupun bisa pun rekaan semata dari pengarangnya.
Syair yng cukup terkenal yng adalah khazanah sastra Nusantara, misalnya Syair Perahu karya Hamzah Fansuri, syair Singapura Dinakan Api karya Abdullah bin Abdulkadir Munsyi, Syair Bidasari, Syair Abdul Muluk, Syair Ken Tambunan, Syair Burung Pungkuk, serta Syair yatim Nestapa,.
Demikian penjelasan yng bisa saya berikan ihwal pengertian syair mudah-mudahan berguna.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2014/08/pengertian-syair.html

Seputar Pengertian Syair

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Syair