Teknik Membaca Efektif (Effective Reading)

- 12.48

Teknik Membaca Efektif (Effective Reading)

 
Aktifitas membaca Amat penting bagi seluruh orang. Membaca akan membantu kita mengembangkan kemampuan kita dalam hal pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Hal itu bergantung dari tujuan setiap orang. Ada orang yng tujuan membacanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperluas wawasan serta pengetahuan, ada yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan keterampilannya, ada pun yng membaca cuma sekedar menjdai hiburan, semisal membaca cerpen, kumpulan humor, ataupun bacaan lain yng sifatnya menghibur serta menyenangkan. Namun apa pun tujuannya, aktifitas membaca tetaplah sesuatu yng Amat berguna bagi setiap orang.
Untuk kalangan mahasiswa serta kaum akademisi, Perlu benar-benar memperhatikan kualitas ataupun kemampuan orang-orang dalam membaca, lebih-lebih dalam hal kecepatannya. Dengan banyaknya tuntutan tugas serta kewajiban belajarnya, kemampuan membaca cepat Amat dibutuhkan bagi para mahasiswa. Tidak cuma cepat, namun orang-orang pun Perlu fokus serta memahami apa yng dibaca secara mendalam. Belajar membaca yang dengannya baik adalah kemampuan yng esensial yng Perlu terus dikembangkan oleh insan akademik secara kontinyu serta sistematis.

Hal pertama yng penting diperhatikan merupakan memilih teks ataupun bahan bacaan. Membaca bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan akademik semisal membaca karya-karya ilmiah, salah satunya kategori membaca yng cukup berat berat. Mahasiswa Perlu benar-benar fokus pada pemahaman isi materi secara mendalam. Namun membaca bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekedar kesenangan cenderung ringan. Yang yang terakhir memanglah tak terlalu butuh konsentrasi serta bisa di lakukan pada kecepatan rata-rata 100-200 kata per menit. Pengetahuan sebelumnya ihwal materi yng kita baca adalah elemen kunci dari pemahaman membaca yng efektif.
Ada aneka macam jenis serta teknik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca. Beberapa teknik membaca merupakan teknik Skimming, Scanning ataupun pratinjau. Metode yng dipilih Perlu disesuaikan yang dengannya bahan bacaan serta tujuan yng ingin kita capai dari aktifitas membaca yng kita lakukan.
Membaca yang dengannya teknik Skimming merupakan cara membaca cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengumpulkan poin-poin utama dari sebuah bacaan. Dalam proses ini, pembaca membaca cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh ide umum dari keseluruhan isi bacaan (misalnya buku). Dengan teknik Skimming ini, pembaca akan mengerti seluruh teks tanpa membacanya dari awal hingga akhir. Teknik ini memungkinkan pembaca bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca sampai-sampai 1000 kata per menit. Dalam proses ini, ide-ide kunci dari teks yng dikumpulkan yang dengannya membaca awal serta akhir paragraf, kalimat topik, serta bagian lain semisal judul, tak berbentuk, ringkasan bab, keterangan foto, dll
Sedangkan membaca yang dengannya teknik Scanning ataupun pemindaian, merupakan praktek membaca cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui bagian tertentu dari bahan bacaan. Ini merupakan teknik yng memungkinakan siapa pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa mengetahui berita spesifik, fakta ataupun ide bacaan tanpa membaca seluruh teks. Scannning bisa membantu pembaca memeriksa sampai-sampai 1.500 kata per menit. Tujuan dari pemindaian teks merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengevaluasi relevansi materi. Hal ini akan membantu kamu menentukan apakah suatu bahan memiliki kandungan berita yng kamu inginkan ataupun tak, misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersumber menjdai bahan makalah, paper, skripsi, ataupun karya ilmiah lain-lainnya.
Ada pun teknik membaca ekstensif, yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca teks yng lebih panjang, Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kesenangan yang dengannya penekanan pada arti keseluruhan. Berbeda yang dengannya membaca intensif yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca teks singkat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari berita rinci.
Salah satu ciri dari proses membaca yng baik yakni disertai yang dengannya menandai poin-poin penting dalam teks. Menggarisbawahi ataupun menyoroti kata-kata kunci, serta membuat catatan di margin dll. Hal ini bisa menaikan kecepatan kamu dalam membaca. Membuat tanda dalam teks-teks semisal menggarisbawahi kalimat bisa membantu Anda dalam menaikan konsentrasi, mengidentifikasi kata kunci serta membuat buku lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditelaah ulang.
Catatan-catatan yng kita buat selama proses membaca akan membantu kita menaikan pemahaman terhadap isi bacaan. Hal ini bisa membantu Anda mengingat ataupun mengingat yang dengannya gampang apa yng sudah Anda baca. Meringkas apa yng sudah kita baca serta kita pelajari merupakan cara lain yng mampu kita lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan pemahaman terhadap keseluruhan teks. Ahmad Mujib Kamis, 24 Maret 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/teknik-membaca-efektif-effective-reading.html

Seputar Teknik Membaca Efektif (Effective Reading)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Membaca Efektif (Effective Reading)