Pengertian Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Strategi Aktivasinya

- 10.07

Pengertian Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Strategi Aktivasinya

 
Kecerdasan spiritual ataupun Spiritual Quotient yng lantas disingkat yang dengannya SQ adalah satu dari sekian banyaknya dari dua kecerdasan kita-kita lain-lainnya yakni IQ dan EQ. Di antara dua kecerdasan lain-lainnya (IQ dan EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan tertinggi yng menjadi potensi bawaan kita-kita. Kecerdasan spiritual menyempurnakan dan mengoptimalkan kerja IQ dan EQ.
SQ (Spiritual Quotient) yng dalam istilah bahasa Indonesia disebut Kecerdasan Spiritual, merupakan sebuah kecerdasan yng membuat individu mampu mendengar bisikan yng menuntunnya ke arah kebaikan dan kebenaran.
SQ merupakan kecerdasan jiwa, yaitu tingkat kesadaran baru yng bertumpu pada bagian dalam diri yng berhubungan yang dengannya kearifan di luar ego ataupun jiwa sadar kita-kita.
Dengan tatacara kecerdasan spiritual, seseorang akan terasa tak ingin terbatas pada batasan yng bersifat kontekstual, namun pun ingin keluar dari situasi yng ada bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju kebenaran, ada keinginan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan arah dan pengambilan keputusan yng bersifat paralel yang dengannya tujuan-tujuan yng sifatnya tak cuma tampak pada hari ini, namun pun yng bersifat menembus situasi yng ada.
kecerdasan-spiritual.jpg
Salah satu ciri kecerdasan spiritual merupakan bisnis mengosongkan pikiran, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjernihkan hati, menjadikan mampu mendengar bisikan yng menunjukan jalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melepaskan diri dari hal-hal yng tak tepat yng biasa kita jadikan titik sentral pola pikir kita selama ini.
Strategi aktivasi Kecerdasan Spiritual dalam diri kamu bisa di lakukan yang dengannya langkah-langkah berikut:
  • Kenali hal-hal apa yng biasanya diutamakan oleh diri kita.
  • Evaluasi, telah tepatkah kalau kita menempatkan hal-hal yang telah di sebutkan menjadi sesuatu yng utama?
  • Lepaskan hal-hal yng sebenarnya salah, yng selama ini kita jadikan titik sentral pola pikir kita dan kita anggap menjdai yng utama.
  • Temukan fokus utama. Tempatkan cuma yng memanglah seharusnya diutamakan menjdai sentral ke hidup-an, yaitu ALLAH SWT, bukan yng lain.
Kecerdasan spiritual berkaitan erat yang dengannya kemampuan seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertauhid. Ia tak gampang tergoda bagi atau bisa juga dikatakan untuk memprioritaskan hal-hal yng sifatnya cuma semu dan sementara. Kecerdasan spiritual menuntun seseorang melalui bisikan-bisikan nurani dan lintasan lintasan pikiran yng bernuansakan kebenaran agama. Hingga, akan terefleksi dalam sikap dan perilaku lahiriah yng selaras yang dengannya nilai-nilai mulia agama.
Indikasi yng menunjukan bahwasanya kecerdasan spiritual berkembang yang dengannya baik di antaranya ia gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk beadaptasi yang dengannya segala bentuk lingkungan yng baru, mampu mengambil pesan tersirat dan pelajaran dari kegagalan di masa lalu, mempunyai perspektif yng luas dalam memandang sesuatu, mempunyai kesadaran hidup yng tinggi dan paham secara mendalam makna hidupnya yng sebetulnya.
Rujukan
  • Ratna Sulistami dan Erlinda Manaf Mahdi, Universal Inteligence, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Ahmad Mujib Sabtu, 05 Maret 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/pengertian-kecerdasan-spiritual-sq-dan-strategi-aktivasinya.html

Seputar Pengertian Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Strategi Aktivasinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Strategi Aktivasinya