Problematika Pendidikan Nonformal Bangsa Kita

- 08.00

Problematika Pendidikan Nonformal Bangsa Kita

 
Pendidikan nonformal ataupun pendidikan luar sekolah merupakan satu dari sekian banyaknya model pendidikan yng mampu menjadi pengganti bagi anak-anak putus sekolah yng entah lantaran faktor ekonomi yng lemah, kondisi geografis yng tak kondusif, ataupun lantaran hal lain yng pada intinya menghambat akses ke lembaga pendidikan formal bagi anak usia sekolah.
Menurut Jamaris Jamna, Guru besar Universitas Negeri Padang dalam bidang Pendidikan Luar sekolah, kondisi geografis Indonesia yng luas serta tingkat heterogenitas masyarakat yng tinggi, memicu konsekuensi bahwasanya pendidikan formal tak selalu efektif dalam menjawab kebutuhan pendidikan dalam masyarakat.
Masih ditemukannya anak usia sekolah yng tak bersekolah, telah seharusnya menjadi perhatian pemerintah yang dengannya mengupayakan peran pendidikan nonformal serta informal menjdai pendidikan pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang-orang agar hak orang-orang memperoleh layanan pendidikan mampu terpenuhi.

Sama semisal pendidikan formal, pendidikan nonformal pun Perlu diperhatikan oleh pemerintah. Pendidikan nonformal bukanlah pendidikan kelas dua yng kualitasnya selalu lebih rendah daripada pendidikan formal. Sebagaimana fakta di atas, pendidikan nonformal adalah pendidikan pengganti yng efektif diterapkan lantaran relevan serta lebih fleksibel yang dengannya situasi, kondisi, serta kebutuhan peserta didik.
Standar yng dipakai dalam pendidikan nonformal tak percis serta tak boleh disamakan yang dengannya pendidikan formal. Sebab pendidikan nonformal benar-benar Perlu memperhatikan latar belakang serta kebutuhan peserta didik yng memanglah tak mempunyai akses ke pendidikan formal.
Kita tak mampu memaksakan penerapan kurikulum, seni manajemen pembelajaran, serta teknik evaluasi di pendidikan formal ke dalam pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal seharusnya dibuat sefleksibel serta semenyenangkan mungkin menjadikan anak terasa betah serta semangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar walaupun mungkin keadaan serta sarana-prasarananya jauh dari kata memadai.
Ke depannya, kita terus berharap agar pemerintah makin menaikan perhatiannya kepada pendidikan nonformal yng terjangkau khususnya bagi anak-anak yng berada di pedalaman di mana kondisi geografisnya mungkin besar tak mendukung orang-orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh akses ke pendidikan formal. Ahmad Mujib Minggu, 28 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/problematika-pendidikan-nonformal-indonesia.html

Seputar Problematika Pendidikan Nonformal Bangsa Kita

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Problematika Pendidikan Nonformal Bangsa Kita