Pengertian S P O K untuk Membuat Kalimat yang Baik dan Benar

- 07.40

Pengertian S P O K untuk Membuat Kalimat yang Baik dan Benar

 

Artikel terkait : Pengertian S P O K untuk Membuat Kalimat yang Baik dan Benar

Pengertian S P O K menjadi berita yang cukup menarik untuk dibahas. Khususnya Anda sekalian yang berkecimpung di dunia tulis menulis. Mungkin Anda berprofesi menjdai guru ataupun pengajar, seorang siswa sekolah, penulis offline maupun online, ataupun yang lain-lainnya. Perlu diketahui bahwasanya sebuah goresan pena Perlu memenuhi kriteria tertentu agar mampu disebut kalimat efektif, gampang dibaca dan dicerna isi tulisannya, dan mempunyai estetika tersendiri.
Pengertian S P O K,spok yang benar,spok pendidikan,s p o k pelengkap,contoh kalimat spok,pola kalimat,spok tentang ekonomi,fungsi kalimat,contoh kalimat pelengkap,pengertian,
Baca pun : Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli
Anda pun mungkin telah pernah diajari mengenai kalimat goresan pena yang berstruktur S P O K ataupun singkatan dari subjek, predikat, objek, dan keterangan. Keempat unsur yang telah di sebutkan Perlu ada dalam sebuah kalimat agar mampu dikatakan baik dan benar. Namun demikian, ada pun kalimat yang cuma memiliki kandungan dua unsur saja, semisal SP ataupun subjek dan predikat saja. Itulah yang disebut kalimat tak sempurna. Kalimat-kalimat semisal itu biasa dipakai dalam ke hidup-an sehari-hari era berbincang-bincang.
Anda yang masih awam wacana keempat struktur ataupun pola yang telah di sebutkan tentu ingin mengenal lebih dalam. Dengan begitu, Anda pun mampu belajar bagaimana cara membuat goresan pena yang benar yang nantinya disusun dalam sebuah paragraf, goresan pena fiksi ataupun non fiksi, tulisan atau artikel, jurnal, dan lain sebagainya. Untuk mengenal pengertian S P O K lebih jauh, Anda mampu simak uraian yang akan di sajikan kali ini. Pengertian S P O K,spok yang benar,spok pendidikan,s p o k pelengkap,contoh kalimat spok,pola kalimat,spok tentang ekonomi,fungsi kalimat,contoh kalimat pelengkap,pengertian,
1. Subjek (S) Subjek adalah pola pertama yang ada di bagian awal sebuah kalimat. Meskipun kenyataannya, ada pun dalam sebuah kalimat posisi subjek di tengah ataupun akhir. Subjek pun disebut pelaku ataupun pihak yang melakukan. Oleh lantaran itu, subjek umumnya berupa benda hidup ataupun kata gantinya. Misalnya, nama orang, aku, anda, dia (laki-laki ataupun perempuan), ataupun yang lain-lainnya.
2. Predikat (P) Predikat adalah aktivitas ataupun kegiatan yang di lakukan oleh subjek ataupun pelakunya. Oleh lantaran itu, predikat akan selalu berbentuk kata kerja. Misalnya, menyapu, makan, minum, berjalan, berlari, dan sebagainya. Unsur predikat Perlu ada dalam sebuah kalimat agar mampu dikatakan baik dan benar.
3. Objek (O) Objek adalah sebuah kata benda yang menjadi imbas dari sebuah aktivitas ataupun predikat. Objek memanglah selalu berwujud sesuatu, baik yang hidup ataupun mati. Disebut objek lantaran memanglah sesuatu yang telah di sebutkan menjadi yang ingin diapa-apakan oleh subjek. Misalnya, ada sebuah kalimat berbunyi ‘Ibu memasak ikan’. Ikan menjadi objek dalam kalimat yang telah di sebutkan.
4. Keterangan (K) Keterangan disini bisa diartikan menjdai keterangan tempat, waktu, ataupun yang lain-lainnya. Keterangan tempat, misalnya di rumah, sekolah, jalan, rumah sakit, dan lain sebagainya. Sementara keterangan waktu, misalnya tadi pagi, tadi siang, tadi malam, dan lain sebagainya. Sebagai semisal, ada sebuah kalimat berbunyi ‘Ayah bekerja di kantor hari ini’. Hari ini adalah keterangan waktu dari kalimat yang telah di sebutkan.
Itulah tidak banyak berita mengenai pengertian S P O K dalam sebuah kalimat dan goresan pena. Semoga memberikan manfaat untuk Anda sekalian.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/02/pengertian-s-p-o-k.html

Seputar Pengertian S P O K untuk Membuat Kalimat yang Baik dan Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian S P O K untuk Membuat Kalimat yang Baik dan Benar