Belajar Kepedulian Sosial dari Matahari

- 08.19

Belajar Kepedulian Sosial dari Matahari

 
Lihatlah Matahari! Ia dijadikan Allah mampu memancarkan cahaya yng begitu kuat ke seluruh alam semesta. Cahaya yng ia pancarkan tak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk menerangi dirinya sendiri, namun pun menerangi sekitarnya. Begitu juga seharusnya kita menjdai kita-kita. Setiap kita-kita mampu menjadi cahaya yng menerangi orang-orang di sekitarnya andaikan ia mau mengaktualisasikan seluruh potensi yng tersimpan dalam dirinya.
Memang semuanya butuh proses. Pada awal mulanya, mungkin kita ibarat sebuah lilin yng berusaha menerangi orang lain yang dengannya mengorbankan diri kita sendiri. Setelah itu, kita menjadi semisal Bulan yng menerangi orang lain yang dengannya memantulkan cahaya yng kita serap dari Matahari. Secara perlahan, akhirnya kita akan menjadi Matahari disaat kita sudah mampu memancarkan cahaya sendiri serta mau menerangi orang lain.
Dalam hidup ini, kita tak boleh egois. Kita tak mampu bercita-cita cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan kebahagiaan ataupun kesenangan diri kita sendiri. Karena dalam proses mencapai maupun meraih kebahagiaan itu ada tidak sedikit orang yng anda libatkan. Kita tak mampu melepaskan rencana-rencana kita dari keterlibatan orang lain di dalamnya. Untuk mencapai tujuan, kita butuh bantuan tidak sedikit orang.
Makna pendidikan tak cuma sesempit yng dipahami orang selama ini, yakni menyangkut proses belajar mengajar yng berlangsung di suatu lembaga pendidikan. Namun lebih dari itu, segala hal yng kita dengar, lihat, serta rasakan, memiliki kandungan nilai-nilai pendidikan.

Segala yng diciptakan oleh Tuhan di alam semesta ini disebut menjdai ayat-ayat kauniyah yng mengharuskan kita-kita mentafakkurinya. Salah satunya yakni Matahari. Ya, matahari mengajarkan kita ihwal makna kepedulian sosial serta menjadi orang yng berguna bagi orang lain.
Kepedulian sosial adalah satu dari sekian banyaknya nilai dari pendidikan karakter yng Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus ditumbuhkan dalam diri setiap individu. Apalagi melihat keadaan masyarakat modern yng makin individualis serta mementingkan diri sendiri.
Kita tak Perlu memaksakan diri memberikan sesuatu yng besar bagi orang lain. Sebab semuanya butuh proses, dari diri kita yng masih ibaratkan lilin sampai-sampai pada akhirnya menjadi matahari. Kepedulian sosial ditumbuhkan step by step yng berangkat dari hal-hal kecil serta simpel sesuai yang dengannya posisi serta keadaan kita.
Dari Matahari, kita diajarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi orang yng berguna bagi ke hidup-an orang lain sebanyk mungkin. Kita pun diajarkan ihwal konsep keberhasilan dari Matahari. Layaknya Matahari yng membuka jalan ke hidup-an tidak sedikit mahluk di alam ini, begitulah ihwal keberhasilan. Sukses merupakan disaat kita mampu membukakan pintu-pintu yng menjadi jalan bagi keberhasilan orang lain. Ahmad Mujib Kamis, 25 Februari 2016

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/belajar-kepedulian-sosial-dari-matahari.html

Seputar Belajar Kepedulian Sosial dari Matahari

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Belajar Kepedulian Sosial dari Matahari