Pengertian Pantun

- 19.57

Pengertian Pantun

 
Pengertian Pantun – Pantun merupakan/ Pantun yakni/ Pantun adalah/ yng dimaksud Pantun/ arti Pantun/ definisi Pantun. Pantun adalah
Pantun adalah ragam puisi lama yng tiap baitnya terdiri atas empat larik yang dengannya irama akhir a-b-a-b. Setiap larik umumnya terdiri atas empat kata ataupun delapan hingga yang dengannya 12 suku kata serta yang dengannya ketentuan bahwasanya dua larik pertama selalu adalah kiasan ataupun sampiran, sementara isi ataupun maksud sebenarnya terdapat pada larik ketiga serta keempat. Berdasarkan struktur serta persyaratannya, pantun bisa terbagi ke dalam pantun biasa, pantun kilat ataupun karmina, serta pantun berkait.
Pantun adalah bentuk puisi lama asli Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia (Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, serta sebagainya) mempunyai pantun.
Ciri-ciri pantun merupakan menjdai berikut.
1. Setiap bait terdiri atas empat baris.
2. Setiap baris terdiri 8-12 suku kata.
3. Berima akhir silang (a b a b).
4. Bariss kesatu ddan kedua menjdai sampiran ataupun perumpamaan, sedangkan baris ke tiga serta keempat menjdai isi ataupun maksud.
Menurut isinya, pantun dibedakan menjdai berikut.
1. Pantun anak-anak.
2. Pantun orang muda.
3. pantun orang tua (nasihat, agama, istiadat).
4. Pantun jenaka.
5. Pantun teka-teki.
Pantun biasa merupakan pantun semisal kita kenal lazimnya serta rincian persyaratannya sudah kita singgung di atas, akan tetapi yang dengannya tambahan, isinya curahan perasaan, sindiran, nasihat, serta peribahasa. Pantun biasapun bisa selesai cuma yang dengannya satu bait.
Sekarang telah tahu kan apa yng dimaksud pantun? mudah-mudahan berita yang telah di sebutkan bisa membantu kamu.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2014/08/pengertian-pantun.html

Seputar Pengertian Pantun

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Pantun