Belajar Pendidikan Karakter dari 'Dinding Kebaikan' di China

- 15.22

Belajar Pendidikan Karakter dari 'Dinding Kebaikan' di China

 
Sangat menarik melihat kreatifitas orang-orang di sekitar Kota Liuzhou, Guangxi, China, yng mempunyai ide kreatif yang dengannya membuat apa yng disebut Wall of Kindness ataupun “Dinding Kebaikan”. Sebagaimana yng dilansir oleh situs shanghaiist.com. Taukah kamu apa “Dinding Kebaikan” itu? Ya, Dinding Kebaikan merupakan sebuah dinding khusus menjdai tempat menaruh barang-barang yng sengaja disumbangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan oleh orang lain yng butuh. Uniknya, siapa pun boleh menaruh barang-barang yng ingin orang-orang sumbangkan kepada orang lain tanpa melalui proses apa pun. Jadi, orang mampu bebas menyumbangkan barang yng orang-orang punyai berupa apa saja serta kapanpun orang-orang mau tanpa diawasi, didata, ataupun terbatas.
Sama sekali tak ada peraturan serta tuntutan perihal apa yng Perlu disumbangkan, entah itu pakaian, jaket, ataupun yng lain-lainnya. “Dinding Kebaikan” ini memanglah sengaja dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan umum. Jadi bagi siapa saja yng ingin mengambil barang yng disumbangkan orang lain di situ, pun Perlu mikirin kepentingan orang lain, tak seenaknya mengambil sebanyk mungkin tanpa mempertimbangkan mungkin ada orang lain yng pun membutuhkannya.
Pelajaran apa yng mampu kita petik dari kejadian “Dinding Kebaikan” itu? Banyak sekali. Dinding Kebaikan mengajarkan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagikan yang dengannya lapang dada serta atas kesadaran kita sendiri, tanpa ada pemaksaan ataupun mengharapkan imbalan dari yng kita kasih. Membantu orang lain tak Perlu yang dengannya memberikan uang ataupun sesuatu yng bernilai lain-lainnya. Meskipun sesuatu yng kita berikan itu bagi kita kecil serta remeh, mampu jadi Amat bernilai serta memberikan manfaat bagi orang lain. Ingat, ada tidak sedikit orang yng hidupnya tak seberuntung kita era ini.
Wall of Kindness via Shanghaiist.com
Dinding Kebaikan itu mengajarkan kita betapa pentingnya kepedulian sosial. Di tengah dunia yng serba materialis serta individualis ini, jarang sekali orang yng pernah sempet mikirin kebutuhan orang lain yng nasib hidupnya berada di bawahnya. Karena sifat kita-kita itu selalu tidak lebih serta tidak lebih, seringkali uang serta harta benda yng dimiliki dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan dirinya sendiri. Padahal, dibalik keberhasilan karir yng orang-orang capai, selalu melibatkan orang lain.
Dinding Kebaikan pun mengajarkan agar kita tak menjadi kita-kita yng rakus serta tak peduli yang dengannya orang lain. Bagaimana tak, yang dengannya banyaknya barang yng disumbangkan, yang dengannya bebas kita mampu mengambilnya sebanyk yng kita mau. Tanpa Perlu khawatir dituduh menjdai pencuri ataupun melakukan tindak krimin4l. Kita diajarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil sebatas yng kita butuhkan saja. Kita diajari bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup simpel serta tak berlebih-lebihan.
Sungguh menakjubkan nilai-nilai Pendidikan Karakter yng diajarkan oleh Dinding Kebaikan di China itu. Dengan adanya Dinding Kebaikan itu menunjukan bahwasanya lingkungan yng baik mampu memotivasi serta membuat mudah seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam ke hidup-an sehari-hari.
Kebiasaan-kebiasaan baik itu tumbuh serta berkembang didasari atas kesadaran, keyakinan, kepekaan, serta sikap seseorang. Artinya, karakter yng dimiliki seseorang itu bersifat inside-out, berasal dari dalam diri orang itu sendiri serta lantas keluar berwujud perilaku yng membentuk kebiasaan-kebiasaan baik dalam ke hidup-an.
Unsur-unsur Pendidikan Karakter yng terkandung dari Dinding Kebaikan di atas di antaranya meliputi kreatif, peduli sosial, peduli lingkungan, serta kerjasama ataupun gotong royong. Bagaimana yang dengannya Indonesia? Ahmad Mujib Rabu, 03 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/belajar-pendidikan-karakter-dari-wall-of-kindness-dinding-kebaikan-china.html

Seputar Belajar Pendidikan Karakter dari 'Dinding Kebaikan' di China

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Belajar Pendidikan Karakter dari 'Dinding Kebaikan' di China