Definisi Gizi

- 23.58

Definisi Gizi

 
Definisi Gizi - Gizi merupakan suatu proses organisme mempergunakan makanan yng dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme serta pengeluaran zat-zat yng tak dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan ke hidup-an, pertumbuhan serta fungsi normal dari organ-organ, dan menghasilkan energi. tidak satu pun jenis makanan yng memiliki kandungan seluruh zat gizi, yng mampu membuat seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup sehat, tumbuh kembang serta produktif. Oleh lantaran itu, setiap orang butuh mengkonsumsi anekaragam makanan; kecuali bayi umur 0-4 bulan yng cukup mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) saja. Bagi bayi 0-4 bulan, ASI merupakan satu-satunya makanan tunggal yng penting dalam proses tumbuh kembang dirinya secara wajar serta sehat. makan makanan yng beranekaragam Amat memberikan manfaat bagi kebugaran atau kesehatan. Makanan yng beraneka ragam yakni makanan yng memiliki kandungan unsur-unsur zat gizi yng diharapkan tubuh baik kualitas maupun kuantintasnya, dalam pelajaran ilmu gizi biasa disebut triguna makanan yakni, makanan yng memiliki kandungan zat tenaga, pembangun serta zat pengatur. Apabila terlaksana kekurangan atas kelengkapan satu dari sekian banyaknya zat gizi tertentu pada satu jenis makanan, akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yng lain. Jadi makan makanan yng beraneka ragam akan memberi jaminan terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun serta zat pengatur. makanan sumber zat tenaga antara lain: beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti serta mi. Minyak, margarin serta santan yng memiliki kandungan lemak pun bisa menghasilkan tenaga.
Definisi Gizi Makanan sumber zat tenaga menunjang aktivitas sehari-hari. makanan sumber zat pembangun yng berasal dari bahan makanan nabati merupakan kacang-kacangan, tempe, tahu. Sedangkan yng berasal dari hewan merupakan telur, ikan, ayam, daging, susu dan hasil olahan, semisal keju. Zat pembangun berperan Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan serta perkembangan kecerdasan seseorang. makanan sumber zat pengatur merupakan seluruh sayur-sayuran serta buah-buahan. Makanan ini memiliki kandungan banyak sekali vitamin serta mineral, yng berperan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melancarkan bekerjanya fungsi organ-organ tubuh.
Macam-macam Gizi Dan Fungsinya
Dalam ke hidup-an kita-kita sehari-hari, orang tak terlepas dari makanan, lantaran makanan merupakan satu dari sekian banyaknya persyaratan pokok bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita, disamping udara (oksigen). Empat fungsi pokok makanan bagi ke hidup-an kita-kita merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk :
a. Memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan / perkembangan dan mengganti
jaringan tubuh yng rusak.
b. Memperoleh energi guna melakukan kegiatan sehari-hari.
c. Mengatur metabolisme serta mengatur banyak sekali keseimbangan air, mineral serta
cairan tubuh yng lain.
d. Berperan didalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap banyak sekali penyakit.
Agar makanan bisa berfungsi semisal itu maka makanan yng kita makan sehari-hari tak cuma sekedar makanan. Makanan Perlu memiliki kandungan zat-zat tertentu menjadikan memenuhi fungsi yang telah di sebutkan, serta zat-zat gizi ini disebut gizi. Dengan perkataan lain makanan yng kita makan sehari-hari Perlu bisa memelihara serta menaikan kebugaran atau kesehatan.
Ilmu yng mengkaji ataupun mengkaji masalah makanan yng dikaitkan yang dengannya kebugaran atau kesehatan ini disebut ilmu gizi. Batasan klasik mengatakan bahwasanya ilmu gizi adalah ilmu yng mengkaji nasib makanan sejak ditelah hingga diubah menjadi bagian tubuh serta energi dan diekskresikan menjdai sisa. (Achmad Djaeni, 1987).
Dalam perkembangan selanjutnya ilmu gizi mulai dari pengadaan, pemilihan, pengolahan hingga yang dengannya penyajian makanan yang telah di sebutkan. Dari batasan yang telah di sebutkan, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya ilmu gizi itu mencakup 2 komponen penting yakni makanan serta kebugaran atau kesehatan. bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai kebugaran atau kesehatan yng optimal diharapkan makanan bukan sekedar makanan namun makanan yng memiliki kandungan gizi ataupun zat-zat gizi. Zat-zat makanan yng diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi serta menaikan kebugaran atau kesehatan ini dikelompokkan menjadi 5 jenis, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin serta mineral. Fungsi-fungsi zat makanan itu antara lain menjdai berikut :
a. Protein
Protein diperoleh dari makanan yng berasal dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati) serta makanan dari hewan (protein hewani). Fungsi protein bagi tubuh antara lain :
- membangun sel-sel yng rusak.
- membentuk zat-zat pengatur semisal enziim serta hormon.
- membentuk zat inti energi (1 gram proteein kira-kira menghasilkan 4,1 kalori).
b. Lemak
Lemak berasal dari minyak goreng, daging, margarin, serta sebagainya. Fungsi pokok lemak bagi tubuh adalah :
- menghasilkan kalori terbesar dalam tubuuh kita-kita (1 gram lemak menghasilkan
9,3 kalori).
- menjdai pelarut vitamin A,D,E,K.
- menjdai pelindung terhadap bagian-bagiaan tubuh tertentu serta pelindung bagian
tubuh pada temperatur rendah.
c. Karbohidrat
Karbohidrat didasari gugus penyusun gulanya bisa dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, serta polisakarida. Fungsi karbohidrat merupakan pun satu dari sekian banyaknya pembentuk energi yng paling murah, lantaran pada biasanya sumber karbohidrat ini berasal dari tumbuh-tumbuhan (beras, jagung, singkong, serta sebagainya) yng adalah makanan pokok.
d. Vitamin-vitamin
Vitamin dibedakan menjadi 2, yaitu vitamin yng larut dalam air (vitamin A serta B) serta vitamin yng larut dalam lemak (vitamin A,D,E,K).
Fungsi masing-masing vitamin ini antara lain :
1. Vitamin A berfungsi bagi pertumbuhan sel-sel epitel serta menjdai pengatur
kepekaan rangsang sinar pada saraf serta mata.
2. Vitamin B1 berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk metabolisme karbohidrat, keseimbangan air dalam
tubuh serta membantu penyerapan zat lemak oleh usus.
3. Vitamin B2 berfungsi dalam pemindahan rangsang sinar ke saraf mata serta enzim
serta berfungsi dalam proses oksidasi dalam sel-sel.
4. Vitamin B6 berfungsi dalam pembuatan sel-sel darah serta dalam proses
pertumbuhan serta dalam proses pertumbuhan dan pekerjaan urat saraf.
5. Vitamin C berfungsi menjdai aktivator macam-macam fermen perombak protein
serta lemak, dalam oksidasi serta dehidrasi dalam sel, penting dalam
pembentukan trombosit.
6. Vitamin D berfungsi mengatur kadar kapur serta fosfor dalam bersama-sama
kelenjar anak gondok, membuat besar penyerapan kapur serta fosfor dari usus, serta
memberi pengaruh kerja kelenjar endokrin.
7. Vitamin E berfungsi mencegah perdarahan bagi wanita hamil dan mencegah
keguguran serta diharapkan pada era sel sedang membelah.
8. Vitamin K berfungsi dalam pembentukan protrombin, yng berguna penting dalam
proses pembekuan darah.
e. Mineral
Mineral terdiri dari zat kapur (Ca), zat besi (Fe), zat fluor (F), natrium (Na) serta chlor (Cl), kalium (K) serta iodium (I). Secara umum fungsi mineral merupakan menjdai bagian dari zat yng aktif dalam metabolisme ataupun menjdai bagian penting dari struktur sel serta jaringan.

Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/09/definisi-gizi.html

Seputar Definisi Gizi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi Gizi