Hubungan Pengertian Verifikasi dan Validasi Dalam Pemodelan Komputer

- 23.48

Hubungan Pengertian Verifikasi dan Validasi Dalam Pemodelan Komputer

 

Artikel terkait : Hubungan Pengertian Verifikasi dan Validasi Dalam Pemodelan Komputer

Validasi dan verifikasi adalah dua istilah yng Suka dipakai dalam sebuah penelitian. Banyak yng menganggap bahwasanya pengertian verifikasi dan validasi itu percis padahal keduanya memiliki pengertian ataupun makna yng berbeda walaupun saling berhubungan. Verifikasi dan validasi memanglah memiliki hubungan yng Amat erat, dimana kedua istilah ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambarkan bahwasanya sebuah konsep yng dipakai dalam penelitian telah sesuai yang dengannya keinginan peneliti dan hasil nya sesuai yang dengannya standar yng telah ditetapkan oleh peneliti ataupun pembuat rancangan simulasi.
validasi model simulasi,hubungan verifikasi dan validasi,pengertian validasi model,contoh verifikasi dan validasi perangkat lunak,dan validasi model,tujuan verifikasi dan validasi,
baca pun : Pengertian VSAT, Komponen VSAT

Pengertian Verifikasi dan Validasi

Dalam proses pembuatan simulasi pemodelan, tahapan verifikasi dan validasi merupakan dua hal yng wajib dilalui. Pertama yng Perlu dilalui merupakan proses validasi. Proses validasi ini adalah sebuah proses bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan apakah model simulasi yng dibuat benar-benar sesuai yang dengannya representasi dalam system pemodelan yng nyata ataupun tak. Validasi ini mampu dikatakan menjdai langkah awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguji apakah model yng telah disusun mampu merepresentasikan system nyata yng benar ataupun tak. Suatu model dikatakan valid andai tak memiliki perbedaan signifikan yang dengannya system yng nyata.
Untuk menyatakan suatu model dikatakan valid mampu dilihat ataupun diamati dari karakteristik system nyatanya dan perilaku system nyata yang dengannya model yng dibuat. Dalam melakukan validasi mampu di lakukan yang dengannya aneka macam alat uji. Alat uji yng mampu dipakai di antaranya alat uji statistik yng terdiri dari uji kesamaan dua rata-rata, uji keseragaman data dari output, uji kecocokan dalam distribusi, dan uji kesamaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dua variansi yng dipakai. Uji validasi ini sesuai yng nyatakan oleh Kelton dan Law dalam bukunya di tahun 1991.
Setelah melakukan validasi pada pemodelan maka langkah selanjutnya merupakan melakukan verifikasi. Pengertian verifikasi merupakan proses memeriksa kesesuaian logika dalam model operasional yang dengannya logika dalam diagram alur. Verifikasi ini pun mampu diartikan menjdai proses bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek ulang pada pemodelan program apakah masih ada kesalahan pada program ataupun tak. Pendapat yng hampir percis pun disampaikan oleh Kelton dan Law yng mengartikan verifikasi merupakan sebuah proses pemeriksaan kesesuaian program simulasi yang dengannya simulasi yng dimau-kan.
Verifikasi mampu di lakukan yang dengannya cara memeriksa program yng dibuat. Secara umum, verifikasi ini adalah proses cek ulang suatu program apakah masih salah dan apakah telah sesuai yang dengannya yng dimau-kan ataupun belum.

Hubungan Antara Verifikasi dan Validasi

Hubungan dari verifikasi dan validasi dalam pembuatan simulasi model ataupun pemodelan ini Amat terlihat terang dari penjelasan pengertian validasi dan verifikasi. Keduanya adalah dua tahapan yng saling berurutan dalam pembuatan simulasi model. Ketika akan membangun sebuah model system nyata pertama kali yng di lakukan sesudah model selesai dibuat merupakan melakukan validasi terhadap model simulasi yang telah di sebutkan. Setelah itu, barulah masuk dalam tahap verifikasi yng di lakukan yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematangkan kembali model ataupun simulasi nyata yng dibuat. Seorang yng akan membuat sebuah simulasi pemodelan Perlu paham benar mengenai pengertian verifikasi dan validasi ini.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/05/hubungan-pengertian-verifikasi-dan.html

Seputar Hubungan Pengertian Verifikasi dan Validasi Dalam Pemodelan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hubungan Pengertian Verifikasi dan Validasi Dalam Pemodelan Komputer