Kelebihan Membaca Buku Elektronik (E-book) dibandingkan Buku Fisik

- 07.02

Kelebihan Membaca Buku Elektronik (E-book) dibandingkan Buku Fisik

 
Perkembangan teknologi sudah menggeser kebiasaan sebagian besar masyarakat dalam aktivitas membaca, dari membaca buku fisik menuju buku elektronik ataupun e-book. Menjamurnya produk-produk ponsel pintar yng memungkinkan pemakain menyimpan serta membuka ribuan e-book menjadi satu dari sekian banyaknya faktor yng memicu tidak sedikit orang lebih memilih e-book dari buku fisik.
Beberapa penelitian menyatakan bahwasanya membaca buku fisik dinilai lebih baik daripada membaca buku elektronik. Namun penelitian yng lain menyatakan sebaliknya. Terlepas dari kedua hal itu, yng terperinci aktifitas membaca selalu memberikan manfaat, baik membaca buku versi elektronik maupun buku fisik.

Berdasarkan penelitian yang dengannya metode survei yng di lakukan oleh National Literacy Trust, yng mengambil sampel sebanyk 468 siswa di 40 sekolah di Inggris, didapati bahwasanya tidak sedikit siswa yng lebih enjoy membaca buku elektronik, khususnya laki-laki. Terjadi peningkatan keterampilan membaca disaat orang-orang membaca buku elektronik. Di samping itu, kecanggihan teknologi e-book yakni memungkinkan siswa yng mempunyai kesulitan membaca bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menyesuaikan ukuran teks bacaan sesuai yang dengannya kenyamanan orang-orang.
Hasil penelitian di atas setidaknya memperlihatkan bahwasanya e-book mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan yang dengannya buku fisik pada biasanya. Kelebihannya mampu dilihat dari sisi fleksibilitas terhadap user (pembaca), efisiensi, serta efektifitas hasil yng didapat.
Agar hasil yng didapatkan dalam membaca e-book mampu maksimal sebagaimana membaca buku fisik, berikut beberapa saran yng butuh kamu lakukan:
Usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca teks secara utuh serta tak melompat-lompat. Kebiasaan ini umumnya terlaksana akibat dari karakteristik bacaan dari media online yng memanglah mengusung jargon “keep it short and simple”.
Usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk fokus era membaca. Jangan tergoda bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka App ataupun mengakses internet yang dengannya perangkat kamu disaat kamu sedang membaca e-book.
Jika mata kamu terasa lelah, segeralah istirahat yang dengannya menutup e-book kamu. Memang tak mampu disangkal, membaca teks di layar monitor ataupun LCD membuat mata serta otak cepat lelah bila dibandingkan yang dengannya membaca teks pada buku fisik. Jadi, kamu Perlu pandai mengatur durasi baca kamu sebaik serta senyaman mungkin agar tak menghasilkan dampak negatif terhadap kebugaran atau kesehatan mata. Ahmad Mujib Rabu, 17 Februari 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/kelebihan-membaca-e-book-dibanding-buku-fisik.html

Seputar Kelebihan Membaca Buku Elektronik (E-book) dibandingkan Buku Fisik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kelebihan Membaca Buku Elektronik (E-book) dibandingkan Buku Fisik