Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Munasabah al-Quran

- 22.26

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Munasabah al-Quran

 
Pengertian Ilmu Munasabah al-Quran
Secara harfiah, kata munasabah berguna perhubungan, pertalian, pertautan, persuaian, pertautan, persesuaian, kecocokan dan kepantasan. Kata al-munasabah merupakan sinonim kata al-muqarabah dan al-musyakalah, yng masing-masing berguna berdekatan dan persamaan. Simak pun Ushul Fiqh: Pengertian, Objek Kajian, Fungsi, dan Tujuan Mempelajarinya
Adapun yng dimaksud yang dengannya munasabah dalam terminologi para ahli Ilmu Al-Quran sesuai yang dengannya pengertian harfiahnya di atas adalah segi-segi hubungan ataupun persesuaian Al-Quran antara bagian demi bagian dalam aneka macam bentuknya. Yang dimaksud yang dengannya segi hubungan ataupun persesuaian adalah seluruh pertalian yng merujuk kepada makna-makna yng mempertalikan satu bagian yang dengannya bagian yng lain.
Sedangkan yng dimaksud yang dengannya bagian demi bagian merupakan misalnya antara kata/kalimat yang dengannya kata/kalimat yng lain, antara ayat yang dengannya ayat, antara awal surat yang dengannya akhir surat, antara surat yng satu yang dengannya surat yng lain, dan begituah seterusnya sampai-sampai benar-benar tergambar bahwasanya Al-Quran adalah satu kesatuan yng utuh dan menyeluruh (holistik).
Fungsi Ilmu Munasabah
Apa fungsi ilmu munasabah itu? Manna Al-Qathan mendeskripsikan fungsi munasabah menjdai alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguak kekuasaan makna dan kemu’jizatan Al-Quran dalam segi balagahnya. Di samping itu, munasabah dijadikan kaca mata bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat untaian yng teratur dari firman Allah dan keindahan uslub-uslub Al-Quran.
Az-Zarkasi lebih jauh menerangkan bahwasanya fungsi munasabah merupakan menggabungkan bagian-bagian kalimat yng lain menjadikan tampak adanya keterkaitan antara keduanya. Adapun Al-Qadhi Abu Bakar bin Al-Arabi menjelaskan bahwasanya mengaitkan sebagian yang dengannya sebagian yng lain dari Al-Quran, menjadikan tampak semisal satu kalimat dan satu susunan.
Manfaat Mempelajari Ilmu Munasabah
Ilmu yng berkaitan yang dengannya penggalian makna al-Quran telah pasti memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelajari. Adapun di antara manfaat mengkaji ilmu munasabah adalah menjdai berikut:
  1. Dapat mengembangkan sementara anggapan orang yng menganggap bahwasanya tema-tema al-Quran kehilangan relevansinya antara satu bagian yang dengannya bagian yng lain-lainnya.
  2. Mengetahui persambungan ataupun hubungan antara bagian al-Quran, baik antar ayat-ayat, kalimat-kalimat, maupun surat-suratnya satu percis lain, menjadikan yang dengannya bantuan ilmu munasabah ini, orang akan mempunyai pengetahuan dan pengenalan yng mendalam terhadap kitab al-Quran, sekalian memperkuat keyakinan atas kewahyuan dan kemukjizatannya.
  3. Dapat diketahui tingkat dan kualitas kebalaghahan bahasa al-Quran dan hubungan kontekstual antar kalimat yng satu yang dengannya kalimat yng lain-lainnya, dan penyesuaian ayat/surat yng satu dari yng lain.
  4. Dapat membantu dalam proses penafsiran ayat-ayat al-Quran sesudah mengetahui hubungan suatu kalimat ataupun ayat yang dengannya kalimat ataupun ayat yng lain-lainnya. Baca pun Keutamaan Membaca Al-Quran dan Dzikir Menurut Al-Ghazali

Referensi:
  • Muhammad Amin Suma, Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an 3 (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2004), 143-144.
  • Rosihan Anwar, Pengantar Ulumul Quran (Bandung: Pustaka Setia, 2009), 136.
  • Hermin Agustina, http://herminagustina.blog.unissula.ac.id/2013/05/24/resume-makalah-ilmu-munasabah
Ahmad Mujib Kamis, 03 November 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/11/pengertian-fungsi-dan-manfaat-mempelajari-ilmu-munasabah-al-quran.html

Seputar Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Munasabah al-Quran

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Munasabah al-Quran