Pengertian Kata Baku dan Fungsinya

- 21.08

Pengertian Kata Baku dan Fungsinya

 
Pengertian Kata Baku dan Fungsinya - Bisa dikatakan kalau Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yng Suka kita pakai sehari-hari dalam bercakap. Di dalam berbahasa, Amat butuh memperhatikan pemakaian kata-kata yng menyusun bahasa yang telah di sebutkan. Berbahasa Indonesia yng baik dan benar yakni bahasa yng susunan kalimatnya dari kata-kata baku yng didasari ataupun sesuai yang dengannya kaidah yng telah ditentukan. Walaupun begitu memanglah kita butuh akui kalau diantara kita ada yng tidak lebih terampil dalam penggunaan kata baku dalam berbahasa Indonesia. Tahukah anda apa yng dimaksud kata baku itu? mungkin diantara kita ada yng belum tahu apa itu kata baku. Maka dari itulah dalam blog Temukan Pengertian ini kami akan membahas ihwal kata baku. Pembahasan ini terbagi menjadi 2 yakni pengertian kata baku dan fungsi kata baku. Pengertian Kata Baku dan Fungsinya Pengertian Kata Baku
Apa itu kata baku? Kata baku merupakan kata yng tata cara pengucapan dan penulisan sesuai kaidah ataupun ketetapan standar yng telah dibakukan. Kaidah standar yng sudah dibakukan maksudnya yakni berupa pedoman EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam berbahasa Indonesia, tata bahasa baku, dan kamus umum. Kamus bahasa Indonesia dalam hal ini mampu dijadikan menjdai rujukan agar bisa mengetahui bahasa baku. Sifat yng dimiliki ragam kata baku yakni memiliki ketetapan yng dinamis, maksudnya yakni mempunyai kaidah dan peraturan standar bahasa. Dalam situasi yng resmi kata baku Suka dipakai, misalnya dalam berpidato, seminar, karya ilmiah dan lain-lain.
Istilah kata standar ataupun kata baku kemunculannya mampu ditelusuri dari perkembangan sejarah bahasa yng menunjukan kalau ragam orang yng berpendidikan memperoleh wibawa dan gengsi yng tinggi.
Kemudian ragam itulah yng dijadikan menjdai tolak ukur bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan bahasa yng baik dan benar. Berikut ini merupakan ciri-ciri yng terdapat dalam kata baku:
- Kata baku tak dipengaruhi bahasa asing.
- Kata baku tak dipengaruhi bahasa daerah.
- Kata baku mempergunakan imbuhan secara eksplisit.
- Kata baku tak adalah bahasa pasar.
- Kata baku tak memicu kata ataupun kalimat rancu.
- Penggunaan kata baku sesuai yang dengannya konteks kalimat.
- Kata baku tak memicu hiperkorek.
- Kata baku tak memicu pleonasme.
Fungsi Kata Baku
Fungsi kata baku secara umum dalam bahasa yakni semisal yang akan di sajikan kali ini:
- Sebagai kerangka acuan, maksudnya yakni kata-kata baku dijadikan menjdai patokan ataupun acuan benar ataupun tidaknya bahasa yng dipakai oleh seseorang.
- Sebagai pembawa kewibawaan, penerapan kata bakau dalam sebuah bahasa mampu menunjukan kewibawaan seseorang yng mempergunakan kata baku yang telah di sebutkan.
- Sebagai pemberi kekhasan, dalam berbahasa, pembakuan kata mampu menjadikan pembeda yang dengannya kelompok pemakain bahasa yng lain.
- Sebagai pemersatu, dalam bahasa kata baku mampu mempersatukan sekeumpulan orang menjadi satu kesatuan kelompok masyarakat bahasa.
Itulah penjelasan yng bisa kami uraikan ihwal Pengertian Kata Baku dan Fungsinya, mudah-mudahan apa yng kami uraikan yang telah di sebutkan bisa memberikan manfaat kepada kamu.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/06/pengertian-kata-baku-dan-fungsinya.html

Seputar Pengertian Kata Baku dan Fungsinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Kata Baku dan Fungsinya