Tips Sukses Praktek MICRO TEACHING

- 11.50

Tips Sukses Praktek MICRO TEACHING

 
Tips Sukses Praktek MICRO TEACHING
Bagi kita yng menempuh perkuliahan di jurusan pendidikan, Micro Teaching adalah satu hal yng tak terlewatkan. Micro Teaching merupakan langkah awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengasah kompetensi kita menjdai calon guru sebelum kita benar-benar terjun melaksanakan tugas menjdai guru di lembaga pendidikan (sekolahan).Berdasarkan pengalaman menjdai mahasiswa jurusan pendidikan, saya pun pernah praktik Mikro Teaching. Dari situ, tidak banyak tidak sedikit saya memperoleh pelajaran, kritik, saran, serta tentunya pengalaman baru ihwal dunia mengajar. Akan namun Micro Teaching sifatnya hanyalah simulasi, berbeda yang dengannya REAL Teaching, di mana kita terjun langsung mengajar siswa di sekolah. Anda tak butuh kaget andai kondisi yng kamu alami era praktik Mikro Teaching yang dengannya kondisi disaat kamu benar-benar mengajar di lapangan.
Sumber gambar: pixabay.com

Micro Teaching merupakan semacam diklat di mana kita melaksanakan kegiatan mengajar secara simpel. Sebelum melaksanakan praktek Micro Teaching, kita diharuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun RPP ataupun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran simpel bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ataupun dua pertemuan yang dengannya alokasi waktu sekitar 30 menit setiap pertemuan, bergantung kebijakan dosen ataupun pihak penyelenggara.
RPP umumnya disesuaikan yang dengannya silabus kurikulum yng sedang berlaku. Dengan kata lain, kalau era ini kita mempergunakan Kurikulum 2013, maka RPP yng disusun bagi atau bisa juga dikatakan untuk Micro Teaching pun didasari kurikulum yang telah di sebutkan. Namun mampu pun kita mempergunakan dua model kurikulum sekalian, yakni KTSP serta kurikulum 2013 dalam dua pertemuan Micro Teaching yng berbeda.
Adanya kegiatan Micro Teaching setidaknya didasari oleh asumsi bahwasanya sebelum guru melaksanakan tugas mengajar dalam skala yng lebih besar serta kompleks, maka butuh dibuat semacam simulasi simpel bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan seseorang (calon guru) dalam melaksanakan proses mengajar.
Setidaknya ada dua hal penting yng butuh diperhatikan agar kita bisa melaksanakan kegiatan Mikro Teaching yang dengannya baik. Dua hal yang telah di sebutkan adalah menjdai berikut:
1. Menyusun Lesson Plan ataupun RPP
RPP adalah bentuk pengembangan ataupun spesifikasi dari suatu materi pokok dalam silabus kurikulum. Buatlah RPP yng sesuai prosedur kurikulum yng dipilih. Karena kurikulum yng berbeda, secara otomatis berimplikasi pada pola pengembangan RPP yng berbeda juga.
2. Penguasaan keterampilan mengajar
Sebelum kita melaksanakan MicroTeaching, diasumsikan bahwasanya kita sudah mengkaji teori-teori yng berkaitan yang dengannya keterampilan belajar-mengajar. Pada era Mikro Teaching ini dia kita akan mengaplikasikan keterampilan yang telah di sebutkan. Beberapa keterampilan yng akan menentukan kualitas Micro Teaching yng kita lakukan merupakan: apersepsi, pemanfaatan media pembelajaran, kemampuan bertanya, menjelaskan materi pelajaran, memotivasi siswa, penggunaan metode pembelajaran, kemampuan interaksi baik secara verbal ataupun non-verbal, melakukan penilaian, serta menutup proses pembelajaran.
Apa Tujuan Micro Teaching?
Segala sesuatu tentu yng dilaksanakan tentulah mempunyai tujuan yng hendak dicapai. Adapun tujuan dilaksanakannya Micro Teaching di antaranya adalah menjdai berikut:
  1. Mengembangkan sikap introspeksi diri serta kepekaan dalam menilai kelebihan serta kekurangan orang lain.
  2. Memupuk rasa percaya pada diri serta sifat terbuka atas aneka macam kritik, saran, serta pertanyaan dari orang lain
  3. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keterampilan belajar-mengajar.
  4. Mengetahui apa saja kekurangan yng di lakukan dalam proses belajar-mengajar serta bagaimana memperbaiki kekurangan yang telah di sebutkan.
  5. Memungkinkan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk merancang model cara mengajar.
  6. Memberikan gambaran ihwal bagaimana membuat model belajar-mengajar yng baik
  7. Menjadi lahan percobaan bagi penelitian serta pengembangan system ataupun metode baru dalam proses pembelajaran
  8. Memberi peluang pendekatan analistis mengenai ketrampilan serta taktik mengajar.
Ahmad Mujib Minggu, 22 Maret 2015 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2015/03/tips-sukses-praktek-micro-teaching.html

Seputar Tips Sukses Praktek MICRO TEACHING

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Sukses Praktek MICRO TEACHING