Inilah yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca Tulisan Fiksi

- 12.35

Inilah yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca Tulisan Fiksi

 
Membaca goresan pena fiksi menjadi kegemaran tersendiri bagi sebagian orang. Di samping gaya bahasa serta kosakata yang tak “berat” layaknya goresan pena non-fiksi, sebuah karya fiksi lebih terfokus pada menyentuh mental ataupun emosi pembaca. Sebuah penelitian yang di lakukan di Lab. Kognisi Dinamis Universitas Washington yang lantas diterbitkan di jurnal Psychological Science, menemukan bahwasanya disaat seseorang membaca goresan pena fiksi, secara mental orang-orang menstimulasikan setiap situasi baru yang orang-orang temukan dalam alur ceritanya. Mereka menangkap detail sensasi serta aksi dari teks fiksi yang dibaca lantas diasosiasikannya yang dengannya pengetahuan personal dan pengalaman pribadi di masa lampau.
Nicole Speer menjdai ketua tim penelitian yang telah di sebutkan mengungkapkan bahwasanya membaca sebuah teks secara mendalam adalah sebuah tindakan aktif. Dalam hal ini, bagian otak seseorang yang diaktifkan disaat ia membaca, seringkali merefleksikan bagian otak yang digunakannya ketiak ia melakukan, mengamati, ataupun membayangkan aktifitas yang percis dalam dunia nyata.
Ilustrasi: Pixabay.com
Ikatan yang terjalin antara seorang pembaca serta penulis semisal simbiosis mutualisme di mana keduanya saling berkontribusi satu percis lain. Teks yang ditulis oleh penulis memiliki fungsi layaknya katalis di pikiran pembaca, di mana bisa memperluas wawasan, persepsi, asosiasi, serta pengetahuan yang baru.
Pembaca yang cerdas, penuh perhatian, dan kritis adalah motivasi tersendiri bagi seorang penulis bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus berkarya. Pembaca yang cerdas pada akhirnya akan hingga pada titik kesepemahaman yang dengannya sang penulis atas makna dibalik kata-kata yang ditulisnya.
Dalam sejarah tradisi sastra di dunia, buku menjadi wadah sarana bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhubungan intim antara pembaca serta penulis. Tanpa buku, tidak akan terlahir karya-karya sastra kelas dunia yang hingga era ini masih bisa kita nikmati.
Semenjak Gutenberg menemukan mesin cetak, bahasa (lebih-lebih bahasa inggris) mengalami perkembangan yang Amat pesat. Para penulis berlomba-lomba bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkarya yang dengannya mencoba mengungkapkan ide, gagasan, serta emosi yang dengannya gaya bahasa yang lebih indah, terang, serta orisinil. Hingga lahirlah jutaan karya fiksi yang hingga saat ini masih terus berkembang. [Dikutip dari buku Karya Nicolas Carr berjudul The Shallows: What the Internet is doing to our brain, w.w. Norton & Company, New York, terj. Rudi Atmoko] Ahmad Mujib Senin, 17 Oktober 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/10/inilah-yang-terjadi-pada-otak-kita-saat-membaca-fiksi.html

Seputar Inilah yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca Tulisan Fiksi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca Tulisan Fiksi