8 Kriteria Skill Literasi Informasi Ini Harus Anda Kuasai

- 20.16

8 Kriteria Skill Literasi Informasi Ini Harus Anda Kuasai

 
Kemampuan Literasi Informasi menjdai sebuah Skill pengertiannya merupakan kemampuan yng ada dalam diri seseorang yang dengannya indikator-indkator tertentu. Adapun seseorang bisa dikatakan sudah mempunyai Skill Literasi Informasi didasari CILIP (Chartered Institute Library and Information Profesionals) andaikan bisa memenuhi kriteria-kriteria berikut: Apa sih Literasi itu?
#1. Kebutuhan akan sebuah Informasi
Mengetahui bahwasanya sebuah berita memanglah dibutuhkan; mengerti kenapa sebuah berita dibutuhkan, apakah (serta berapa tidak sedikit; apa saja jenisnya) berita dibutuhkan. Serta mengetahui bahwasanya Informasi tersedia secara luas dalam aneka macam format di aneka macam wilayah geografis serta malah virtual. Informasi mampu tersedia dalam bentuk cetak, digital, ataupun media lain semisal radio serta film.

#2. Memahami ketersediaan Informasi
Mampu mengidentifikasi sumber berita yng tersedia bagi atau bisa juga dikatakan untuk digali, di mana tempatnya, bagaimana cara mengaksesnya, kelebihannya, serta kapan seharusnya kita mempergunakan sumber berita itu. Hal ini butuh pengetahuan ihwal tipe-tipe sumber berita, apakah sifatnya manual-cetak ataupun digital, dan mengetahui perbedaan-perbedaannya. Contohnya:
  • Sebuah tulisan atau artikel jurnal, yng mungkin tersedia dalam versi cetak, menjdai bagian dari e-journal.
  • Tidak seluruh mesin pencari di internet (google, bing, ask, dll.) memberikan fasilitas pencarian berita yng percis.
  • Website perusahaan, hasil laporan penelitian pasar, ataupun website statistika nasional yng menyajikan berita berbeda.
Akses ke beberapa sumber berita kadang bergantung pada siapa serta di mana kita.
#3. Memahami bagaimana cara menemukan berita
Kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari sumber berita yng semestinya secara efektif serta mengidentifikasi berita yng relevan. Dibutuhkan beberapa taktik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sebuah sumber berita menjadi berguna serta bermanfaat. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yng paling baik dari sumber yang telah di sebutkan, seorang user Perlu merespon secara tepat hasil pencariannya serta tau kapan dia Perlu berhenti mencari.
#4. Memahami kebutuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengevaluasi hasil
Mampu mengevaluasi berita dalam hal otentisitas (keasliannya), akurasi, manfaatnya, serta lain-lain.
#5. Memahami bagaimana cara bekerja yang dengannya hasil pencarian berita
Menganalisa serta bekerja yang dengannya berita bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan hasil yng akurat, hasil penelitian yng baik, ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan pengetahuan serta pengertian baru. Simak pun Membangun Budaya Literasi Sejak Dini Bersama MBC
#6. Memahami etika serta tanggungjawab dalam mempergunakan berita
Mengetahui kenapa sebuah berita Perlu dipakai secara bertanggungjawab. Hormati keyakinan serta selalu berikan ‘kredit’ atas pekerjaan ataupun karya orang lain.
#7. Mengerti bagaimana cara mengomunikasikan ataupun membagikan kembali penemuannya
Kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkomunikasi ataupun share berita ke dalam format berita yng semestinya, sesuai yang dengannya target audien serta situasi.
#8. Tau bagaimana bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan serta mengelola berita yng diperoleh mempergunakan metode paling efektif. Merefleksikan secara kritis pada proses serta hasil.
Itulah setidaknya delapan kriteria literasi berita yng di era ini Perlu dikuasai oleh setiap orang. Setiap era serta dari segala penjuru kita dibombardir oleh arus berita yng tidak terbendung. Tanpa kemampuan literasi berita yng baik, akan terlalu tidak sedikit berita yng akan menyampah di otak kita serta mengurangi pikiran produktifitas kita. Baca pun Pengertian Literasi Infornasi Menurut Para Ahli
Berbagai konflik serta huru-hara yng terlaksana di negara kita akhir-akhir ini satu dari sekian banyaknya penyebabnya pendapat dari saya lantaran lemahnya skill literasi berita di kalangan masyarakat kita. Mereka semisal buih di lautan, yng gampang sekali terbawa serta terombang-ambing oleh arus berita dari media yng menebarkan propaganda pemecah persatuan bangsa. Oleh lantaran itulah, menjdai generasi bangsa yng cerdas, kita jangan terima kalau diri kita ini bodoh, apalagi dibodohi orang bodoh. Ahmad Mujib Rabu, 26 Oktober 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/10/8-kriteria-skill-literasi-informasi.html

Seputar 8 Kriteria Skill Literasi Informasi Ini Harus Anda Kuasai

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 8 Kriteria Skill Literasi Informasi Ini Harus Anda Kuasai