Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya

- 13.32

Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya

 
Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya – Tahukah anda apa itu majas hiperbola? Majas hiperbola adalah majas yng umum di kenal dalam pelajaran bahasa Indonesia. Materi Majas hiperbola telah diajarkan sejak mulai SD, SMP, SMA sampai-sampai ke perguruan tinggi. Tentunya kami meyakini kalau diantara anda sekalian pernah mengkaji majas hiperbola. Seperti majas pada biasanya, kegunaan majas hiperbola yakni Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun/ merangkai kalimat sebuah karya sastra agar bisa gaya bahasa karya sastra menjadi lebih indah. Karena itulah dalam membuat sebuah karya sastra kita butuh memahami yang dengannya baik apa itu majas hiperbola. Dalam blog Temukan Pengertian ini kami akan membahas secara rinci ihwal majas hiperbola. Pembahasan ihwal majas hiperbola ini akan kami bagi menjadi 2 bagian yakni bagian pertama ihwal pengertian majas hiperbola dan bagian ke dua ihwal semisal majas hiperbola.
Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya

Pengertian Majas Hiperbola

Pengertian majas hiperbola merupakan majas yng membesar-besarkan sesuatu hal ataupun memiliki kandungan sebuah pernyataan yng berlebih-lebihan. Dalam arti yng lebih rinci, Majas Hiperbola merupakan majas yng membesar-besarkan ataupun melebihkan-lebihkan suatu hal dari apa yng sebetulnya yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kesan, memperhebat, daya pengaruh, baik ukuran, jumlah maupun sifat-sifatnya. Tidak cuma dalam sebuah karya sastra saja kita menjumpai majas hiperbola, akan tetapi tanpa kita menyadarinya dalam percakapan sehari-hari kita Suka mempergunakan majas hiperbola. Pesan yng akan disampaikan mampu saja biasa-biasa saja namun akan terasa lebih wah andaikan kalimat yng disusun sedemikian rupa mempergunakan majas hiperbola. Dalam bercerita suatu hal sengaja diberikan kesan Amat berlebih-lebihan/ hiperbola yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik perhatian pendengar maupun pembaca.
Baca pun Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Hiperbola

Supaya lebih memahami ihwal majas hiperbola, butuh kamu perhatikan beberapa semisal majas hiperbola dibawah ini.
Contoh Majas Hiperbola ke-1:
"Tumpukan sampah di kota Jakarta itu setinggi gunung"
Kata “setinggi gunung” dalam kalimat yang telah di sebutkan adalah kata yng melebih-lebihkan tumpukan sebuah sampah, menjadikan disebut majas hiperbola.
Contoh Majas Hiperbola ke-2:
"Suara teriakanmu mengguncangkan dunia"
Kata “mengguncangkan dunia” adalah kata yng berlebih-lebihan lantaran bunyi teriakan orang tak hingga mengguncangkan dunia. Jadi semisal kalimat yang telah di sebutkan adalah majas hiperbola.
Contoh Majas Hiperbola ke-3:
"Korban pembunuhan itu darahnya membanjiri tanah"
Disebut majas hiperbola lantaran terdapat kata yng berlebih-lebihan yakni pada kata “membanjiri tanah”.
Contoh Majas Hiperbola ke-4:
"Setelah naiknya harga Bahan Bakar Minyak harga beras mencekik leher"
Dalam semisal yang telah di sebutkan disebut majas hiperbola lantaran terdapat kata “mencekik leher” yng memberikan kesan yng berlebih-lebihan.
Baca pun tulisan atau artikel: Pengertian Majas Metafora dan Contohnya
Demikian penjelasan yng bisa kami bagikan ihwal Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya, mudah-mudahan memberikan manfaat dan gampang dipahami.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/05/pengertian-majas-hiperbola-dan-contohnya.html

Seputar Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya