Dunia Penjara Orang Mukmin dan Surga Orang Kafir

- 21.12

Dunia Penjara Orang Mukmin dan Surga Orang Kafir

 
Ibnu Hajar rahimahullah dulu merupakan seorang hakim besar Mesir di masanya. Beliau andai pergi ke tempat kerjanya berangkat yang dengannya naik kereta yng ditarik oleh kuda-kuda ataupun keledai-keledai dalam sebuah arak-arakan. Pada suatu hari beliau yang dengannya keretanya melewati seorang yahudi Mesir. Si yahudi itu merupakan seorang pedagang minyak. Sebagaimana kebiasaan tukang minyak, si yahudi itu pakaiannya kotor.
Melihat arak-arakan itu, si yahudi itu menghadang dan menghentikannya. Si yahudi itu mengatakan kepada Ibnu Hajar: “Sesungguhnya Nabi kalian berkata: ” Dunia itu penjaranya orang yng beriman dan surganya orang kafir." (HR.Muslim)

Namun mengapa engkau menjdai seorang beriman menjadi seorang hakim besar di Mesir, dalam arak-arakan yng mewah, dan dalam kenikmatan semisal ini. Sedang aku -yang kafir- dalam penderitaan dan kesengsaran semisal ini.”
Maka Ibnu Hajar menjawab: “Aku dengan keadaanku yang penuh dengan kemewahan dan kenikmatan dunia ini bila dibandingkan dengan kenikmatan surga adalah seperti sebuah penjara. Sedang penderitaan yang kau alami di dunia ini dibandingkan dengan adzab neraka itu seperti sebuah surga.”
Maka si yahudi itupun lantas langsung mengucapkan syahadat, dan tanpa berpikir panjang langsung masuk Islam.
Imam An-Nawawi menjelaskan hadits ini: “Dunia itu penjaranya orang yng beriman dan
surganya orang kafir.” Beliau mengatakan:
“Maknanya, bahwasanya setiap mukmin itu dipenjara dan dilarang di dunia ini dari kesenangan-kesenangan dan syahwat-syahwat yng diharamkan dan dibenci. Dia dibebani bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan ketaatan-ketaatan yng terasa berat. Jika dia meninggal dia akan beristirahat dari hal ini. Dan dia akan berbalik kepada apa yng dijanjikan Allah berupa kenikmatan kekal dan kelapangan yng bersih dari cacat.
Sedangkan orang kafir, dia cuma akan memperoleh dari kesenangan dunia yng dia peroleh, yng jumlahnya tidak banyak dan bercampur yang dengannya kesusahan dan penderitaan. Dan bila dia sudah mati, dia akan pergi menuju siksaan yng kekal dan penderitaan yng selama-lamanya.” [Syarah Shohih Muslim No. 5256] Ahmad Mujib Kamis, 22 Desember 2016 Keislaman

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/12/dunia-penjara-orang-mukmin.html

Seputar Dunia Penjara Orang Mukmin dan Surga Orang Kafir

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Dunia Penjara Orang Mukmin dan Surga Orang Kafir