Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya

- 10.08

Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya

 

Artikel terkait : Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya

Pengertian zoologi yakni sebuah cabang biologi di dalamnya mengkaji fungsi, struktur, evolusi dan prilaku dari hewan. Adapun ilmu yng mencakup zoologi yaitu anatomi perbandingan, biologi molekular, psikologi hewan, biologi evolusioner, ekologi perilaku, paleontologi dan taksonomi. Adapun kajian ilmiah dari ilmu zoologi ini dimulai pada abad ke-16. Pengetahuan mengenai ilmu zoologi ini memanglah Amat penting, dimana hewan sendiri mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menambah makanan dan dijadikan penanda menuju sumber air.
Pengertian zoologi,pengertian botani,pengertian ekologi,pengertian genetika,pengertian entomologi,pengertian virologi,pengertian mikrobiologi,pengertian sitologi,pengertian embriologi,pengertian,
Baca pun : Pengertian Zaman Neolitikum dan Ciri-Cirinya

Berdasarkan pengertian zoologi yang telah di sebutkan diatas, bisa disimpulkan dimana cabang ilmu biologi yang telah di sebutkan Amat erat hubungannya yang dengannya spesifikasi dari hewan yng wajib dikaji. Kajian yng diperoleh sendiri nantinya dimanfaatkan dalam banyak sekali kebutuhan. Seperti pada bagian kedokteran, bidang pertanian, kebugaran atau kesehatan dan lain sebagainya. Berdasarkan pengertian diatas, zoologi memiliki cabang ilmu yng wajib diketahui menjdai berikut:
1. Malakologi Merupakan sebuah cabang zoologi mengkaji ihwal seluruh aspek ke hidup-an hewan moluska. Seperti pengetahuan dasar, bidang budidaya dan terapan.
2. Nematologi Merupakan cabang ilmu biologi yng mengkaji mengenai cacing giling ataupun nematoda, yaitu adalah kelompok dari invertebrata yang dengannya beberapa bagian dari anggotanya menjdai parasit yng penting pada bagian ilmu pertanian, kebugaran atau kesehatan dan kedokteran.
3. Iktiologi Merupakan cabang ilmu zoologi mengkaji mengenai ke hidup-an ikan. Akan namun cabang dari ilmu yang telah di sebutkan menitik beratkan dalam budidaya dan bidang patologi. Sebanyak 25.000 ikan didapati dan pun diidentifikasi. Di tiap tahunnya ilmuwan sendiri mengumumkan sebanyk 250 spesies dari ikan baru. Dalam penerapan cabang dari ilmu iktiologi berkaitan yang dengannya biologi kelautan, oseanografi, dan limnologi.
4. Herpetologi Merupakan cabang ilmu zoologi sendiri mengkaji mengenai ke hidup-an amphibia dan reptilia. Adapun objek kajian sendiri yng dipakai yakni jenis hewan berdarah dingin dan berkaki empat. Adapun ilmu dari cabang yang telah di sebutkan makin tidak sedikit yng dipelajari karena kebanykan reptil kini menjadi binatang peliharaan. Di samping itu, adapun kedua kelompok dari hewan yang telah di sebutkan mampu menghasilkan racun bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan menjdai bahan utama pada penyakit stroke dan penyakit jantung.
5. Entomologi Merupakan ilmu yng berhubungan yang dengannya serangga, dimana pengertiannya yakni sebuah cabang ilmu yng berhubungan yang dengannya arthropoda. Adapun misalnya luwing, laba-laba dan kerabatnya.
6. Ornitologi Merupakan sebuah cabang ilmu dari zoologi yng sudah mengkaji ihwal seluruh aspek dari burung. Adapun cabang ilmu yng satu ini lebih menitikberatkan terhadap kemampuan melihat lebih tinggi dan proses pendekatan dari burung secara estetis.
7. Paleozoologi Merupakan sebuah cabang ilmu paleobiologi yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkaji ihwal menemukan dan mengidentifikasi jenis fosil dari hewan yng memiliki sel tidak sedikit. Adapun fosil yang telah di sebutkan akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk rekonstruksi lingkungan dan ekologi prasejarah.
8. Primatologi Merupakan sebuah cabang dari ilmu zoologi dimana mengkaji mengenai ke hidup-an dari primata selain kita-kita. Contohnya kera, monyet maupun kerabatnya.
Di samping cabang ilmu diatas, mamologi pun salah satunya ke dalam ilmu cabang zoologi dimana mengkaji mengenai mamalia. Selain itu, mamologi pun dikenal menjdai therologi ataupun mastologi. Adapun mamologi masih bisa dibagi kembali menjadi ilmu cabang yng lain-lainnya, yaitu primatologi dan cetologi. Demikianlah analisis mengenai pengertian zoologi dan cabang ilmu yng dimilikinya.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/03/pengertian-zoologi-dan-penjelasan.html

Seputar Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya