Pengertian mitokondria dan fungsinya

- 19.12

Pengertian mitokondria dan fungsinya

 
Mitokondria mampu dilukiskan menjdai sebuah pabrik energi sel. Dalam menjalankan seluruh aktivitasnya sel memerlukan suatu energi. Mitokondrialah yng memiliki peran besar dalam menyuply energi itu. Pada tulisan atau artikel ini kami akan menguraikan secara rinci mengenai mitokondria. Uraian ini diawalai yang dengannya uraian secara umum mitokondria sel yakni terdiri dari bentuk, ukuran dan fungsi mitokondria. Selain itu pun kami lampirkan gambar mitokondria agar bisa lebih terang dalam memahami bentuk dan bagian-bagian mitokondria.

Pengertian Mitokondria Sel

Tahukah anda apa yng dimaksud mitokondria? Mitokondria yakni sebuah organel sel. Istilah mitokondria ini berasal dari bahsa yunani mitos yng pengertiannya “benang” dan chondros yng pengertiannya “butir”. Pemberian nama mitokondria yang telah di sebutkan menggambarkan kalau organel ini mirip semisal benang andai di lihat yang dengannya mikroskop cahaya. Mitokondria merupakan organel sel yng memiliki bentuk bulat panjang semisal cerutu dan berukuran sekitar 0,3 – 0,4 mikron. Mitokondria bias dijumpai di seluruh sel eukariotik, paling tidak sedikit bias didapati dalam sel-sel yng aktivitas metaboliknya tinggi, dan letaknya di dalam sitoplasma, tepi sel dan nukleus. Adanya mitokondria di dalam sitoplasma itu berkaitan yang dengannya fungsi mitokondria menjdai pembuat dan pemberi energi. Secara relative setiap sel memiliki jumlah mitokondria yng berbeda. Contohnya, sel hewan memiliki kandungan mitokondria yng lebih tidak sedikit andaikan dibandingkan yang dengannya sel tumbuhan. Pengertian mitokondria dan fungsinya
Mitokondria memiliki membran ganda yaitu membran dalam yng terlipat secara ekstensif dan membrane luar yng halus membentuk perbatasan luar. Krista/ ataupun lipatan-lipatan yang telah di sebutkan menjulur ke dalam bagian organel. Di dalam mitokondria terdapat zat antara ataupun matrik yng memiliki kandungan beberapa enzim yng bisa memungkinkan berlangsungnya siklus asam sitrat (siklus kreb’s), lebih-lebih pada enzim ATP Synthetase dan Energi. Selain itu matriks ini pun memiliki kandungan protein, lipida,ribosom, granula-granula tertentu, dan DNA. Sejumlah Enzim tadi memiliki keterkaitan pemecahan sistemik molekul organik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu menghasilkan energi sel. Sedangkan fungsi DNA dalam mitokondria yakni mengatur sintesis protein dalam ribosom dan sitoplasma.
Fungsi Mitokondria
Fungsi mitokondria yakni menjdai power house of cell/ pusat pembangkit tenaga dari sel, semisal proses respirasi aerob yng mempergunakan oksigen bisa menghasilkan ATP. Selain itu fungsi mitokondria merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sintesis lipid pada matriks mitokondria. Fungsi lain dari mitokondria yakni berfungsi dalam oksidasi makanan, fosforilasi oksidatif, system transfer electron dan dehidrogenasi.
Demikian penjelasan yng bisa kami berikan mengenai mitokondria dan fungsinya, mudah-mudahan penjelasan yang telah di sebutkan bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/09/pengertian-mitokondria-dan-fungsinya.html

Seputar Pengertian mitokondria dan fungsinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian mitokondria dan fungsinya