Penyebab Kesulitan Belajar Anak dan Cara Mengatasinya

- 03.12

Penyebab Kesulitan Belajar Anak dan Cara Mengatasinya

 

Setiap anak pasti pernah ataupun malah Suka mengalami kesulitan belajar. Terkadang anak-anak sulit menyerap materi yng disampaikan oleh guru, kesulitan membaca dan menulis, ataupun kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk fokus dan berkonsentrasi era proses belajar mengajar berlangsung.
Problem kesulitan belajar anak Perlu segera diidentifikasi, dicari penyebabnya, dan lantas cari solusi yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya. Jangan hingga guru cenderung acuh terhadap permasalahan belajar anak. Sebab kalau dibiarkan berlarut-larut, masalah kesulitan belajar ini akan berpengaruh negatif prestasi anak di masa depan.
Sedini mungkin, guru dan orang tua Perlu tanggap terhadap gejala kesullitan yng dialami anak dalam belajar. Mungkin disleksia merupakan kesulitan belajar yng paling parah, utamanya terkait menyangkut kemampuan baca-tulis anak. Namun di sisi lain, terkadang anak penyandang disleksia Amat menonjol pada bidang lain semisal menggambar ataupun membuat keterampilan-keterampilan tertentu. Baca pun Efektifitas Active Learning dalam Meningkatkan Daya Serap Peserta Didik pada Pembelajaran
Banyak sekali faktor yng memicu seorang anak mengalami kesulitan belajar. Ditinjau dari sumbernya, bisa dibedakan menjadi dua, yakni berasal dari luar dan dalam.

Faktor dalam pengertiannya berasal dari dalam diri individu anak itu sendiri. Beberapa hal dalam diri anak yng bisa menjadi penyebab kesulitan belajar antara lain: gangguan kebugaran atau kesehatan, kelainan fisik dan psikis, konsentrasi rendah, malas, dan lain-lain.
Sedangkan Faktor penyebab kesulitan belajar anak yng berasal dari luar di antaranta: lingkungan belajar yng tak nyaman dan kondusif, beban belajar yng terlalu berat, minimnya motivasi guru ataupun orangtua, terlalu Suka dimarahi/dibentak, tidak lebih perhatian, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa solusi yng bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi masalah kesulitan belajar anak di antaranya adalah menjdai berikut:
1. Gunakan Bantuan Media Pembelajaran
Sebaiknya guru mempergunakan media pembelajaran yng tepat sesuai yang dengannya karakter materi pelajaran. Media/alat pembelajaran bisa berfungsi membantu tersampainya isi materi kepada siswa secara maksimal. Di samping itu, pembelajaran pun lebih variatif, kreatif, dan tak membosankan.
2. Mengubah formasi duduk siswa
Pada kasus-kasus tertentu, merubah formasi tempat duduk bisa menaikan efektifitas proses belajar mengajar. Ada beberapa model formasi semisal bentuk U, bentuk V, formasi melingkar, setengah lingkaran, dan lain-lain, sesuaikan yang dengannya kebutuhan, mana kira-kira yng paling tepat.
3. Menciptakan lingkungan belajar yng nyaman
Guru bersama-sama anak didik mampu bekerja percis menciptakan kelas layaknya sebuah taman yng Amat nyaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar. Guru Perlu jeli melihat dan mempergunakan serta memanfaatkan hal-hal yng sekiranya mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan kenyamanan lingkungan belajar siswa-siswinya. Simak pun 5 Cara Efektif Memotivasi Semangat Belajar Siswa di Kelas
4. Les privat
Bila sekiranya dibutuhkan, orangtu mampu mengelurkan biaya tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggaji guru les privat guna mengatasi problem kesulitan belajar anak. Mungkin saja, seorang guru les privat yng punya skill dan pengalaman cukup dalam dunia pendidikan bisa mengatasi kesulitan belajar anak.
5. Motivasi dari orangtua dan guru
Tanggungjawab pendidikan anak bukan cuma milik seorang guru di sekolah, namun pun milik orangtua. Sebab pada hakikatnya orang tua pun seorang guru kultural. Keduanya tidak boleh bosan memberikan motivasi dan teladan yng positif kepada anak-anak bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus semangat dalam belajar.
6. Mengatur pola makan dan istirahat anak
Ini adalah tugas para orang tua, yaitu mengatur dan memenuhi asupan gizi demi kebugaran atau kesehatan anak-anak orang-orang. Orangtua pun butuh mendisiplinkan waktu istirahat anak agar orang-orang terbiasa hidup teratur dan disiplin. Tidak Perlu yang dengannya mengintimidasi, namun genakan cara yng sopan dan lemah lembut.
Kesimpulannya, kesulitan belajar anak mampu penyebabnya yaitu oleh faktor internal maupun eksternal. Selain banyak sekali upaya dari guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi kesulitan belajar anak di dalam kelas, peran orangtua pun Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi permasalahan ini. Karena bagaimanapun pun, keluarga merupakan lingkungan yng Amat berpengaruh dalam membentuk kepribadian dan memotivasi belajar anak. Hubungan emosional yng baik antara anak dan orangtau menjadi faktor kunci kesuskesan belajar anak. Ahmad Mujib Rabu, 26 Oktober 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/10/penyebab-kesulitan-belajar-anak-dan-cara-mengatasi.html

Seputar Penyebab Kesulitan Belajar Anak dan Cara Mengatasinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyebab Kesulitan Belajar Anak dan Cara Mengatasinya