Sudahkah Anda Menjadi Seorang Pendengar yang Baik?

- 01.18

Sudahkah Anda Menjadi Seorang Pendengar yang Baik?

 
Banyak orang yang pandai berbicara yang dengannya gaya serta retorika yang baik, namun di sisi lain ia tak menjadi seorang pendengar yang baik. Terkadang kita pun pun begitu, Suka memotong pembicaraan orang lain serta cenderung bagi atau bisa juga dikatakan untuk self-oriented ataupun menonjolkan diri sendiri era berbicara yang dengannya siapapun. Tentu hal semisal itu membuat lawan bicara kita terasa tak nyaman. Oleh karenanya, telah seharusnya kita memperhatikan yang dengannya sungguh-sungguh era ada orang lain yang berbicara kepada kita.
Barangkali kita pernah punya pengalaman bertemu yang dengannya seseorang serta kebetulan terlibat pembicaraan dengannya. Dari bagaimana cara orang itu bersikap era kita berbicara dengannya, akan menentukan kesan kita terhadapnya. Bisa jadi kesan tak baik muncul dalam benak kita lantaran orang itu tak memperhatikan era kita bicara ataupun mungkin Suka memotong pembicaraan kita.

Ada sebagian orang yang berkecenderungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperhatikan apa yang akan serta sedang dia ucapkan, sementara itu ia tak mau memperhatikan apa yang diucapkan oleh orang lain. Padahal ada yang mengatakan bahwasanya dasarnya memang sebagian besar orang lebih menghargai seorang pendengar yang baik daripada pembicara yang baik.
Orang belum mampu menjadi pendengar yang baik mampu jadi lantaran egonya yang terlalu berlebihan, menjadikan ia berpandangan bahwasanya cuma dialah yang pantas bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbicara serta diperhatikan apa yang dibicarakannya. Rasa keakuan yang terlalu bersar, ditambah yang dengannya keadaan psikologis yang belum cukup dewasa, membuat seseorang selalu ingin mendominasi dalam segala keadaan, salah satunya dalam hal pembicaraan.
Menjadi pendengar Amat penting dalam ke hidup-an kita. Selama kita masih hidup serta berinteraksi sosial yang dengannya orang lain, menjadi pendengar yang baik adalah suatu keniscayaan. Baik disaat berinteraksi antar orang perseorangan maupun kelompok.
Untuk menjadi seorang pendengar yang baik, kita Perlu memahami sebuah prinsip “perhatikanlah orang lain sebagaimana kita ingin diperhatikan.” Kalau kita sadar bahwasanya tak diperhatikan itu rasanya tak enak, ya jangan memperlakukan orang lain semisal itu. intinya, perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan, serta jangan memperlakukan orang lain yang dengannya perlakuan yang andaikan kita diperlakukan semisal itu kita tak menyukai/membencinya. So, are you ready to be a good listener? :) Ahmad Mujib Senin, 17 Oktober 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/10/jadi-pendengar-yang-baik.html

Seputar Sudahkah Anda Menjadi Seorang Pendengar yang Baik?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sudahkah Anda Menjadi Seorang Pendengar yang Baik?