Model Pembelajaran Advance Organizers

- 11.12

Model Pembelajaran Advance Organizers

 
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran ada ramai sekali model pembelajaran yng mampu kita aplikasikan, di antaranya merupakan model pembelajaran advance organizers. Dilihat dari namanya mungkin masih asing, akan tetapi yng terang, model pembelajaran ini memberikan perhatian mengenai bagaimana cara guru mengorganisasikan serta memberikan materi kepada siswa agar lebih efisien serta bermakna melalui upaya pengorganisasian materi sebelumnya yang dengannya materi sesudahnya.
Adalah David Ausubel, seorang psikolog pendidikan dari Amerika yng terlahir pada tahun 1918 menjdai tokoh yng mempelopori model pembelajaran advance organizers. Dia menaruh minat yng cukup besar dalam bidang psikologi pendidikan yng di antaranya dibuktikan yang dengannya ditulisnya lebih dari 150 tulisan atau artikel dalam bidang psikologi pendidikan. Kontribusi Ausubel dalam bidang psikologi pendidikan cukup besar.

Menurutnya, satu dari sekian banyaknya faktor penting dalam proses pembelajaran merupakan pengetahuan siswa mengenai materi yng sudah dipelajari sebelumnya. Dengan demikian, guru selanjutnya butuh melakukan proses transfer serta pengorganisasian pengetahuan kepada para siswa sesuai yang dengannya pengetahuan yng sebelumnya sudah siswa pelajari. Dengan kata lain, pengetahuan guru mengenai apa saja materi yng telah dipelajari oleh siswanya, Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan data dalam merumuskan perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran selanjutnya.
Ruth Calvin Clark,dalam bukunya yng berjudul Building Expertise mendefinisikan model pembelajaran advance organizer menjdai proses penyampaian berita dalam bentuk kata/goresan pena ataupun gambar visual yng sudah dipelajari siswa ke dalam materi pelajaran di mana keduanya mampu menghidupkan kembali ingatan siswa mengenai materi sebelumnya, menjadikan hal itu bisa dimanfaatkan siswa bagi atau bisa juga dikatakan untuk diintegrasikan yang dengannya berita baru yng diterima.
Menurut Ausubel, model pembelajaran advance organizerdapat ditipologikan ke dalam dua jenis, yaitu comparative organizer serta expository organizer. Comparative organizer ini secara simpel bisa diartikan menjdai seni manajemen membangunkan kembali ingatan siswa yang dengannya cara membandingkan berita ataupun materi sebelumnya yang dengannya berita baru.Sedangkan expository organizer merupakan seni manajemen yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun pemahaman mengenai bobot materi yng lebih tinggi yng sifatnya benar-benar baru bagi siswa.
Penggunaan model pembelajaran advance organizer Amat penting lebih-lebih dalam proses apersepsi. Guru dituntut mempunyai kemampuan pedagogis yng baik dan penguasaan materi yng baik juga, menjadikan ia bisa menarik benang merah antara sebelum serta sesudah, antara berita lama serta berita baru yng hendak ditransfer kepada siswa. Ahmad Mujib Sabtu, 11 Februari 2017 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2017/02/model-pembelajaran-advance-organizers.html

Seputar Model Pembelajaran Advance Organizers

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Model Pembelajaran Advance Organizers